dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

MENS FLEK COKLAT

Dok, mens saya bulan ini mens flek coklat, warnanya coklat disertai gumpalan hitam. Padahal dulunya mens saya sangat teratur dan lancar. Sekarang siklus menstruasi saya berubah kadang terlalu cepat seminggu, atau terlambat seminggu. Mengapa mens saya mens flek coklat dokter?Apa rahim saya rusak? Gumpalan hitam itu apa? Apakah daging atau darah? Terima kasih.. (Rika, 17 tahun, Madiun)

 

Harus Rika ketahui, menstruasi berwarna coklat itu banyak sekali penyebabnya. Bisa karena konsumsi obat-obatan tertentu, gangguan hormonal, atau pernah punya riwayat trauma jatuh atau terbentur di daerah tersebut. Namun jika Rika mengatakan rahim Rika rusak akibat keluarnya mens flek coklat, maka itu sama sekali tidak benar.

Sekali lagi saya katakan banyak sekali penyebabnya, namun selain cerita yang Rika sampaikan, perlu dilakukan pemeriksaan lain. Pemeriksaan tersebut adalah pemeriksaan Ultrasonografi dan pemeriksaan hormonal. Mengapa perlu diUSG? Gunanya untuk memastikan bahwa tidak ada kelainan pada bentuk atau dinding rahim Rika. Jika dari pemeriksaan ultrasonografi hasilnya normal, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah gangguan hormonal.

Jika penyebabnya adalah hormonal, maka kita akan membicarakan organ-organ tubuh yang bertanggung jawab mengeluarkan zat hormon tersebut. Organ utama yang mengatur siklus menstruasi itu sendiri adalah hipofisis. Tapi jangan salah, penyebab gangguan menstruasi terbanyak biasanya justru bukan disebabkan gangguan hormonal, namun lebih banyak disebabkan oleh faktor stress atau kelelahan.

Loading...

192 Comments

  1. selamat pagi dok..
    sya Nursyamsiah umur saya 19 tahun saya tinggal di tangerang..
    saya mau bertanya…
    saya datang blan tgl 26 okt sampai 1 nov. tgl 2 nov saya melakukan hbungan intim. selang beberapa hari keluar bercak coklat sma 3 hari, dan tgl 17 nov keluar bercak coklat beserta darah, itu berlangsung 1 hari. itu darah apa nya dok ?
    dan saya sudah tes melakukan TP 2 kali tp hasil keduanya negatif. dan sampai skrang saya belum datang bulan. apa saya hamil apa tidak ? di tunggu penjelasannya dok..
    terimakash.

    1. Harry Wahyudhy Utama

      selamat pagi nur..
      saya akan menjawab singkat saja. Darah itu bisa saja darah sisa menstruasi atau darah akibat stress psikologis
      Coba nur ulangi lagi tes pack pada hari ini, jika hasil test pack masih negatif, kemungkinan besar tidak hamil

      1. Pg dok…saya tanya
        .saya kmrn selesai mens tgl 25juni.lalu setelh tgl 25juni sya keluar flek coklat.hingga saat ini brarti sdh hmpir 2 mngu.keluarnya dikit dikiy kecoklatam.yg sy mau tanyakn.apa bermasalh dgn rahim saya.apa sy harus usg.dn perlu minum obat vitamin berhenti flek.blhkh dlm keadaan sperti ini sy berhubungm intim.trima kash.

        1. Dok.mhn tlg jawabannya y.trina kasih sebelumnya..

      2. hallo dok. saya mau tanya..
        saya kb suntik 3bln sekali,udh saya lakukan slama 4 tahun dan skarang saya tdk suntik lg sudah 1 tahun krn tdk lg sama suami. yg saya tnyakan dok knp selepas dr kb (1thn) saya jg tdk mens ya. dan sekarang mens saya aneh 1 bln bisa 2 sampai 3x dan ini d bln k 2 saya hanya mens flek2 dan bewarna coklat. normalkah dok. makasih

  2. selamat pagi dok..
    sya Nursyamsiah umur saya 19 tahun saya tinggal di tangerang..
    saya mau bertanya…
    saya datang blan tgl 26 okt sampai 1 nov. tgl 2 nov saya melakukan hbungan intim. selang beberapa hari keluar bercak coklat sma 3 hari, dan tgl 17 nov keluar bercak coklat beserta darah, itu berlangsung 1 hari. itu darah apa nya dok ?
    dan saya sudah tes melakukan TP 2 kali tp hasil keduanya negatif. dan sampai skrang saya belum datang bulan. apa saya hamil apa tidak ? di tunggu penjelasannya dok..
    terimakash.

    1. Harry Wahyudhy Utama

      selamat pagi nur..
      saya akan menjawab singkat saja. Darah itu bisa saja darah sisa menstruasi atau darah akibat stress psikologis
      Coba nur ulangi lagi tes pack pada hari ini, jika hasil test pack masih negatif, kemungkinan besar tidak hamil

      1. Pagi dok, saya yuni di tangerang
        Saya mau tanya dok.. saya sdh brhnti kb suntik slama 1 thn tp 5 bln ni mens saya sdikit bgd bs dblg flek paling lama 3 hari, sya sdh usg hasilnya normal, knapa ya dok saya ingin hamil lagi dok, apa saya harus minum pil kb atau apa

  3. tp saya udah 2 kali tes tp keduanya negatif dok…
    dan masa sampai skrang aku blum datang bulan dok. itu knpa ya ?

  4. tp saya udah 2 kali tes tp keduanya negatif dok…
    dan masa sampai skrang aku blum datang bulan dok. itu knpa ya ?

  5. dok kalau tes nya tidak hari ini gak apa2 ?

    1. Harry Wahyudhy Utama

      tidak apa-apa, jika hasilnya negatif kemungkinan besar cuma karena stress saja kok, dan jika memang masih ragu-ragu, USG saja yah

  6. dok kalau tes nya tidak hari ini gak apa2 ?

    1. Harry Wahyudhy Utama

      tidak apa-apa, jika hasilnya negatif kemungkinan besar cuma karena stress saja kok, dan jika memang masih ragu-ragu, USG saja yah

  7. maaf ya dok…
    itu kalau pipis.a sakit knpa ya ?

    1. jika ada nyeri bisa jadi itu infeksi saluran kemih

  8. maaf ya dok…
    itu kalau pipis.a sakit knpa ya ?

  9. itu brbhaya gak dok ?
    dan sebabnya apa ?

  10. itu brbhaya gak dok ?
    dan sebabnya apa ?

  11. berbhaya gak dok ?
    trus sebab.a apa ?

  12. berbhaya gak dok ?
    trus sebab.a apa ?

  13. Harry Wahyudhy Utama

    pasti berbahaya. sebabnya bisa jadi karena hieginisitas daerah kewanitaan dan saluran kemih yang kurang dijaga
    atauuu….
    bisa jadi karena melakukan hubungan suami-istri yang terlalu cepat/tergesa-gesa sehingga daerah kewanitaan menjadi ada yang lecet/robek, nah tempat yang lecet ini kemudian dimasuki kuman dan terjadilah infeksi yang semula di kewanitaan saja kemudian menjalar ke bagian saluran kemih

  14. cara mengatasinya gmna ya dok ?

  15. cara mengatasinya gmna ya dok ?

  16. Harry Wahyudhy Utama

    makan obat antibiotik, namun sekali lagi sebaiknya nur bertatapmuka langsung dengan dokter ya

  17. dok saya iza..mau tanya knp ya akhir2 bulan kmarin mens saya ga teratur banget, bulan desember aja cuma sehari mens nya? apa itu gpp?

    1. Harry Wahyudhy Utama

      sudah berapa bulan gangguan seperti ini izaa?

  18. Dok knp ya saya bulan ini menstruasi ga lancar dan pada saat bulan k2 ga berhenti”msih kluar flek”cokLat..dan it berlaku klo Saya sdng cape atau stLah melakukan hub suami istri…padahal 2 bulan yang lalu saya mensx normal”saja dan blum pernah kluar fleck coklat seperti in…dan saya sdh mempunyai anak

    1. Harry Wahyudhy Utama

      gangguan siklus yang ibu alami ibu biasanya disebabkan karena adanya faktor psikologis atau fisik, psikologis karena stress emosional, fisik karena terlalu lelah atau kecapekan

      1. mf dok sya sari….
        sy mau tnya.. dri bln oktober sy haid hnya kluar flek coklat sja slm smnggu…dan bln ini haid sy pun spti itu…
        ap tidak ada ap2…

      2. Sy rizqi annisa usia sy 20 thn ,, bksi
        Sy mao tnya dok ,, tan99al 14 a9ustus 2015 sy mnikah den9an suami sy ,, sehari sblm mnikah sy KB suntik y9 3 bln skli ,, sblm mnikah mens sy sllu teratur tp pas mnikah dan hbs KB mens sy 9k prnh teratur dan bnyk ,, tp kmren mens sy cma 3 hri dan flek” coklat sja ,, itu knp ya dok dan syu sllu merasa mual ,,

        Maap ya dok klo trllu pnjn9 dan tlon9 d jawab ,, trmksh

  19. Sore dok, saya mau tanya.. saya lagi hamil 5minggu lebih, bagian pinggang kiri sama paha kiri terasa sakit, itu kenapa ya dok

    1. Harry Wahyudhy Utama

      kurang suplemen aja kayaknya bu, perbanyak minum susu dan vitamin khusus ibu hamil aja

  20. malam dok, saya ifa 17th, kemarin saya haid tanggal 2januari-9januari , lalu tgl 13januari lalu keluar flek coklat dan ada darah sedikit kehitaman hingga sekarang , flek itu tdk smpai tembus cd , kata mama itu tidak apa2 tp saya takut krn sebelumnya siklus haid saya lancar dan ini baru pertama kali , pada haid tgl 2januari-9januari lalu saya mengkonsumsi obat jerawat yang kata dokternya hanya diminum sewaktu haid saja , apa itu berpengaruh dokter ? lalu bahayakah ? mohon penjelasan dari dokter , terimakasih

    1. Harry Wahyudhy Utama

      pagi ifada, jika ini baru pertama kali terjadi, maka ifada tidak perlu takut, variasi siklus sangat umum terjadi pada mereka yang berusia di bawah 25 tahun, namun jika sampai 2-3 siklus terjadi seperti ini ada baiknya ifada kontrol ulang dengan dokter yang memberikan obat jerawat tersebut, terima kasih

  21. Siang dok.
    dok sya mau tanya .. kan tgl 25sep kmren sy M sampai tgl 29sep . Jelang 1 hri sya M lagi sampai dgn tgl 12okt ini dok ,tapi tdk banyak hanya coklat kehitaman kadang2 drah segar dan bwh perut sya keq penuh dan sakit . Itu knp ya dok?

  22. Malam dok. Sy mo tanya dok. Sy sering haid terus menerus bahkan pernah satu bln lbih. Spt skrg sy haid mulai tgl 4 nop 2014 sampai skrg blm berhenti masih kluar drh merah. Usia sy 42 thn. Ini jg dialami oleh anak2 sy 3 cewek usia 12, 14, 16 thn haid trus menerus. Kadang kluar drh 16 hr bersih 3 hr kluar lg seminggu dst. Knp ya dok? trim

  23. Malam dok.saya mo tanya dok.saya haid terakhir tgl 2 oktober ….sekarang sudah tgl 23 bulan 11 november.,tetapi blum juga dtg haid nya,,,,
    cuman masalah apakah saya sudah terlambat,,,tetapi keluar bercak2 sedikit
    saya mau tanya apakah itu pertanda saya hamil atau mau haid ya dok;
    knp ya dok trims,

  24. Dok kemarin hbs ml krluar flek hitam dok gimna dok minta sulusinya dok

  25. Dok saya mau tanya kalau habis hubungan kok keluar darah kenapa ya dok

  26. dok aku wanita 20tahun haid saya masih belum teratur kemarin sempat telat selama2 bulan dan akhirnya haid apakah wajar? dan sekarang saya sedang keluar flek kecoklatan yang sudah 3hari tapi tidak kunjung haid.kenapa ya dok apa ini berbahaya?

  27. Selamat siang dokter, dok umur saya 24 tahun dan sampai saat ini saya masih menyusui anak saya yang berusia 7 bulan.. yang mau saya tanyakan.. 40 hari setelah nifas saya menstruasi kembali dalam 1 bulan saya dapat mens dua kali sempat saya periksakan dokter bilang itu normal-normal saja.. kemudian saya dapat mens kembali bulan depannya hanya flek saja dok selama dua bulan ( tanggal menstruasi 16 ).. dan di bulan januari ini saya tidak menstruasi,, saya tidak KB dong dan sudah testpeck hasilnya negatif.. saya tunggu penjelasannya dok. Terima kasih.

  28. Mlm dok dr buln kmrn siklus menstrs sy ga teratur tp ps minggu kmrin saya menstrsi bnyk banget yampe klwr darh yang gumpaln tp sampai sekarang belum berhenti ? Apakah saya terkena penyakit ap ?

  29. selamat sore dok, saya amfa 17 tahun saya mau tanya kenapa mens saya gk teratur ya dok sejak bulan november bulan lalu sampai sekarang saya tidak pernah haid melainkan hanya flek2 aja, sebelumnya setiap saya mens.nya selalu flek duluu baru keluar darah mens.nya. apakah ada kelainan dengan saya??

  30. Sore dok,,,hpht 6 februari trus hri ini hrus ny jadwal haid sy d bln maret.tpi ko cuma flek coklat aj yg keluar…knp y dok.???

  31. Dok saya pernah periksa ke dokter kandunga dan saya di usg kata dokter di kandungan saya ada kista…tp kenapa ya dok saya kok tiap pagi bangun tidur kok mengeliarkan flek coklat mohon penjelasanya dok makasi

    1. Dok, saya mau tanya, saya santia umur 19 tahun. Saya telat dteng bln 8hari tgl dteng blnnya 26,dri tgl 29 ampe krang keluar flek hitam, tpi saya udah cek dgn TP hasilnya negatif, kira-kira gmna tuh dok?

  32. Dok selamat siang, saya debby 19thn. Saya sering kali keputihan disertai flek . Dan ituh terjadi juga setiap saya menstruasi .
    Ituh sya knp yah dok?

  33. Selamat pagi dok saya ika umur 26thun.
    Tgl 11 kemarin saya haid dok sampe tgl 15… Nah tgl 18 saya keluar flek coklat dok sedikit2… Sampe sekarang pun keluar flek. Kira2 kenapa ya dok? Terimakasih sebelumnya…

  34. dok saya mau tanya kan biasanya kalau menstruasi kan lancar tapi sekarang kok baru haid pertama kok udah coklat warnanya dan keluarnya sedikit sekali malah kadang 1 hari keluar dan 1 hari tidah itu disebabkan karna apa ya dok?

  35. Dok sy mau brtanya tgl 8apr itu sbnrnya jdwal sy menstruasi tapi kok pas tgl 8apr itu tiba yg keluar hanya bercak coklat saja dan pada saat sy lakukan hubungan intim vagina sy berdarah. Sy pikir sy akan mens tapi sy tunggu, darahnya tak kunjung keluar
    Kenapa yah ?
    Mohon di jawab
    Trimakasih

  36. saya rani 19 thn saya mau nanya dok, tanggal 7 kemarin itu harusnya jadwal haid saya dan tanggal 8 hanya keluar flek coklat sedikit sampai tanggal 10… itu kenapa ya dok ???

  37. Pagi dok, saya mengalami flek hitam yg terus menerus sudah hampir 10 hari , apakah itu normal ?

  38. Dok, saya mau tanya usia saya 19 tahun, sampai sekarang haid saya tidak lancar, kadang 2 atau 3 bulan sekali, dan sekarang2 saya mengalami flek hitam hanya beberapa hari. Saya pikir saya akan haid, tp ternyata tidak. Itu sebab nya apa dok? Saya tidak ada gejala sakit apapun..mohon informasi nya

  39. Pagi dokter z dari papua, kakak z mengalami selama 3 bulan haidny felek” hitam ke coklatan selama 2 hari,sebntr ini kakak ingin program anak n dy ikuti saran dokter minum obat sante E dll..
    Trz bulan ini halangan 2 hari saja itu pun felek” hitam kecoklatan..
    Palpasi di bidan katanya udah hamil 2 bulan knpa dy tespsk hasilnya negatif..
    Terima kasih dokter sy tggu jwbnya.

  40. Malem dok saya mau tanya , sudah 4hari pasangan saya keluar luruhan daging daging kecil berwarna pink coklat hitam disertakan lendir dan flek ,, 3 minggu lalu ia haid , kurang lebih 1 bulan yg lalu ia melakukan aborsi dengan obat penggugur kandungan .. yang jadi pertanyaan saya apakah flek dan campuran lainnya tsb merupakan sisa sisa atau ada penyakit lain efek dari obat penggugur tsb atau malah ada kemungkinan ia hamil kembali setelah mens pertama dari aborsi itu dok? Tetimakasih banyak saya tunggu jawaban jelasnya …

  41. dok saya mau tanya kan tanggal 24mar -31mar saya haid,,, terus pas tanggal 5 saya melakukan hub tnpa pngaman terus tnggal 12 juga tp pke pngaman,, pas tanggal 14 sampe skarang keluar flek coklat kaya darah kalo pagi banyak banget tapi kalo malem dikit dok,,, itu kenapa ya dok ? apa flek itu tanda aku hamil ?

  42. Dok, saya pelajar usia 17 tahun, pada tanggal 26 kemarin, saya mens dan habis pada tanggal 2 maret. Namun pada tanggal 19 maret, keluar flek coklat. Flek itu keluar sampai tanggal 27 maret. Setelah itu tanggal 6 april, keluar lagi flek coklat selama 2 hari.pada tanggal 6-13 april, saya mens dan keluar darah merah. Tapi kini, pada tanggal 21 sampai hari ini, keluar lagi flek coklat itu . Yang mau saya tanya kan, flek coklat itu kenapa dia keluar? Trus apakah saya terkena penyakit yang serius? Jika iya, apa namanya? Dan bagaimana mengatasinya? Sekian dok. Terimakasih

  43. Assalamualaikum dok, dok saya siska umur saya 19 th nanti agustus, yang mau saya tanyakan, saya dlu pertama haid kelas 2 smp sudah haid sampe kelas 1 smk haid saya lancar tpi stelah kenaikan kelas 2 smk saya mengalami 3 bulan tidak haid tpi setelah d prijsa d kasih obat, saya minum haid ityu datang tpi stelah obat itu habis saya tidak mengalami haid sampe sekarang, mungkin udh hampir setahun lebih, saya dan ibu saya coba di TP tpi hasilnya (-) dok ituh karena apa ya dok kok saya sampai tidak haid sampe setahunan gtuhh.
    Trimakasih dok.

  44. Dok saya biasa mens nya teratur tp bulan ini saya telat i6 hari hari k 17 saya datang bln tp sedikit dok?tolong d jawab

  45. Saya mulai tgl 1 -12 menstruasi,,kemudian 10 hri kmdian keluar lgi tapi sperti mens flek hitam,, bagaimna itu apkh itu menstruasi?

  46. malem dok,
    saya mau tanya.. tgl 7/13 april 2015 kmren saya haid,, tpi tgl 26 april kmren ini ada cairan coklat kemerahan yg keluar,,dan ada sedikit rasa sakiy di perut tpi sakitnya ngga sperti keram saat menstruasi,, tgl 25 malemnya saya minum minuman bersoda,,
    apakah itu darah,,ataukah keputihan dok? mohon penjelasannya,
    terimakasih

  47. Selamat malam dok,, saya belum mempunyai suami,saya mohon sekali dokter bisa jawab pertanyaan saya,,3 bln yg lalu saya g menstruasi habis itu datang kerumah sakit dan Di Usg kata dokter rahim/Sel telur aku g kenapa2,,aku diberi obat perangsang haid 1 minggu kemudian aku haid,,yg aku bingung stelah itu aku g menstruasi lagi selama 3 bln,, sampai skrg.. dan tdi pagi ada flek hitam aku fikir itu haid,,eh sore smpai malam ga keluar lagi.. itu kenapa y dok?? apa aku ada penyakitnya?? πŸ™ sebelum&sedudahnya aku mengucapkan terimakasih jika dokter bisa menjawab,, aku bingung mesti ngapain lagi mentruasi aku slalu 3 bulan ga haid2 :'(

  48. Siang dok, saya cindy dari sby, usia saya 24 th skrg, saya mau tanya, bulan lalu saya mens tgl 8, dan bulan ini saya mens tgl 9 tapi cuman flek2 aja dok, apakah saya hamil dok? Tapi saya sudah coba test hasilnya negativ, sdgkan samapi skrg fleknya itu belom berhenti dok,

  49. Slmt siang dok.. saya remaja 17 th.. siklus menst saya 30 april -6 mei.. pda tgl 14 mei kluar becak coklat.. sya tdak mngosumsi apapun.. apakah sya ad penyakit ? Mhon penjelasannya dok.. trma ksih.. tlong djwab dok

  50. Selamat sore dok .
    Sya reni dri balikpapan
    Sya mau tanya .
    Sya baru sja mnikah udh 1blan smggu sblm menikah saya suntik Tt , nah kmren pas sya lihat kluar bercak flek hitam gt , kalau haid biasa kan kluar jga tp kluar trs , tp ini 1 hari kluar dikit tp smpe bsok nda kluar ,
    Pinggang rasanya nyeri , perut jga rasnya ga enak ..

    Sya share mama , katanya ga hamil soalnya abs suntik Tt , apa sunting tt itu mncagah hamil cepat dok ..
    Mhon informasi . Trmakash

  51. dok kami waktu menstruasi jarak waktunya 25 hari udah mens tapi warnanya coklat sedikit-sedikit tidak menggumpal, pada hari ke 27 baru keluar warna merah seperti biasa orang mens, yang saya tanyakan apakah penyebabnya dok kok terjadi seperti itu.

  52. mlm dok,, qu iin 25 th belum menikah,mau tanya bulan ini kok haid pertama tidak sakit dan keluarnya cuma flek( coklat kemerahan) dan hari ke 2 begitu juga, biasanya juga gak dok. kenapa ya

  53. dok maaf saya ingin bertanya. masa haid saya tgl 28 sampai tgl 1biasanya. tetapi pas tanggal 27malamnya saya keluar lendir hitam pekat selama 3hari sampai skrg itu kenapa?tetapi saya merasa sakit sedikit seperti hari pertama haid. saya belum pernah begini sebelumnya

  54. Pagi dok, dok saya untri umur 22 th. Saya sudah 2th menikah tp belum juga punya anak.
    Yg saya mw tanyakan sudah 2 bulan ini saya mens hanya mengeluarkan bercak2 coklat dan itu tidak setiap hari ,bisa selang seling hari.dan karang perut sebelah atasku terasa perih.apa penyebabnya dan bagai mana penangananya ya dok.trimakasih saya tunggu penjelasannya?

  55. selamat malam dok saya mau tanya. 2 atau 3 minggu yg lalu saya berhubungan intim. dan seharusnya tanggal 3 saya mens. saya memang mens tapi keluar darahnya coklat dan tidak teratur dok. itu memang mens atau tanda hamil ya dok?

  56. dok, saya mau tanya. saya sering sekali telat menstruasi. dan saya juga pernah melakukan hub.intim. saya sudah hampir 2 bulan tidak mens. saat telat yang bulan pertama, saya test tapi hasilnya negatif. 3 minggu kemudian saya keluar flek coklat agak banyak dan hanya 3 hari saja, kemudian satu minggu kemudian sampai sekarang puting payudara saya agak sakit tapi sekitar payudara saya tidak sakit. apa itu kemungkinan saya hamil atau hanya pms saja?

    terimakasih dok

  57. Ass..pgi dok..? Bln kmrn saya mendapat mens tgl 24..bln skrng mlh lbh cepet dr bln kmrn..bln skrng saya lbh cepat tgl 17..cm keluar bercak coklat dan udh gak keluar lagi. Itu bertanda apa ya dok..? Di tnggu jwbnnya..wass..mksh

  58. dok saya mau bertanya kenapa yah menstruasi saya semakin maju, bulan kemarin tanggal 23 dan bulan sekarang tgl 18. saya berumur 19thn itu kenapa ya dok? atau ada penyakit khusus atau hamil?

  59. dok knp ya saya pipis bolak balik? trus klo minum banyak makin sering haduh??

  60. Other conventional stores have similar policies;
    you should be able to find out specific details when placing
    your order online. Thus, it is very crucial when shopping online that you place extra caution when giving private and financial information and facts.

    Once you know these issues, you can take the steps to help your customers feel confident in doing business with you.

  61. Selamat malam dok saya umur 20 th..sudah 1 minggu ini saya mengalami flek berwarna coklat kehitaman itu pun keluar fleknya hanya pagi dan mlm itu pun sedikit dok apakah itu mens atau tanda hamil ya dok,,???

  62. Selamat malam dok. Saya umur 20th kenapa ya kok menstriasi saya tdk teratur bln ini 2x saya haid kmaren tgl 8 selesai sekarang tgl 23 haid lg. Tp yg terakhir ini kok keluar darah bercak hitam hari 1 cuma sedikit, besoknya juga begitu, hari ketiga ini lumayan bnyk. Biasanya saya haid hari ke 2 itu sangat banyak dok tpi kok ini sedikit banget? Apa ini ada kaitannya dengan rahim saya bermasalah atau bagaimana dok? Terimakasih.

  63. Slmat malam dok..sy berumur 21 thn. Sy mau tanya menstruasi awal hari pertama sampai hari ke tiga darahnya mash normal warna merah,masuk hari ke empat darah sy jadi warna coklat bergumpal..apakah ini betkaitan dgn kehamilan atau kelainan tersendri dok?…trimakash.

  64. Assalamualaikum, dok.
    Dok, saya firda, umur 18 th. Pada waktu mens 2 bulan yang lalu, mens saya lancar2 saja dok (bentuk dan volume yg dikeluarkan wajar dan lamanya 7 hari). Tapi, bulan lalu, saya telat seiitar 3 hari dan mensnya hanya flek coklat dan sedikit gumpalan berwarna coklat kehitaman dan hanya 3 hari. Nah, bulan ini, malah maju seiktar 1 mingguan, dan mejsnya seperti bulan lalu, yaitu berupa hanya flek kecoklatan dan gumpalan. Saya bisa dibilang sering mengalami mens seperti ini, tapi hiasanya jika hulan ini mens berupa flek, bulan selanjutnya mens saya berupa darah normal dan sedikit lebih lama 1-2 hari. tapi bulan ini ooq beda? Bagaimana dok? Apa ada yang perlu dikhawatirkan?
    Ditunggu jawabannya ya dok..

    Terimakasih
    Wassalamualaikum.

  65. laila nurmalasari

    Assalamu’alaikum dok saya mau tanya , haid saya qo ga teratur , setiap mau datang bulan pasti pusing banget ,Dan sebelum haid pasti keluar cairan seperti darah tapi warna coklat , apa itu normal dok ?

  66. Ass.dok saya vina 21tahun kenapa ya dok menstruasi sya tidak teratur dan bulan 5 akhir ada flek coklat masuk bulan 6 awal flek nya coklat banyak selanjut ngeflek coklat apa ada mslh ya dok.apa drah kotor gimana mengatasi nya

  67. Dok apakah tanda hamil ap gimana dok,

  68. assalamualaikum dokk

    dok saya pertama MENS.sya umur 15th.dan kemarin sya mens.darah yg keluar darah coklatt gelap.tapi itu dikit dok.apa aya haid atau ad gangguan lain

    maksihh dok.saya tunggu jawabannya dok

  69. Assalamuallaikum dok.
    Saya ingin bertanya sudah beberapa bulan ini saya datang bulan selalu 2 bulan sekali . Lalu sampai saat ini juga seperti itu nah saat ini saya mengeluar kan flek gitu kaya keputihan tpi warnanya agak coklat dan ada darah menggumpalnya dan itu keluarnya kadang banyak kadang sedikit dok. Yang jdi pertanyaan saya apakah saya sedang menstruasi atau tidak ?? Apakah siklus haid saya yg selalu 2 bulan itu baik atau tidak ?? apakah saya menderita penyakit atau tidak ?? mohon diberikan penjelasan terimakasih dok .

    1. Umur saya 16 thn dok

  70. siang dok
    nama saya nurazizah umur saya 16 thn saya mau tanya. apakah warna coklat kehitaman itu haid atau apa? saya kalo haid tidak teratur.
    terimaksih

  71. prmisi dok saya ingin bertanya wktu bulan mei saya tidak haid tetapi awal bulan juni saya haid stelah itu sampai sekarang saya belum haid . padahal saya tidak pernah melakukan hubungan intim . emang sih saya akui bulan ini saya banyak fikiran terus saya gampang sekali sakit mungkin gara gara saya tidak makan 4 hari kali ya dok . itu kenapa ya dok . mohon bantuannya . trims

  72. Selamat pagi dok,,
    Saya yunita umur saya 23 thn.. saya mau bertanya dok..
    Bulan juni saya haid Tgl 26, lalu di bulan ini tgl 21 saya keluar flek coklat beserta darah,,itu terjadi hanya satu kali saja di pagi hari,,
    Itu haid atau bukan ya dok ?
    Dan itu berbahaya atau tidak ?
    Terimakasih mohon jawabannya ya dok ..

  73. Dok mau tanyak
    umur saya 16th. Haid saya sering gak teratur. Dulu pernah sampe 7 bulan gak haid. Sama mama di bawa ke dokter di rongsen. Kata dokternya kesalahan hormon.trus di kasih vitamin sama obat regumen. Setelah beberapa minggu saya haid.setelah lumayan lama saya udah gak minum regumen lagi. Dan skarang haid saya mulai gak teratur lagi. 3 hari yg lalu saya minum 1 regumen. Lalu saya haid tapi keluar darahnya itu warna coklat kehitaman dan itu dikit. Itu knapa ya dok? Saya juga punya kurang darah. Takut banget kalo besok susah punya anak nya?tolong sarannya ya dok

  74. Malam dok, saya mau tanya..
    2bulan kemarin mens saya tratur dengan siklus 29 hari..
    Tp bulan ini saya sudah telat 3 hari dan pada hari 3 sorenya kluar flek coklat sedikit sedikit.. Dan masih berasur sampai malam ini dok.biasanya kalo saya mens dr hari pertama langsung deras dan berwana darah,klo ini hanya kecoklatan dan tidak deras.
    2minggu sebelum jadwal mens PD saya sakit dan membengkak.. 1 minggu sebelum jadwal mens saya sedikit mual mual tp tidak sampai muntah, hanya enek, sering migran, badan serasa letih dan mudah ngantuk dok.. Dibawah perut saya trasa nyeri dan sampai sekrang nyerinya gx hilang hilang.. Yg mau saya tanya, apakah mungkin saya hamil dok? (tp td pagi saya TP negatif) kenapa rasa nyeri dibawah perut sy tidak hilang hilang? Apa kah perlu saya periksa ke dokter? Karna saya sudah menikah 1.7 bln..saya sangat berharap hamil dok.. Tindakkan apa yg harus saya ambil dengan keadaan seperti ini,apa saya terkena penyakit dok.. Mohon penceraha

  75. Assalamualaikum dok selamatmalam. saya Murni umur 19th saya mau tanya saya dari bulan januari 2015 hingga sekarang haid nya sangat tidak lancar dan hanya flek coklat dan gumpalan hitam. Tidak pernah keluar darah. Siklus haid saya juga kadang hanya 3hari dan kadang 5hari saja.ditahun 2014juga seperti itu dok. Dan saya juga blm periksa ke dokter.kata mama saya itu wajar soalnya kaka saya yang sudah menikah juga sperti itu waktu remaja nya. Tp tetap saya takut. Mengapa ini terjadi dok? Mohon penjelasan nya . terimakasih.

    1. DivyaApakah km pek skrg msh coklat2

  76. selamat siang dok, maaf saya ingin bertanya haid saya dari 2 bulan kemarin tidak teratur, pada bulan juni sy haid tggal 16-21 juni, bulan berikutnya sy haid tgl 12-18 jli,sehari sebelumnya keluar flek, pd tgl 26 sy berhub dgn suami namun keluar flek coklat sdh 3hri ini,itu knpa ya dok? 2bulan sebelumnya saya kecepan sampai badan saya terkena virus dan stres,mhon balasannya dok, terimakasih

  77. Selamat Malam dok. Saya Putri umur saya 15 th dok. Saya menstruasi tgl 3 juli dok tapi hanya keluar flek coklat saja selama 1 minggu. Pda tanggal 20 juli keluar flek lagi selama 3 hari dok. Dan pada tgl 31 juli saya kembali keluar flek-flek saja dok. Sebenarnya ada apa yah dok. Mohon bantuan dan.masukannya dok.
    Terima Kasih

  78. Saya mw tnya klo mens cuma 2 hri dan itu hanya sedikit sekali dan hri 3 tdak kluar apapun itu knp Ζ”β€Žβ€‹aΜ…Μ²aΜ…Μ²aΜ…Μ²ΒΊ dok? Sya pernh melakukan hbngn intim sbulan yng lalu tp menggunakan pengaman

  79. Siang dok
    Saya Erika dari kediri 17 th
    Saya Mulai mens tanggal 30 tapi sampe sekarang belum berhenti, tapi 5 hari terahir ini bukan darah tapi cairan warna coklat gelap gitu
    Itu Apa ya dok ? apakah ada penyakit ?
    terimakasih

  80. Dok.. Saya marni umur 19 saya sudah menikah.. SAya mau tanya blan ini saya mens, cuma kluar nya itu sedikit2 kaya flek dan itu brlangsng 1minggu dok.. Itu knapa ya dok dan berbahaya tidak?

  81. Dok saya lily, udah nikah 1 bulan haid terakhirntgl 12 juli nah bulan ini udah telat 6 hari tp tgl 17 keluar darah, apa mungkin itu haid dok, soalnya 2 hari sebelumnya sya bru TP negatif, kira2 saya hamil atau tidak dok,,,,

  82. Dok tanya , dlu nya menz lncar tp skrg kdang sya kalo pda hr ke 3 kok keluar coklat2 tp it tdk berlngsung lama ,cuma smpai hr k 5 aja , apa ad gjngguan pda rahim ato yg lainny

  83. siang dok. saya sudah mnikah 4bln ..
    biasa’a sya stiap haid tgl 1 tp kmren nympe tgl 10 blm haid dn tgl 13 saya haid tp cuma kluar sekali abs itu ga kluar lg dn 4hr kmudian sya haid lg dok tp cuma kluar flek coklat agak cair itu jg cuma sekali g kluar lg dn kluar lg flek 3hr kemudian’a ..
    dn sejak tgl 1 perut kanan bawah saya pegel bgt dok nymp blkang dan smpe sekrang jg msih pgel tp cuma 1menit ilang trus ntr pegel lg dok .
    biasa’a saya gak prnah sperty itu dok haid’a sllu lancar 。
    itu kenapa y dok ..

    mksih dokter ..

  84. Selamat sore dok biasanya saya datang bulan tanggal 29 kok sekarang saya datang bulan tanggal 21 AGUSTUS 2015 TP CUMA KECOKLATAN DOANG KAYA MAU SELESAI DATANG BULAN GITU APA ITU NGAK APA2 DOK TERIMA KASIH

  85. Dok q ika 23 th, q mo tanya dok aq mens sering telat kadang 3 bulan sekali kadang juga ngak pasti, uda berulang kali saya periksain juga di usg tapi ngak ada penyakite,la dari bulan 6 yang lalu mens cm flek 2 hari sekali sampe sekarang dok ko gitu aja,itu apakah flek tersebut penyakit atau tidak dok? Saya tunggu balasanya

  86. Dok saya mau tnya…
    Saya umur 24thn sudah mnikah…sklus haid sya sejak mnikah gak lancar…bisa brbulan2 tdk haid.pas dTP negatif…trakhir saya haid tgl 22 juni selama 7hri.tgl 16 juli sya hnya flek2 slm 3hri.3 agustus sya flek slma 3hri dan tgl 25 agustus sya flek lgi…
    Apakah tu tnda ada pnyakit dok???

  87. Selamat siang dok, saya mau tanya umur saya baru 18thn saya sering terlambat haid kadang 2 bulan dan saat haid hari ke 3 dan seterusnya itu haid saya selesai namun keluar flek2 dan tidak juga berenti itu kenapa ya dok?
    Terimakasih

  88. Dok sya mau tnya slma 2hari sya ada bercak coklat trus yang k3 hari ea sya mengluarin darah bnyak tpi cumn 1 hari ajh dok itu apa ea . .

  89. dok saya mau tanya setelah kb suntik saya ngeluarin flek teruz saya berhubungan intm sma suami saya itu berbahaya g bagi saya

  90. Dok. adik saya itu mens nya terakhir tanggal 27 juli lha tapi tgl 27 agustus kemarin gak mens dok. dari tgl 16 agustus cuma keluar darah sedikit sedikit sampai sekarang. udah sktar 15 hari. terua itu kenapa dok? apa solusi dan jika ada obat, obat apa yang pas dok?

  91. dok..saya Novi umur 20
    bulan lalu saya menstruasi tgl 27 juli..blan brikutnya saya menstruasi tgl 20 agustus..tiba2 tgl 3 sept saya menstruasi tpi yg kluar cma flek2 wrna coklat…kdg kluar bnyak kdg kluar sdkit..apakah itu msih normal dok?
    jujur,sbg muslim sya terganggu krna hal itu dok krna saya mnjadi sangsi utk mlaksanakan solat dan puasa!!
    mohon jwabannya dok..

  92. Dok bulan lalu sayahaid lancar seperti biasa..
    tp ga tau knp blan ini saya koq haid sedikit sekali
    berwarna coklat dan lama sekali selesainya
    udah 2 mingguan…
    tlong jwb ya dok

  93. dok saya mau tanya , mens saya flek coklat sedikit sudah lebih dari 17 hari,tapi keluar y itu hanya setiap pagi, kenapa y dok?

  94. dok. saya mau tanya kenapa ya bulan ini mens saya berwarna. kecoklatan. n sikit berlendir keluar nya. sedikit. dok itu knp ya … tp kemarin nya abis berhubungan sama suami saya trus. tiba2 ke esokan harinya mens saya. keluar nya kecoklatan n sedikit keluarnya .itu knp apakah. itu tanda kehamilan ?

  95. Malam dok..saya mau tanya, umur saya 34 tahun usia pernikaha 5 thn dn blum dikaruniai anak. Saya mau tanya dok..bulan ini saya haid maju seminggu dan keluar gumpalan2 darah hitam pekat. Apakah penyebabnya? Terima kasih

    1. udah lima tahun menikah, apakah ibu sudha pernah konsultasi untuk program hamil sebelumnya?

      1. Dok ko saya setiap pipis keluar flek cokelat trus saya juga lom mens dari bulan agustus sampai sekrang kira” tuh penyebabnya kenapa ??

  96. dok.sy putri..
    saya sering mengalami kluarnya flek hitam setalh haid,dan waktunya itu lama bgt lebih dari 2 minggu bhkan 1 buln lbih…
    yg mau sya tnyakan,itu penyakit atau apa ya dok… saya risih + takut jika terjadi apa2.
    tolong dierikb pnjlasannya.

  97. Malam dok
    Saya Wilda,saya mau tanya
    Saya sudah datangbulan 3 hari tapi yang keluar bercak hitam
    dan hari ke 4 berhenti
    itu permasalahnnya knapa yah dok
    teriimakasih πŸ™‚ πŸ™‚

  98. Sore dok nma saya yuni dri jwateng numpng tnya nih kn saya haid tp udh slsai kok msih kluar flek2 cklat ya.itu prtanda apa n bhya enggk
    Tlong di jwab dok.

  99. dok saya ingin bertanya

  100. Dok,sya mau tnyak.saya kn mens’a tnggl 31 agusts dan saya mens skrang tnggl 1 0ktber,tpi kok mens’a darah hitam dok,udh gtu dtang’a cma pagi aj stiap saya buang air kecil dok,udh gtu keluar darah’a engk bnyak.kira” pnyebab’a ap y dok,udh 2 hri in dok.tlong d blz y dok sya mhon

  101. Dok,hampir 3 bulan ini saya mens cuma keluar bercak coklat gitu ga seperti biasanya nya.. Itu kenapa ya dok??
    Jawab ya dok πŸ™‚

  102. Dok,saya berumur 15 tahun.. hampir 3 bulan ini saya mens cuma keluar bercak coklat gitu dan sedikit ga seperti biasanya nya.. Itu kenapa ya dok??
    Jawab ya dok πŸ™‚

  103. dok saya ifa umur 17thn asal surabaya saya mau tanya dok tgl 29septmbr saya haid hbis gtu selesai tgl 5oktober tapi hari ini saua keluar flek hitam pagi hari cma sdkit dan siang lmyan bnyak dok dan sore ini tdk kluar sama skli, ini pnyebabnya apa ya dok mohon di jawab

  104. Dok sya m tanya umur saya 25 thn blum mnikah
    Mens saya coklat kental dok mulai dari hari pertama mens smpai hari terakhir, siklus mens pun lbih dari 7 hri, mens saya itu bahaya gak dok? Dan apakh saya bisa mpunyai keturunan gak dok klw sudah menikah?

  105. Dok saya mau tanya umur saya 17 tahun,gini dok kenapa mens saya ndk teratur dan mens nya akhir”ini hanya flek coklat saja,dan satu lg dok pasti setiap saya keramas itu jadi berhenti apa hubungannya dengan mens dok,dan flek coklat tdi apa berbahaha dok,apakah ada yg slh dgn organ reproduksi saya,,mohon jawabannya dok terima kasih.

  106. Maaf dok. Saya baru 15thn pertama mens umur 12/13 siklus tampak normal menginjak usia 14 sampai 15 siklus haid saya tidak pernah normal sempat mens 2 bulan lebih .. sering juga skrg masih ada darah walau tidak sebanyak haid normal. Ada apa ya?

  107. dok saya 17 thn,, baru kali ini saya mens di hari pertama hanya coklat2.. dan hari2 esoknya sudah tidak keluar sama sekali.. itu kenapa yaa dok??

  108. Dok, per oktober tahun ini usia saya 21, saya belum menikah.
    terkhir saya menstruasi tgl 28 Juni 2015. sampe tgl 27 Oktober 2015 belum juga haid. Tapi sejak tgl 28 Oktober 2015 ini ada flek coklat yg keluar sedikit sedikit. Saya belum tau apakah ini darah haid yg datang sedikit sedikit atau hanya flek. Tolong beri saya penjelasan tentang ini ya dok, apa saya mengalami amenorea sekunder atau apa??
    Terima kasih
    Salaam..

  109. dok,saya mau tanya tgl 22 kmrn jadwal saya halangan,kok kluar flek cuma setengah hari,bsoknya tdk ad lg sampe skr,apakah saya hamil?sdh d tp tapi hasilnya negatif

  110. Dok usia saya 20 th, sy masih single
    Keluhan saya akhir akhir ini sering mengalami flek coklat tanpa rasa nyeri/desminore. Tapi biasanya saya mengalami desminore dok ketika menjelang menstruasi itupun jika darah haidnya merah segar normal.
    Nah, yang ingin saya tanyakan . Flek coklat ini apakah suatu kelainan penyakit ? Atau hanya efek hormonal saja dok ?
    Soalnya siklus flek coklat ini terhitung panjang ..
    Tgl 29 sep – 16 okt (18 hari)
    Apakah itu wajar saja jika faktor penyebabnya hormonal akibat stress ??

  111. Selamat siang dok,saya sari umur 27 th sudah menikah 5 bulan yang lalu, 2 bulan terakhir saya tidak menstruasi akan tetapi saya mengalami flek sampai 2 minggu.pinggang agak nyeri dan kalo buat jongkok perut bawah rasanya mau jatuh bawaanya jadi lemes krg bertenaga kadang nafsu makan naik kadang males makan.yang saya ingin tanyakan apa flek itu ada masalah dengan kandungan saya? Dan cara mengatasi nya bagaimana?

    Terimakasih πŸ™‚

  112. Pagi dok nma sya putri umur sya 14 thn sya mau nnya dok, akhir” ini sudah beberapa bulan saya haid keluarnya gumpalan gtu dok warna coklat setiap haid ,itu kenapa yaa dok ??

  113. Pagi dok nama saya putri umur saya 14 thn dok saya mau nanya akhir akhir bulan ini saya haid keluarnya gumpalan berwarna coklat setiap bulan saya haid dok itu kenapa ya dok? Di bantu ya dok

  114. Dok, umur saya 22 th saya haid biasanya 4sampai 6 hari. Tpi bukan ini haid saya terlambat 2 hari, setelah itu saya dapat haid 2hari, hari pertama lumayan banyak di sertai seri pada perub bagian bawah, punggung terasa yeri, tapi hari ke 3 sampai saat ini kurang lebih 3 hari haya keluar flek coklat, kira” itu kenapa ia dok?

  115. Dok aku aulia umur 17thn. aku kyk keluar flek kecoklatan gt. kyk biasa aku mau menstruasi. tp bulan ini aku udh menstruasi dok. fleknya gabanyak gabau . aku jg kalo pulang sklh jln. apa bisa grgr kecapean jd saya flek ya dok? tolong jwb ya dok. terimakasih

  116. Malam dok…umur saya 21th..saya haid tgl 1oktober.selama 6 hari.terus tgl 6 november keluar flek coklat sampai 3 hari…kira2 kenapa ya dok?

  117. Dok saya ingin bertanya, saya suka haid dalam sebulan bisa 2 kali. Dan sekarang saya sering keluar flek kecoklatan setiap hari. Itu gimana ya dok?

  118. Dok ini temen saya mau nanya kalau misalnya haidnya cuman 1 hari itu pun sedikit trs besoknya nggak haid lagi tp beberapa minggu laginya haid lagi itu juga cuman sedikit itu nggak papa dok?

  119. Dok, saya peenah menderita ingeksi saluran kemih tapi saya sudah mengkonsumsi obat jadi sudah hilang disaat saya buang air kecil tetapi flek kecoklatan saya masih berlangsung dok. Sudah kurang lebih mau 3minggu. Apa itu normal atau gimana dok?

  120. Halo dokter..
    Saya mau bertanya. Saya gadis berusia 22 tahun. Dua bulan terhitung bulan ini saya selalu menstruasi hanya sekedar bercak coklat dalam jumlah sedikit. Bulan lalu kejadian nya seperti itu dan dalam wktu satu minggu. Dab bulan ini tgl 29 nov hari pertama menstruasi dengan kejadian yang sama hanya bercak coklat dalam jumlah sedikit. I’m worry dok ada penyakit pada tubuh saya. Mau cek ke dokter terdekat tapi saya takut. πŸ™ . Tolong bantu dengan jawaban dokter ya. Dan kira kira apa yang bisa saya lakukan agat haidnya lancar dan warna darah nya normal. :'(

  121. Selamat malam dok
    Mau tanya, istri saya telat datang bulan selama 1 minggu, tapi keesokan harinya dia mengeluarkan banyak darah dan agak kehitaman, namun hanya 1 hari saja, sebelumnya dia mengeluh pusing, mual di pagi hari, dan perut terasa sakit. Apakah istri saya hamil dok??

  122. Assalamu’alaikum Dokter, saya ingin bertanya. berhubungan intim tapi tidak mengeluarkan sperma di dalam vagina, lalu 5 hari kemudian saya mengalami haid saja darah berwarna merah yg agak sedikit dari biasanya, apakah saya hamil? Terimakasih

  123. Dok saya Rika 23 thn madiun seorang ibu rmh tangga..
    Sya haid tidak teratur sejak menikah thn 2012 dan hingga sekarang belum mempunyai momongan…
    Saya mengeluarkan flek kecoklatan sampai 3 minggu tapi cuma sedikit** ..
    Itu gejala apa ya dok..?
    Dulu pernah sya cek saya mengidap kista? Tapi sya cek ke dokter lain sya normal? Saya bingung dok…tolong bantu sya

  124. Dok saya septian 18 th saya mw tnya , saya baru melahirkan 5bln lalu operasi ,, kan masa nifas saya 40hari dn 2 minggu selnjt y saya haid ,, haid 1 tidak terlalu deras haid k 2 jug sama haid k3 jug sma ngflex darah coklat haid k 4 tmbh makin parah cuman keluar flex coklat k htam”n sama kyak gumpalan coklat gtu 2 hari jh dan udah gag kluar lg ,, kluar kputihan ,, itu knapa y dok ?? Oh ia dok 2 minggu sblum haid k 4 ini saya prnh jtuh naik spdha bdan biru” apa itu bisa jdi sebab y dok ??? Tolong bantu saya !” trima ksih

  125. Malam dok,aku hyoree umur 14 tahun
    Jadi kurang lebih 2 bulan ini saya haid nya kaya flek cokalt gitu padahal bulan bulan lalu lancar trus itu gimana dok?

  126. Dok,kenapa yaa akhir2 ini saya jarang head yang ada kluar flek coklat trus??
    Mohon pnjelasan.a πŸ™‚

  127. Pagi dok .. dok saya baru saja smbuh dr sakit typus, dan sya kluar flek coklat, ku pikir ini awal menstruasi tapi sampe sekarang masih flek coklat sekitar 4hari.an .. apa karna say terlalu bnyak mngkonsumsi obat saat typus itu? Jadi haid.nya hanya flek coklat? Ap itu berbhaya dok? Tolong dijawab, krna sya panik

  128. Dok , saya trkhr datang bulan tgl 24 november . Smpe saat ini saya belom dtng bulan lg . Tp kmren saat tgl 8an saya mnum obat mkapsul untuk mempercepat dtng bulan tp malah kluar flek aja . Sblm2 nya saya melakukan hbgan dan kluar slllu d luar . Dan sampai saya merasakan pinggang sakit sperti orng mens . It kenapa ya dok ? Thx

  129. Dan lg beberapa hari llu saya keputihan dan kluar cairan masa sbur . Tp kenapa belom mens2 ya dok ?? Tlng d balas makasi

  130. tiara putri maharani

    dok,saya mau tanya. saya berumur 12 tahun,kelas 1 smp.
    saya baru sore hari ini pertama kalinya saya haid.
    nahh,saya haid hanya sedikit saja. tidak seperti orang lain. dan saya sampe tidak paki softek. itu knapa ya dok???

  131. Maaf dok saya mau tanya,
    Bulan januari ini mens saya tdk lancar sprti biasa, dan yg keluar itu bukan darah melainkan kecoklatan. awalnya saya pikir ini adalah gejala biasa mens saya sperti itu,tapi dlm bbrapa hari ini tdk keluar darah melainkan flek kecoklatan tsb. Bulan lalu saya mens tgl 27/28 ini sekarang tambah cpt dr tgl itu saya mens tgl 24/25 an lah
    Itu gimana ya dok? Terimakasih

  132. Siang dok, mau nanya nih. Saya kan udah nikah 2 tahun tp blm ada keturunan, jd suami nyaranin supaya ada variasi dlm hub intim. Jd kita akhirnya sepakat mau threesome sm ttangga. Jadi ttangga yg subur masukin dari depan dan suami di anal dok bersamaan. Kira kira bisa berhasil gak dok? Tetangga udah setuju dan dia udah punya 2 anak sebelumnya.

  133. dok,mw tyk biasa ne ak mens teratur.kmrn terakhir haid tgl 3 jan’16.ni dri tgl 31 ampe skrg kluarnya flek coklat kehitaman tu ap ya,dok?pa da penyakit atw tanda hamil?mksh dok,tlg di jwb ya,dok?

  134. Malam dok,saya opah umur 12thn saya mau tanya saya pertama kali mengalami haid tgl 7-9 des 2015 kenapa saya haid hanya 3 hari dan keluarnya sedikitΒ² dan darahnya berupa lendir merah kehitaman dan sampai sekarang hampir 2 bln saya baru mens lagi ketika saya sadar darahnya itu sedikit sekali berupa lendir putih tapi ada keliatan merahnya juga lalu saya menggunakan pembalut tapi setelah beberapa jam saya periksa tdk ada sedikitpun darah yg keluar berarti sya blm ad sehari mens sdj berhenti.sekarang yg menjadi pertanyaan saya,apa itu memang umum pada wanita yg baru pertama kali haid sehingga mens-nya belum teratur?

  135. malem dok, mau tanya?
    Haid saya tidak teratur normal ga sih dok? Terus pertanyaannya lagi, saya haid 6hari sedangkan 3 harinya itu keluar darah merah banyak, setelah 3hari itu hanya kecoklatan saja. Itu bisa dibilang faktor hormonal juga ga sih?. Tolong dibantu penjelasannya lagi dok. Makasih πŸ™‚

  136. Dok umur saya 18thn. Saya mau tanya mens saya memang tidak teratur trs bulan januari kmren saya flek kecoklatan hanya sdikit cuma 3hari tp itu sebelum mens, biasanya flek itu muncul jika stelah mens lalu hampir sminggu saya menggukan avail penthilener kemudian kluar darah tp menggumpal trkadang kehitaman tp itu hanya 2hr kemudian berhenti. Kira2 knpa ya dok? Saya mau ke dokter kandungan tp takut dibilang hamil. Trmksh

  137. Selamat sore dok,saya elly dari jakarta . saya mau tanya . kemarin ta ggal 14 saya haid tapi keluar flek coklat kehitaman selama 4 hari. Setelah itu tidak keluar darah seperti haid . kira kira kenapa ya dok? Terima kasih

  138. siang dok..
    Saya mau tanya 8 feb saya mens. Dan tgl 6 sampai tgl lapan hari ini (maret) cuma keluar flek coklat aja. Apa ada gangguan sama saluran rahim saya ya dok….karna biasanya flek cuma sehari dihari kedua sudah banyak..dok tolong di jawab ya.. ini tanda awal kehamilan atau terjadi inveksi pada salurah rahim saya… terimakasih

  139. pagi dok.,saya mulai kemarin mens,tetapi tidak keluar darah merah,yang keluar hanyalah darah berwarna coklat dok apakah itu berbahaya dan tindakan apa yang harus saya lakukan dok..
    mohon jawabanya dan terima kasih

  140. Dok saya mau tanya , sblum mnikah mens sya tratur m tpi stlh mnkah selang stngh thun mnes jd gx trtur prtmanya 2blan sexali trs jd 5blan prn gx mens, trus aq priksain 3blan itu lancar trs 2bln tdk mens lagi trs tx priksain ke dokter bisa mens, trus ud gk aq priksain 4bln gk mens smpe skrg bru mens, tpi drah ny dikit n wrn ny merah tua, itu knp y dok, sya pngin bngt py ank tpi klo kyk gni apa mungkin sya susah dok pya ank, sya bingung hrs ngpain..

  141. Permisi dok, saya putri umur 20th. sejak awal mens saya uda gak lancar, pd thn 2013 saya coba USG dan kata dokter tdk ada tanda2 tumor atau apa gt. tp kata dokter mungkin krn berat bdan saya. lalu siklus sy sempat lancar, tp kembali lg tdk teratur. dan kemarin mlm kluar darah kecoklatan, pagi td sy kaget.. karena wrnanya coklat kehitaman. solusiny ap dok?

  142. Malam dok..
    Saya perempuan berumur 18 thn sudah 4 bln haid saya tdk lancar.. tdk pernah sbelumnya sprti ini.. tiap bulannya hanya ada bercak noda hitam tanpa darah.. tapi terkadang mah terasa nyeri d pinggul.. saya tidak prnah melakukan hubungan seksual. Tapi memang setahun belakangan saya sedang memiliki banyak pikiran dan berimbas ke berat badan saya naik drastis.. bsa d blg obesitas
    Saat saya konsultasi ke dokter di puskesmas saya di terangkan karena hormon yg tdk stabil.
    Mohon penjelasannya dok.. terimakasih

  143. dok saya mau tanya…
    awalnya saya kb suntik 1 bulannn….slma 2 bulan….trs sya memutuskan IUD…nah pda awal pmsangan ktanya ada sariawan mulut rahim…ttp stlah test iva hasilnya negatif…trs slma iud sya haid ny lm smp sbulan..krena saya kpikira sariawan itu…akhirnya saya mmutiskan lepas lagi…nah stlh lepas iud tsb saya msh kluar flek2 coklat kdang drah sdkit2 tp hanya pagi….trs sya check k dokter…tryta sariawan itu bukan sariawan yg mmicu kanker ktanyaa..akan ttp sya bgung flek msh ada sja dstp pagi…saya mau papsmier tp kn g bsa krena ada flek trs…mnrut dokter apa yg dialami saya sebnernya…dan bagaimnana solusinya

  144. selamat sore dok…..
    syq umur 14 th.saat haid pertama keluar darah berwarna coklat dan besertakan lendir berwarna putih jernih….
    Apakah bahaya itu dok?
    trus cra mengataainya bgmana dok?

  145. selamt sore dok….
    sya lilis umur 14 th haid pertama betwarna coklat besertakaan lendir putih jernih
    maaf sy mau tanya…….
    gimana cara mengatasi hal tersebut dok?…
    ditunggu penjelasannya
    trims y dok….

  146. slamat mlm dok…..
    mau tanya dok, kan tanggal 20 bulan februari kemarin sy sdah haid, tapi pas tgl 9 mei kemarin saya sudah mulai haid lgi dok tapi warnanya kecoklatan, sampai sekarang belum berhenti dan juga kluarnya sedikit2 tidak banyak.
    mhon jwabannya dok, apakah ini penyakit atau apa??
    terimakasih dok!?

  147. Selamat pagi dok…
    Mau tanya dok,umur saya 37 tahun sdh punya anak 1..tanggal 12 maret 2016 kmrn sy klwr flek coklat.. Pdhl. Tgl itu hrsnya jdwl haid saya…sampai hr ini flek coklat msh klwr mohon penjelasan nya dok…terimakasih..

  148. Maaf dok saya mau tny saya sdh pkai KB selama 3,5th .. Mens sya tratur tp bulan ini saya hny mens flek coklat darahnya tdk keluar selama sdh mau 2minggu ..apa ya kira2 dok pnyebabnya? Dan apa obatnya?

  149. Halo Dokter. Saya Chacha,ibu anak 1 & sampai saat ini masih pakai IUD. Saya mau tanya dok. Kurang lebih udah 3 mingguan ini saya merasakan mual terus & seperti masuk angin, keliyengan (gejala2 sama seperti saat hamil pertama) setiap hari saat menjelang sore sampai malam. Perut sering kram, sampai sekarang. Sempat terlambat mens 3minggu. Udah coba TP 2x hasil negatif. Tapi sejak kemarin keluar bercak darah merah sedikit sisa nya coklat, kemudian hari ini keluar lagi darah warna gelap & coklat. Saya bingung ini memang mens atau ada kemungkinan saya hamil ya dok? Soalnya IUD saya juga udah 1th blm sempat kontrol. Mohon balasannya dok, terimakasih sebelumnya

    1. silahkan lihat penjelasan saya di sini https://www.youtube.com/watch?v=vEV2nANLJ2E

  150. Hallo dok, kenapa mens saya untuk bulan ini hanya keluar flek coklat aja ya? Padahal sebelum nya tidak begituu. Mohon direspon

  151. Halo dok mau nanya,
    Saya umur 17 thn sudah pernah begituan. 5 hari sebelum hari h saya mens saya keluar flek merah setelah itu keluar flek coklat terkadang tidak keluar. Saya tidak mual juga dok. jadi kenapa yaa dok?

    Thank you

  152. Selamat malam dok saya grace umur 13 tahun di bandung dok saya mau tanya kenapa mens saya berwarna coklat dan saya jarang sekali menstruasi dok

  153. selamat sore dok,
    mau tanya, saya baru menikah 6 bulan, 2 bulan terakhir jadwal haid saya tidak teratur di bulan januari tanggal 10 – 16, di februari loncat jadi tanggal 21 – 16, nah di bulan maret saya ga dapat haid dok, saya sudah berharap saya diberikan kepercayaan untuk mendapat momongan karna sudah telat hampir 12 hari, tapi ternyata di tanggal 2 april kemarin saya HB dengan suami, setelah HB saya buang air kecil bercampur darah, paginya saya keluar darah, hanya saya masih bingung itu darah haid atau bukan ya, soalnya tanggal 5 ini darah sudah ga keluar lagi, dan sekarang saya mengalami sakit pinggang. mohon informasinya dok, terima kasih.

  154. Koreksi
    selamat sore dok,
    mau tanya, saya baru menikah 6 bulan, 2 bulan terakhir jadwal haid saya tidak teratur di bulan januari tanggal 10 – 16, di februari loncat jadi tanggal 21 – 26, nah di bulan maret saya ga dapat haid dok, saya sudah berharap saya diberikan kepercayaan untuk mendapat momongan karna sudah telat hampir 12 hari, tapi ternyata di tanggal 2 april kemarin saya HB dengan suami, setelah HB saya buang air kecil bercampur darah, paginya saya keluar darah, hanya saya masih bingung itu darah haid atau bukan ya, soalnya tanggal 5 ini darah sudah ga keluar lagi, dan sekarang saya mengalami sakit pinggang. mohon informasinya dok, terima kasih.

  155. Dok maaf mau tny saya itu haid itu akhir maret tp kok pertengahan april haid lag ya dok.prasaan cepet banget itu kenapa yh dok

  156. Dok saya rita…
    Udh bberapa bulan saya datang bulan dri hari 1-3 mens hanya flek coklat pada hari ke-4 baru mens nya kluar deras… Ini udh hmpur 1/2 thun saya sperti itu, apakah itu normal dok

  157. Dok saya rira umur 23thn
    Udh bberapa bulan terakhir saya men dri hari 1-3 hanya flek hitam, dihari ke-4 bru kluar deres apa itu normal ap ad msalah dok….

    Trimaksih saya tnggu jwaban nya dok

  158. Dok saya rita umur 23th
    Udh bberapa blan trkhir saya mens di hari 1-3 hanya flek hitam di hari ke-4 bru kluar deras…
    Apakah itu normal atau ad pnyakit dok

    Trimaksih dok ats wktunya
    Saya tnggu jwban dokter trimaksih

  159. Selamat siang dok,
    Saya tiara umur 20tahun

    Saya mau tanya, pd tanggal 2april kmrn saya haid dan selesai tanggal 9april .. Terus tanggal 17april kok ada flek berwarna coklat dan sampai hari ini msh berwarna coklat pekat .

    Itu kenapa ya dok? Apa mungkin haid saya jadi tambah maju?
    Minta penjelasannya dok, terimakasih

  160. sore dok.. saya mau tanya.. dua hari yg lalu saya mengeluarkan Flek kecoklatan tp cm sedikit.. dan sekarang sudah tdk keluar lagi. padahal mestruasi saya lom lama selesai pd tgl 27 april 16. dan keluar Flek kecoklatan pd tgl 06 mei 16. trus perut saya di sertai sakit (tapi g keseringan). dan saya iti selalu mempunyai siklus yg cukup bagus. g pernah telat. tapi klo maju pernah tapi jaraknya cm 2 hari dari tgl menstruasi. mohon penjelasannya ya dok.

  161. Pagi Dokter ,
    saya rima usia saya mau 20 jalan saya belum nikah , saya mengalami haid hitam sedikit sedikit berlangsung 14hari setelah 14hari haid saya bersih lalu selang 2hari haid itu sekarang datang lagi. Itu kenapa ya dokter ? Bagai mana cara mengatasi nya ?

    1. Pagi Dokter
      Saya rima dari bandung , usia saya mau 20 jalan , saya belum menikah, saya menggalami haid hitam sedikit sedikit berlangsung 14 hari setelah 14hari haid saya bersih lalu selang 2 hari haid itu dateng lagi sekarang, itu kenapa ya dok ? Dan bagai mana cara mengatasi nya agar tidak haid seperti itu ? Saya sebelum nya pernah menggalami haid seperti ini di taun lalu menjelang bulan ramadhan juga.
      Mohon banget dokter jawab ya.
      Terimakasih banyak sebelum nya

  162. Dok sy nikah tgl 14 mei trus mens di tgl 18 mei, bln juni telat di tgl 21 .. Tp darah mensnya coklat cair.. Tidak ada gumpalan.. Biasanya setiap mens ada gumpalan2nya.. Knpa ya dok? Apa baik2 aja?

  163. Selamat malm dok..saya ibu rumah tangga, usia saya 24 tahun.
    Puasa kmren saya mens tgl 6 sampai tanggal 11
    Dan knp saya mens lagi tgl 28 sampai tgl 4
    Dan skrng saya sering ngeplek kecoklatan
    Saya sudah tandai knp saya bisa ngplek..saya minum KB andalan, setiap saya lupa untuk minum saya selali ngeplek. Apakah itu tidak apa apa dok???

  164. Saya sinta, saya haid tgl 5 juni. Setelah selesai haid dapat beberapa minggu keluar flek. Saya tidak melakukan hubungan apa2. Kata temannya saya itu karena terlalu capek. Sampai saat ini saya belum haid. Itu kenapa ya dok?

  165. Selamat malam dok.. Saya Tasya usia 26 thn..saya sudah menikah selama 3 tahun tapi belum dikaruniai putra karena kedua tuba falopi saya tersumbat. Saya pernah hsg sebanyak 2x.terakhir bulan desember 2015…tapi setelah hsg setiap hari keluar flek coklat seperti sisa darah haid.. Dan itu terjadi sampai sekarang.namun saya tdk merasakan sakit atau nyeri.. Apakah berbahaya dok.? Bagaimana solusinya.?trimakasih…

Comments are closed.

dokterharry © 2016 dokterharry.com