dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

LINDUNGI ANAK KITA DARI PENYAKIT BERBAHAYA

Inilah kenyataannya Ibu, tidak ada satu anak manusia pun yang tidak merasakan sakit, termasuk anak kita. Tahukah Ibu, terkadang anak yang sakit itu menunjukkan gejala sakit yang jauh lebih berat dibandingkan orang dewasa? Tahukah Ibu bahwa anak ibu dari kepala hingga ujung kakinya sangat rentan terkena infeksi kuman yang bisa mengakibatkan ganglindungi anak kitaguan pertumbuhan dan perkembangannya?

Hal itu disebabkan karena daya tahan tubuh anak kita masih lemah dan belum mempunyai pertahanan tubuh yang kuat. Akibatnya tubuh anak kita lambat laun akan kewalahan menahan gempuran serangan kuman-kuman yang berasal dari luar tubuhnya. Beberapa penyakit yang berbahaya yang bisa mengganggu tumbuh kembang anak Ibu antaranya:

Tuberculosis, penyakit ini ditandai dengan keluhan demam berkepanjangan disertai nafsu makan yang terus berkurang. Penyaki ini bisa menyebabkan kematian jika infeksi telah mencapai otak. Si anak biasanya terlihat sangat kurus dengan berat badan tidak sesuai dengan usianya.

Polio, penyakit ini mengakibatkan kelumpuhan total pada kaki anak. Akibatnya, anak tidak akan pernah bisa berjalan lagi seumur hidupnya. Selain itu, terjadi pengecilan otot kaki sehingga antara badan dan kaki terlihat aneh.

imunisasi polioCampak, penyakit ini mengakibatkan demam yang sangat tinggi terhadap anak-anak disertai dengan timbulnya bercak-bercak merah seluruh tubuh. Suhu tubuh penderita bahkan bisa mencapai lebih 400C, yang artinya sangat panas sekali. Akibatnya anak bisa mengalami kejang demam dan kemungkinan terburuk adalah terjadinya infeksi otak dan berakhir dengan kematian.

Hepatitis B, penyakit ini akan mengakibatkan peradangan hati akut menahun dan akan berlanjut menjadi kerusakan hati pada penderitanya. Dua puluh lima persen pasien dengan hepatitis B kronik akan meninggal akibat sirosis hati maupun hepatoma.

Difteri, penyakit ini tergolong penyakit menular yang mudah sekali menyerang anak-anak dan tidak jarang menyebabkan kematian. Penyakit ini ditandai dengan sakit pada kerongkongan, susah menelan dan akhirnya anak tidak mau makan. Bila difteri bertambah parah, tenggorokan menjadi bengkak sehingga menyebabkan penderita menjadi sesak nafas, bahkan yang lebih membahayakan lagi, dapat pula menutup sama sekali jalan pernafasan.

Tetanus, penyakit ini disebabkan karena adanya daerah perlukaan pada tubuh yang terkena kuman tetanus. Akibatnya penderitanya akan mengakibatkan penderitanya kejang-kejang dan hampir dipastikan penderitanya akan meninggal.

campakPertusis, alias batuk 100 hari. Penyakit ini akan mengakibatkan si anak akan batuk terus menerus, terkadang anak akan terbangun tengah malam karena batuk yang terus menerus ini dan fatalnya bisa mengakibatkan timbulnya sumbatan saluran nafas dan berakhir dengan kematian.

Masih banyak sekali penyakit lain yang sebenarnya bisa menyerang  anak kita, namun penyakit yang saya jelaskan di atas ini adalah kumpulan penyakit menular yang sangat banyak ada di Indonesia.

Loading...

Comments

Add a Comment
  1. jaga anak ibu jangan sampai terkena penyakit2 yang tadi ih serem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com