INDUKSI HAMIL DENGAN KLOMIFEN SITRAT (CLOMIPHENE CITRATE)

Induksi Ovulasi biasanya menggunakan clomiphene citrate alias klomifen sitrat. Prinsip induksi ovulasi adalah merangsang perkembangan folikel sehingga terjadi proses ovulasi pada hari ke-13-15 setelah haid. Bila ini terjadi, menstruasi akan terjadi dua minggu kemudian. JIka digunakan sebagai induksi kehamilan, maka diharapkan sel telur tersebut akan dibuahi oleh sperma sehingga terjadi proses kehamilan.

Apa itu klomifen sitrat?

Klomifen sitrat terbukti meningkatkan hormon FSH sehingga bisa mematangkan folikel lebih baik dan lebih banyak, namun ada efek merugikan pada CC dimana endometrium menjadi lebih tipis dan kurang baik terhadap implantasi embryo (meskipun ini tidak terjadi pada semua wanita).
Terapi untuk PCOS sudah saya tulis pada halaman lain di Blog ini. Sayangnya tidak ada dosis yang tepat untuk semua wanita. Oleh karena ini adalah penyakit multifaktor, maka dosis dan terapi harus disesuaikan untuk masing-masing individu.

Mengapa ada yang minum klomifen sitrat ditambah dengan metformin?

Biasanya metformin dikombinasikan dengan klomifen sitrat sebagai terapi lini pertama untuk fertilitias yang disebabkan oleh PCOS dimana dosis metformin sebesar 3 x 500 mg dan clomifen citrate sebesar 1×50 mg (selama 5 hari)

Bagaimana terapi yang tepat untuk penderita PCOS seperti saya?

PCOS terkadang memang sulit diterapi, saya kira terapi seperti yang telah diterima Evi cukup sejalan dengan protokol yang ada. Namun jangan lupa karena PCOS adalah bersifat kronis, maka terapi tidak dapat hanya 1-2 siklus, tapi bisa berlangsung lama 3-6 bulan untuk melihat hasilnya. Dan yang lebih penting dari medikamentosa adalah perubahan gaya hidup (olah raga dan pola makan) untuk mencapai BB ideal

clomifen sitrate

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*