TES PACK POSITIF SAMAR, APAKAH HAMIL?

Apakah hamil jika tes pack positif samar?

Saya dan istri saya sedang mengikuti program hamil karena penyakit PCOS istri saya. Suatu hari istri saya mengeluh keluar flex-flex coklat, ia tidak mengeluarkan flek seperti ini sebelumnya. Hal itu ia ceritakan kepada temannya dan temannya menyarankan untuk tes pack, ternyata hasil tes pack menunjukkan hasil positif walau kelihatan samar.
Tapi apakah istri saya positif hamil. Akhirnya kami ke dokter SpOG untuk dilakukan pemeriksaan dalam (USG IV) dan hasilnya hanya ditemukan penebalan pada rahim, memang ini adalah tanda awal kehamilan tetapi tidak dapat dipastikan bahwa istri saya hamil karena belum ditemukan kantong janin. Kami diminta untuk kontrol dua minggu lagi dan hal ini benar-benar membuat kami galau.

tes pak samar apakah hamilUntuk diketahui alat tes keHamilan bekerja dengan cara memeriksa ada atau tidaknya hormon keHamilan hCG (human chorionic gonadotropin) di dalam tubuh seseorang. Hormon ini dihasilkan oleh sel dari plasenta yang pertama kali masuk ke aliran darah saat sel telur telah dibuahi dan tertanam di rahim, yaitu sekitar 6 hari setelah pembuahan.

Hasil tes keHamilan positif palsu kemungkinan bisa terjadi pada kondisi tertentu, seperti dikutip dari Babymed, Kamis (26/8/2010) penyebabnya adalah:

1. Menggunakan pengobatan untuk fertilitas (kesuburan).
Perempuan yang mendapatkan suntikan hCG (misalnya Pregyl, Profasi, Pergonal, APL) untuk membantu masa subur (ovulasi) kemungkinan mengalami hasil pemeriksaan positif palsu. Biasanya tingkat hCG dalam darah akan meningkat untuk menunjukkan adanya keHamilan.

2. Terlalu lama membaca hasil tes.
Kondisi ini terjadi jika seseorang membaca hasil tes setelah waktu yang disarankan sudah lewat.
*Untuk alat tes keHamilan sensitif, hasil tidak disarankan untuk dibaca lebih dari 8 menit. Dikarenakan dapat muncul garis samar-samar akibat resapan urin yang dibiarkan terlalu lama. Hasil positif sudah dapat dilihat dalam waktu 3 menit.

3. Teknik pengujian yang tidak benar.
Saat melakukan tes keHamilan di rumah, sangat penting untuk membaca petunjuk penggunaan sebelum melakukan pengujian. Seperti kapan waktu yang tepat untuk menggunakan alat tes keHamilan ini dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang akurat.

4. Chemical pregnancy.
Hasil pemeriksaan menunjukkan positif, tapi embrio atau janinnya tidak berkembang yang biasanya ditandai dengan mendapatkan menstruasi kembali. Hal ini karena sel telur yang dibuahi sudah tertanam di rahim dan menghasilkan hCG, tapi karena suatu hal berhenti berkembang. Contoh kasus: Hamil anggur atau Hamil di luar kandungan.

5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
Beberapa obat yang dikonsumsi seperti Methadone, chlordiazepoxide atau promethazine bisa memberikan hasil tes keHamilan positif palsu.

6. Adanya kondisi medis tertentu.
Beberapa penyakit langka seperti penyakit trophoblastic dan islet-cell tumor bisa membuat hasil pemeriksaan positif palsu.

7. Phantom hCG.
Kondisi ini terjadi jika seorang perempuan mendapatkan hasil pemeriksaan darah positif palsu, yaitu seseorang mendapatkan hasil positif melalui tes darah tapi ia tidak Hamil dan hasil tes urine yang negatif.

8. Alat tes keHamilan yang cacat.
Alat tes keHamilan yang sudah kadaluarsa atau rusak bisa membuat seseorang mendapatkan hasil positif palsu. Karena itu selalu periksa tanggal kadaluarsa sebelum melakukan pengujian, hal ini untuk memastikan hasil tes yang akurat. (detikhealth)

JADI, TES PACK POSITIF SAMAR, APAKAH HAMIL?

Jadi jika hasil tes pack samar positif namun hasil USG belum menunjukkan tanda kehamilan bagaimana?

Jangan takut, masih ada kemungkinan untuk hamil bahkan sangat besar, kemungkinan mengapa belum terlihat di USG adalah karena usia kandungan yang masih sangat muda sehingga kantung janin belum bisa terlihat melalui USG. Biasanya janin baru bisa terlihat setelah minggu ke-4 kehamilan. Nah, masalah inilah yang seringkali tidak dijelaskan oleh dokter kandungan kepada pasien, sehingga membuat pasien bingung, khawatir, cemas, deg-degan, dan sederet kekhawatiran lainnya. Kita hanya perlu memperhatikan tanda gejala hamil yang ada pada tubuh anda atau istri anda

Loading...

9 Komentar

  1. Dok, saya pernah melakukan hubungan dengan pacar pd tgl 2 dan 6 oktober 2013 ini..pada tgl 2 itu memang tidak pernah memasukkan Mr.p nya sampai masuk hanya di bibir miss v saja..memang Mr.p nya dalam keadaan basah tetapi tidak (maaf) muncrat..nah yg tgl 6 itu kami berhubungan dengan saya masih menggunakan CD tetapi sampai benar2 basah..
    Saya terakhir menstruasi selesai itu tgl 1 oktober..Dan hingga sekarang (tgl 27 oktober) belum juga mens..tetapi saya sudah coba pakai test pack tgl 25 kemarin itu hasilnya negatif..cuma yg saya agak ragu itu saat saya melalukan test, urin yg saya gunakan adalah urin pada siang hari Dan saat mencelupkan itu saya cepat2 karena baru dicelupkan beberapa detik sudah muncul 1 garis negatif..
    Apa ada kemungkinan hasil test pack salah? Atau saya Hamil gtu? Terimakaasih sebelumnya..

  2. ass dok saya masih pnasaran sma hsil tes’pack saya soal’a yg satu garis’a merah yg stu garis lg samar” itu saya hamil gk

  3. Selamat siang dok..
    Saya sudah terlambat haid 4 hari. Karena siklus saya biasanya 29 hari. Td pagi saya cek tapi hasil menunjukkan garis 1 jelas dan garis yg 1 lg samar dan sangat samar2..
    Apakah saya hamil?
    Mohon bantuannya untuk menjawab. Terimakasih..

  4. Dok sy blm telah haid tgl haid sy tgl 8 desember,tgl 30des ini sy tp garis samar” apa sy positif tapi blm telah dok,,tapi sdh ada gejala” hamil,bln 7 kmrn sy abis melahirkan nak ke2 tapi tinggal dok hidup cuma 11hri skrg sdh lewat 5bln sy tdk kb,apa sy hamil dok ..thanks

    • Assalamu’alaikum dok..
      Saya mau nanya, pagi ini saya baru saja melakukan tespek, bulan lalu saya lupa sudah haid atau belum.. Dan smpai tgl skrg saya blm haid, wktu tadi pake tespek garis C= Merah T= Samar.. Jdi gmna dok kalo begitu ??

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. TERNYATA KEGUGURAN | klikharry.com
  2. INDUKSI HAMIL DENGAN KLOMIFEN SITRAT (CLOMIPHENE CITRATE) | klikharry.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*