TEMPURUNG KEPALA RETAK PATAH

TEMPURUNG KEPALA RETAK, TEMPURUNG KEPALA PATAH, KECELAKAAN BENTURAN KEPALA, KEPALA TERBENTUR KEPALA RETAK

Seorang anak datang ke Unit Gawat Darurat dengan keluhan muntah-muntah hebat sehabis kecelakaan setengah jam sebelumnya. Anak tersebut datang dalam keadaan mengantuk, dalam artian tidak sadara penuh. Ia baru bangun saat dipanggil atau disentuh bagian kepalanya yang sakit dan segera jatuh tertidur kembali. Terdapat pembengkakan pada kepala bagian samping kanannya dengan ukuran panjang + 7 cm, lebarnya + 3 cm. Sebenarnya pada saat itu saya ingin melakukan CT-Scan kepala untuk memastikan diagnosisnya, namun berhubung di rumah sakit sedang mati lampu dan hanya menggunakan genset sehingga mesin CT-Scan tidak bisa dioperasikan maka saya memutuskan untuk dilakukan Rontgen cranium saja.

Dari hasil Rontgen cranium didapatkan retakan sepanjang + 6 cm pada bagian tulang tempurung kepala bagian kanannya. Jika terdapat retakan panjang seperti ini, kemungkinan besar juga timbul perdarahan pada bagian sebelah dalam tempurung kepala; yaitu otak. Perdarahan di dalam otak inilah yang menimbulkan penurunan kesadaran dan gejala muntah pada anak ini.

Tidak ada terapi penyembuhan yang bisa saya lakukan. Saya hanya bisa melakukan pengobatan yang sifatnya suportif alias pendukung sembari menyarankan untuk membawa si anak ke rumah sakit yang lebih besar dan lebih lengkap dan mengkonsulkannya ke dokter bedah syaraf untuk dilakukan pembedahan pada bagian kepala yang patah tersebut.

Loading...

1 Komentar

  1. assalamualaikum,, saya mau tanya agar kepala normal lagi selain tindakan oprasi yg k 2x nya, ada cara lain gk untuk normal lg.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*