dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

KOMPLIKASI KENCING MANIS

KOMPLIKASI KENCING MANIS. “Selamat pagi dokter. Saya baru-baru ini didiagnosis oleh dokter menderita penyakit kencing manis. Yang ingin saya tanyakan adalah, apa komplikasi terburuk dari kencing manis tersebut? Terima kasih. Andi, Semarang. “

Terima kasih untuk pertanyaannya Mas Andi. Ada banyak sekali komplikasi dari kencing manis, komplikasi tersebut bervariasi mulai dari yang tercepat hingga yang terburuk dan semuanya berbeda-beda. Komplikasi ginjal adalah yang ditakutkan karena mengharuskan seseorang harus cuci darah.

  1. Komplikasi tercepat dan terburuk adalah syok asidosis/ ketoasidosis yang disebabkan karena berlebihnya zat gula di dalam darah, anda bisa mendadak tidak sadar karena kadar gula yang berlebih tersebut dan terburuk adalah anda akan segera meninggal dunia apabila asidosis ini tidak ditangani dengan segera.
  2. Komplikasi terburuk berikutnya adalah syok hipoglikemik yang disebabkan karena menurunnya kadar gula mendadak, GDS < 60 mg% yang diakibatkan karena memakan obat anti diabetes. Anda juga akan mendadak tidak sadar dan bisa meninggal dunia jika tidak ditangani segera.
  3. Komplikasi yang terlama dan terburuk berikutnya adalah KEBUTAAN  dan GAGAL GINJAL, karena pada penderita diabetes mellitus mengalami gangguan yang disebut dengan mikroangiopati. Yang dimaksud mikroangiopati ini adalah pembuluh darah kecil dan halus akan kolaps dan mati karena aliran darah tidak mampu mengalir lebih jauh ke dalam saluran-saluran kecil pembuluh darah yang akibatnya sel-sel kecil akan menjadi mati. Jika terkena mata maka akan buta, jika nanti terkena ginjal akan menjadi gagal ginjal sehingga seseorang tersebut harus menjalani cuci darah di sisa hidupnya.
  4. Komplikasi lainnya adalah penyakit tuberkulosis. Susahnya, penderita DM dengan tuberkulosis ini akan lebih sulit untuk sembuh dibandingkan dengan penderita tuberkulosis saja.
Loading...

Comments

Add a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016