PENDERITA TBC BATUK DARAH

Apakah setiap penderita TBC selalu ditandai dengan batuk berdarah?

Kakekku didiagnosa menderita TBC. Karena setelah dirontgen dan uji sampeL dahak, katanya positif TBC. Padahal kakekku jarang batuk, kalaupun batuk tapi ga berdarah. Selama sakit, kakekku nafsu makannya berkurang dan badan lemas.
Apa benar penyakit TBC, ga semuanya ditandai batuk berdarah?
Bagi yang tau, tolong share pengetahuan kalian.
Thanks

Jawab:

 

 Tuberkulosis itu mempunyai banyak sekali gejala, tidak serta merta disertai dengan batuk berdarah, walau gejala yang paling tampak adalah batuk berdahak. Mengapa? Karena pada penyakit tertentu, misalnya diabetes mellitus, biasanya penderita tidak akan mengeluh batuk sama sekali.

Tetapi, tanda khas dari TBC itu sendiri adalah batuk berdahak disertai dengan badan yang bertambah lemah, tidak nafsu makan, fisik bertambah kurus dan sering demam pada malam hari.

Bagaimana batuk darah? Batuk berdarah menunjukkan sudah adanya kerusakan lebih lanjut pada paru-paru penderita TBC, dan jika dibiarkan maka penderita akan terus-terusan batuk mengeluarkan darah. Mau tak mau penderita harus dirawat karena ditakutkan batuk ini akan mengakibatkan perdarahan dan kerusakan saluran pernafasan.

Jika penderita sudah menunjukkan gejala ini maka biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyakit tersebut Tuberkulosis (TBC) atau bukan dengan:

Loading...

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. PEMERIKSAAN RONTGEN TUBERKULOSIS (TBC) | klikharry.com
  2. TUBERKULOSIS ANAK | klikharry.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*