HAMIL DI LUAR RAHIM

HAMIL DI LUAR RAHIM. Dokter, saya ingin berbagi cerita saja. Adik saya di diagnosis hamil di luar rahim oleh dokter. Begini kronologisnya, adik saya masuk ke UGD Rumah Sakit kemaren sore karena tiba-tiba pingsan dan mengeluh nyeri perut hebat. Setelah tiba di UGD, dokter yang melakukan pemeriksaan mengatakan bahwa adik saya mengalami kekurangan darah sampai perlu diberikan transfusi darah 2 kantong padahal tidak ada darah yang keluar sama sekali baik itu dari kemaluan, hidung maupun bagian tubuh lainnya. Selain itu setelah dilakukan pemeriksaan air seni, ternyata hasil testpack positif yang artinya adik saya hamil. Kok bisa dokter? Untuk dokter ketahui, usia adik saya baru 16 tahun dan belum pernah gitu-gituan, kok bisa positif hamil. Siklus Menstruasinya selama ini teratur dan hanya terlambat beberapa hari saja.
Sekarang adik saya harus dioperasi untuk mengangkat janin yang nyangkut di saluran peranakannya? Bagaimana menurut dokter? (Wita, Pekanbaru)

hamil di luar rahim

Terima kasih atas sharingnya. Baiklah, ini penjelasannya:

Adik ibu benar hamil, dan hasil testpack yang positif adalah pendukung bahwa adik ibu memang hamil (artinya pernah melakukan hubungan seksual). Hamil di luar kandungan adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim. Biasanya terjadi di saluran tuba, tempat produksi sel telur (ovarium), leher rahim (serviks). Bahasa kedokterannya sering disebut: KISTA EKTOPIK TERGANGGU (KET).

Normalnya, janin itu menetap di dalam rahim, namun pada kasus ini hasil pembuahan ini tidak bisa mencapai rahim atau macet dan menetap di saluran telur. Ketika jaringan dari embrio yang masuk ke dalam saluran telur makin berkembang maka saluran telur turut membesar. Kondisi ini akan menyebabkan dinding dari saluran telur tersebut melemah dan bisa menyebabkan pecahnya saluran telur yang ditandai dengan perdarahan di dalam perut. Biasanya pasien akan datang dengan keluhan rasa nyeri yang hebat dan perdarahan dari miss V atau ada bercak-bercak perdarahan. Kehamilan ini harus segera dihentikan agar tidak membahayakan nyawa sang ibu.

Kehamilan ektopik terutama terjadi akibat adanya gangguan transportasi sel telur yang telah dibuahi dari saluran tuba (tuba falopi) ke rongga rahim, selain juga adanya kelainan ovum yang dibuahi. Kehamilan ektopik terjadi pada 1 dari 50 kehamilan dan merupakan salah satu penyebab terbesar kematian ibu pada triwulan pertama kehamilan. Minimnya deteksi dini dan pengobatan setelah diketahui adanya kehamilan ektopik menjadi penyumbang besarnya angka kematian ibu.

Pengobatan yang diberikan untuk pasien dengan kasus kehamilan di luar kandungan biasanya melalui operasi untuk mengangkat sebagian atau keseluruhan saluran telur yang pecah tersebut dan dibersihkan hingga tak ada jaringan yang tertinggal. Jika hanya salah satu saluran telur yang diangkat, maka perempuan tersebut masih memiliki kemungkinan untuk hamil kembali dan melahirkan normal.

Inilah gejala yang dirasakan oleh ibu:

Adanya tanda gejala hamil disertai:

  • Nyeri di perut bagian bawah
  • Pingsan
  • Mual
  • Hipotensi
  • Denyut nadi cepat
  • Kulit pucat
  • Bibir pucat
  • flek-flek coklat

Pemeriksaaan dokter:

  • Cek Darah (kadar Hb menurun)
  • Mengukur kadar hormon kehamilan hCG (human chorionic gonadotopin) alias testpack positif.
  • Menggunakan ultrasound, dokter mungkin dapat melihat kehamilan ektopik, karena adanya darah di tuba falopi yang rusak atau ada embrio di luar uterus.
  • Laparoskopi melalui sayatan kecil di perut dapat dengan mudah melihat bila ada embrio di luar rahim.
Loading...

13 Komentar

  1. siank dok,aku khamlah,umur ku 20 thn,n sdh pnya suami,tp mslhx dok,smnjak habis menikah kenapa ya haid aku gk normal,smpai 4 bulan sekali,n skrng aku sdh menikah hampir 2 tahun,prnh juga periksa k dokter kandungan n d bilangin gk knpa2 kndunganx,

    • @ibu khamlah, apa yang ibu ceritakan tadi sudah sangat umum terjadi pada pasangan yang baru dan telah menikah; mulai dari sakit perut, mens tidak teratur, sampai kluar gumpalan2 diluar siklus. kemungkinan besar penyebabnya adalah gangguan hormonal

      • salam kenal dok,
        saya ingin sharring sekaligus bertanya, saya sherla(22)dan suami (26) waktu bulan juli saya dioperasi karena KET , akibatnya saluran tuba falopi kiriku di potong, saya sangat sedih, walaupun dokter yang menanggani saya bilang masih ada saluran tuba kananku berfungsi, walaupun bgtu sampai sekarang saya belum hamil. memang haid saya tidak teratur sejak SMA sampai sekarang terkadang 3 bulan baru dapat mens, apakah memang pemyebab hamil luar kandungan saya dulu karena haid saya tidak saya ingin sharring sekaligus bertanya, saya sherla(22)dan suami (26) waktu bulan juli saya dioperasi karena KET , akibatnya saluran tuba falopi kiriku di potong, saya sangat sedih, walaupun dokter yang menanggani saya bilang masih ada saluran tuba kananku berfungsi, walaupun bgtu sampai sekarang saya belum hamil. memang haid saya tidak teratur sejak SMA sampai sekarang terkadang 3 bulan baru dapat mens, apakah memang pemyebab hamil luar kandungan saya dulu karena haid saya tidak saya ingin sharring sekaligus bertanya, saya sherla(22)dan suami (26) waktu bulan juli saya dioperasi karena KET , akibatnya saluran tuba falopi kiriku di potong, saya sanga

      • salam kenal dok,
        saya ingin sharring sekaligus bertanya, saya sherla(22)dan suami (26) waktu bulan juli saya dioperasi karena KET , akibatnya saluran tuba falopi kiriku di potong, saya sangat sedih, walaupun dokter yang menanggani saya bilang masih ada saluran tuba kananku berfungsi, walaupun bgtu sampai sekarang saya belum hamil. memang haid saya tidak teratur sejak SMA sampai sekarang terkadang 3 bulan baru dapat mens, apakah memang penyebab hamil luar kandungan saya dulu karena haid saya tidak teratur?
        alhamdulillah setelah operasi Ket haid sy 3 bulan ini teratur ( oktober, november,desember2012) dengan siklus 35 hari, dan sebenarnya januari 2013 saya haid tanggal 28 tapi sampai sekarang (feb tgl 1) belum dapat haid, saya iseng iseng tespack tgl 30 jan 2013 tapi hasilnya negatif, apa yang harus saya lakukan dokter? apakah saya hamil atau haid sy kembali lagi kayak dulu 3 bulan baru dapat? pemeriksaan apa lagi yang mesti saya lakukan agar saya hamil kembali? apakah saya mesti suntik hormon seperti yang dialami april nya uzt. solmed?. karna berhubung kami menikah sudah 1 thn 2 bulan. trima kasih dokter atas perhatiannya.

        sherla ,

  2. Siang dok, nama saya melany umur 25 tahun dan sudah menikah.saya mau konsultasi dok begini dok bulan 7 januari kemarin saya menstruasi berlangsung 6 hari tetapi pada hari ke 2 sampa hari ke 6 hanya keluar flek coklat saja dan itu hanya sedikit banget.trus pada waktu masa subur dan ovulasi saya melakukan hubungan intim dg suami saya dan sekaran tanggal 4 ini saya mentruasi lagi akan tetapi darah yang kluar warnanya kecoklatan dan saya mengalami sakit di perut yang luar biasa dan tadi pagi saya sempet mual pusing dan hampir pingsan.yang saya mau tanyakan apakah keadaan saya Nomal saja apa tidak dok..dan apakah saya ada penyakit ..mohon jawabannya dok trimakasih

  3. dok sya mau tanya ni,,saya berumur 21 th…sya sering berhubungan intim dg pacar saya nah baru bulan ini pacar saya merasa pahanya nyeri2 dan perutnya terasa mngencang padahal pacar saya baru selesai haid,pacar saya haid tanggal 6-3-13.tgl 14-3-13 udah gak..apakah pacar saya hamil dok???

    tolong balasanya dok

  4. dok sya mau tanya ni,,saya berumur 21 th…sya sering berhubungan intim dg pacar saya nah baru bulan ini pacar saya merasa pahanya nyeri2 dan perutnya terasa mngencang padahal pacar saya baru selesai haid,pacar saya haid tanggal 6-3-13.tgl 14-3-13 udah gak..apakah pacar saya hamil dok???

    tolong balasanya dok

  5. Mbak,saya remaja umur 18 tahun,tanggal 10 november depan umur saya genap 19 tahun,,,
    saya siswa klas XII SMK,waktu klas X haid saya masih lancar,,,klas XI haid saya mulai gk lancar,kadang saya haid sangat banyak di sertai rasa nyeri di perut,saking nyerinya guru di kelas kawatir melihat saya yang pucat akibat menahan sakit haid saya,,,waktu udah mau naik klas XII Haid saya berubah jadi coklat kental,skarang saya udah 3 bulan PKL dibatam,selama 3 bulan itu cuman 1 kali haid saya wrna merah di sertai nyeri yang rasanya gak sanggup ku jalani,,,dan 4 kali periode cuman coklat kental,,,saya bingung mbak dengan apa yang saya alami,saya takut nanya sama orang tua,takutnya nanti di kirain saya anak gak bener,haidnya coklat kental mbak,tanpa rasa nyeri sedikit pun,mohon di balas ya mbak,,,saya bingung mau nnya sama siapa,,,nanya sama temen gak da yang tau

  6. dok mau nanya.saya ibu rumah tangga 2anak.umur saya 27 tahun. pd tgl 20maret saya kb suntik 1bln. biasanya jadwal haid saya tgl 10.nah sampai sekarang ga haid juga.padahal udah ga kb. tp tgl 2kemaren saya ada keluar plek hitam selama 2hari. dan disertai nyeri perut kiri bawah. dan sekarang selesai plek itu aku keputihan terus. tp kalo aku tespack negatip. kira2 ada apa ya dok dengan saya

  7. Malam dok nama sy tita umur 19 tahun sy pernah melakukan hubungan intim dgn pacar sy di tgl 6 januari, biasanya sy haid tgl 25. Skrng sy telat udh hampir 2 minggu. Tapi hasil tespek negatif dok?
    Apa mungkin pacar sy hamil dok?

  8. Ketika berhubungan intim sperma pacar sy tdk keluar di dalam dok. Dan mis V sy mengeluarkan darah krn sy masih perawan. Sy janji tdk akan mengulangi lagi. Sy biasanya haid di tgl 25 stiap bulan skrng sudh tgl 08-02-2018 sy blum haid juga. Tapi hasil tespek negatif dok. Tolong penjelasannya dok. Terimaksih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*