dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

BERHUBUNGAN SAAT MENSTRUASI

sg dok, zya vita… slam knal… Mau curhat sdkit.,
Bln nov tgl 25 zy mlalukan kesalahan yg bsar dgn pacar saya, yaitu berhubungan intim.
Keesokan harinya saya lansung haid dan sangat sakit sampai mual2. Trus sorenya saya dipaksa lagi ma pcar saya untuk berhubungan padahal saya lgi haid, katax sich nggak sampai dikeluarin di dlam M. V. Tp stlah itu zya lgsg mual2 lg. Beberapa hri k dpn, prut zaya kyak kembung dan agak susah nafas. 6 hri stlah berhub sya lgsg test dan hsilx cuma 1 gris merah sja. Tp skrg sdah tgl 26 saya kok blum haid jga dok yah! Padahal biasanya klo saya mau dtang bln, 1 minggu sblum haid prut bgian bwah saya sudah sakit. Td pg zaya sudah test urin lgi dan hasilnya 1 garis merah lagi. Dok apalagi yang hruz saya lakukan? N apakah saya bner2 tidak hamil? Karena akhir2 ini saya kuran nafsu makan, pernapasan tidak teratur, perut terasa lain2 kayak kembung gitu, belakang saya agak sakit2 juga dan cepat lelah.
Trimz dok

Terima kasih untuk pertanyaan Vita.

Kemungkinan untuk hamil pada mereka yang berhubungan seksual saat menstruasi adalah sangat kecil sekali. Tapi yang harus Vita ketahui adalah, berhubungan badan pada saat menstruasi akan sangat merugikan wanita, mengapa? Ini penyebabnya:

Tingkat Keasaman MIss V

Keasaman penting untuk mepertahankan kesehatan miss v. Miss V yang sehat memiliki pH 4 ± 0,5 yang berfungsi sebagai mikrobisid untuk berbagai bakteri patogen penyebab penyakit menular seksual termasuk HIV/AIDS Human Immune Virus (Boskey dkk., 2001). Kadar hormon yang cukup akan membantu menimbulkan suasana asam. Sedangkan jika kadarnya rendah maka keasaman akan berkurang sehingga lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri patogen (Reid et al, 1990).

Pada saat wanita sedang dalam kondisi menstruasi, kadar hormon akan berkurang sehingga tingkat keasamannya (pH) akan meningkat. Pada saat ini, flora normal yang umumnya ada di dalamnya juga mengalami penurunan kerja, akibatnya, bisa kalah bersaing jika ada flora asing (bakteri atau jamur) yang masuk ke dalam miss v pada saat menstruasi dan mengakibatkan infeksi miss V dan penyakit lainnya.

Apa saja perlakuan yang menyebabkan bakteri atau jamur asing masuk ke dalam miss V wanita yang sedang mens?

berhubungan-saat-menstruasi

1. Pemakaian pembalut yang terlalu lama

Pembalut yang dipakai terlalu lama, lebih dari enam jam, dan yan gsudah berbau yang pada gilirannya dapat menyebabkan infeksi.

2. Berhubungan seksual

Penetrasi penis ke dalam miss V, masuknya penis ke dalam miss V juga akan membawa bakteri yang menempel pada penis masuk ke dalam miss V dan akan tinggal dan menetap di dalam miss V, sementara darah menstruasi akan menjadi tempat hidup dan sumber perkembangbiakan mereka.

Penyakit apa saja yang bisa diakibatkannya?

  1. Nyeri perut bagian bawah karena adanya proses infeksi dan peradangan.
  2. Sering buang air kecil atau merasa ingin buang air kecil.
  3. Infeksi/reaksi radang yang terjadi pada miss V disebut vaginitis. Kelainan ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau parasit. Tandanya didapatkannya sekret miss V yang ringan/sedang dengan bau yang amis.
  4. Infeksi jamur yang disebut sebagai kandidiasis. Keluhan utamanya adalah gatal di sekitar vulva. Cairan yang dihasilkan berwarna kekuningan disertai gumpalan seperti susu berwarna putih kekuningan.
  5. Sedangkan infeksi lainnya disebut trikomoniasis. Ditemukan sekret miss V yang seropurulen berwarna kekuningan atau kuning kehijauan yang berbusa dan berbau tidak enak.
Loading...

5 Comments

  1. Saya ingin n4ny4
    saya telat haid sudah 4 hari dan diatas pusar sebelah kiri saya ada yang berdetak2 apakah saya hamil?
    Sebab saya Ml menggunakan kondom

  2. Saya ingin n4ny4
    saya telat haid sudah 4 hari dan diatas pusar sebelah kiri saya ada yang berdetak2 apakah saya hamil?
    Sebab saya Ml menggunakan kondom

  3. nayla milla

  4. imam cinta sama kak jessicca milla

    kak jessicca milla aku cinta bangeeeeeet sma kk I LOVE YOU

Comments are closed.

dokterharry © 2016 dokterharry.com