dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

PERAWATAN LUKA JAHITAN

PERAWATAN LUKA JAHITAN.

Dari: Neddawati

Kaki saya (punggung kaki kanan) luka/sobek karena terinjak sepatu Ice Skating.
Pada saat Pertolongan pertama, dijahit 7 jahitan dalam, dan 6 jahitan luar.
Karena darah saya tidak berhenti atau karena dokter nya salah jahit, akhirnya jahitannya dibuka lagi. dan kemudian dijahit lagi 9 jahitan.
Dan kaki saya bengkak.
Di hari keempat saya kontrol lukanya masih basah, dan masih bengkak.
Kata Dokter lukanya infeksi,
Sekarang sudah hari ke pada hari ke sepuluh, hanya dibuka 5 jahitan.
tinggal 4 jahitan lagi yang akan diangkat pada hari ke 13.

”Apakah yang saya alami normal?
apa yang sebaiknya saya lakukan?
apakah ada pantangan makanan?”

luka-robek-dijahit

Baiklah Ibu, yang Ibu lakukan itu telah tepat. Ibu segera berobat ke dokter dan dilakukan penjahitan luka segera setelah terjadi kejadian tersebut. Setiap luka terbuka harus dijahit karena luka yang terbuka akan menjadi tempat yang paling mudah dimasuki oleh kuman, namun sebelum luka itu dijahit, luka tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu karena tidak ada yang berani menjamin luka tersebut bersih dari pasir, tanah, kotoran maupun kuman.

Mengapa kaki menjadi bengkak? Hal ini normal karena terjadi proses peradangan atau inflamasi disana yang merupakan reaksi fisiologi tubuh yang bertujuan untuk memperbaiki jaringan yang rusak tadi. Apa yang dilakukan oleh dokter juga sudah benar karena jahitan tidak serta merta dijahit seluruhnya, tapi dibuka secara selang-seling 3 hari berikutnya agar jaringan kulit dan daging yang telah merapat tadi benar-benar melekat kuat. Proses infeksi tentu saja akan dapat ditanggulangi dengan memakan antibiotik pemberian dokter. Masa setelah angkat jahitan pun bukan berarti luka anda sembuh, usahakan luka tempat jahitan tersebut jangan sampai terganggu baik itu karena aktifitas fisik maupun benturan benda asing/ trauma karena bisa mengakibatkan luka bekas jahitan robek lagi

Mengenai pantangan makanan, tidak ada pantangan makan apapun ibu. Terima kasih 🙂

Loading...

4 Comments

Add a Comment
  1. Halo dok slamat pagi,dok sy may tanya.. bulan kemaren sya tidak suntik kd, dan biasanya stiap bln mens sy teratur krna sy ikut kb 1 bulan dok.. dan stiap dtng mes slalu maju… tapi dok blng ini sya sdah telat mens 5 hari… bln kmrin sya mens tgl 12 tp sy tdk ikut suntik kb dan bln ini dy sdah lewat tgl mens bln kemarin.. sy pikir sy hamil dan wktu sy coba tes pak pas telat 4 hri tp hasilnya negatif dok.. apa memang sy benar tidak hamil atau gmn dok… mohon penjelasanya.. trimaksih

  2. Dok mau tanya…..kemarin saya kecelakaan dan bagian samping luar jempol kaki harus dijahit…
    Dan saat kontrol samping jahitan mengeluarkan lendir…trus hari ke 9 benang jahitannya diambil padahal padahal jahitannya blum kering dan blom menempel…saya tanya kok dah diambil padahal blom kering…kata dokternya jahitan dalam dah bagus klu yg luar gpp dibuka biar cpet kering….dan sekarang dah 2 minggu kaki saya msih agak bengkak dan klu buat jalan terasa nyeri,samping luka warna merahan meskipun luka bagian luarnya sdah agak kering….kata dokternya bengkak karena kurang gerak n blom dipakai jalan…trus disuruh latihan jalan meski nyeri nanti akan terbiasa….menurut dokter gimana..?

  3. dok saya mw tanya nie
    3minggu yang lalu tngan saya kejepit mesin,jari manis kiri nya putus n dijait ,dan jari tengah kiri nya d jait ,dan ada yg retak dok dan d gips,lah kemarin dari tangan saya yang d gips itu tercium bau tidak sedap,sampai akhir nya saya gk kuat dengan baunya dok akhir nya gips nya saya lepas dok,deket jaitan itu saya bersihin pakai revanol tp masih tercium bau tdk sedap akhirnya saya bersihkan pakai alkohol dok bau tidak sedap nya sudah berkurang dok lah sore ini stlh mndhi saya mw gnti perban teryata d jaitan itu ada nanah nya dok,tyuz saya hrus gimana dok ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com