dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

CIRI ANAK KURANG CAIRAN

CIRI ANAK KURANG CAIRAN. Kebanyakan orangtua membiarkan begitu saja dan menganggap enteng anak mereka yang menderita diare dan muntah-muntah. Namun bahayanya, kita sebagai orangtua sama sekali tidak waspada terhadap ciri anak kurang cairan (dehidrasi). Mengapa hal ini sangat penting diketahui oleh orangtua? Karena jika terlambat mengenali ciri-ciri ini, hal sangat terburuk bisa terjadi pada anak anda. Apa kemungkinan terburuknya? Bervariasi, mulai dari kejang-kejang, hingga kematian. Untuk itu saya akan menjelaskan beberapa tanda anak yang kekurangan cairan.

Sick baby Ciri anak kurang cairan adalah

  1. Mata cekung. Mata cekung adalah hal yang bisa dilihat dengan kasat mata, mata cekung adalah tanda yang menunjukkan bahwa ibu harus segera mencari pertolongan pertama.
  2. Ubun-ubun kepala bagian depan cekung dan tulang tengkorak kepala tampak menonjol. Raba ubun-ubun kepala anak ibu yang berada di bagian depan, jika teraba lekukan, itu adalah tanda bahwa anak ibu mengalami dehidrasi (bisa dilakukan pada anak <2 tahun).
  3. Anak tampak lemah dan lesu. Anak ibu yang biasanya lincah dan suka bergerak sekarang menjadi lemah dan tampak tidak bergairah sama sekali.
  4. Bibir anak tampak kering dan mengelupas (pecah-pecah).
  5. Anak tampak haus dan ingin minum terus, namun dengan syarat anak ibu tidak mengalami gejala muntah-muntah)

Ciri anak kurang cairan yang berat adalah:

  1. Tangan dan kaki anak dingin.
  2. Kejang-kejang.
  3. Lemah dan lesu, tapi mulut selalu mengigau
  4. kadang disertai demam tinggi.
  5. Nafas cepat
  6. Tidak mau atau mungkin tidak bisa menangis lagi, walau dicubit, jika pun menangis, dia hanya merintih dan tidak mengeluarkan air mata

Baca Juga

tidak makan mencret.psd anak mencret2 anak muntah mencret2 Sick baby mencret minum susu2

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016 dokterharry.com