dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

ANAK MALAS MAKAN

Anak malas makan merupakan hal yang paling sering kita jumpai. Anak yang malas makan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun perlu kita ketahui adalah malas makan nasi bukan berarti anak malas makan karena bahan lain pengganti nasi masih mau ia makan.

PENYEBAB ANAK MALAS MAKAN

boy and vegetables 1. Bosan dengan menu dan penyajian makanan.

Menu makan saat bayi (> 6 bl) yg itu-itu saja akan membuat anak bosan dan malas makan. Belum lagi cara penyajian makanan yg campur aduk antara lauk pauk spt makanan diblender jadi satu.

2. Terlalu banyak cemilan padat kalori menjelang jam makan,

sehingga anak tidak lapar atau anak malas makan seperti permen, minuman ringan, coklat, hingga snack ber-MSG, dsb. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.

3. Minum susu berlebih.

Susu di banyak keluarga dianggap sebagai makanan dewa yang bisa menggantikan makanan utama seperti nasi, sayur & lauk pauknya. Orangtua cenderung kurang sabar memberikan makanan kasar. Atau orang tua sering takut anaknya kelaparan, sehingga makanan diganti dengan susu. Akhirnya, daripada perut si anak tidak kemasukan makanan, diberikan saja susu berlebihan.

4. Terpengaruh kebiasaan orang tuanya.

Anak suka meniru apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya, terutama orang tuanya. Banyak perilaku yg dilakukan ortunya yang mempengaruhi perilaku makan anak. Mis. anak malas makan biasanya tumbuh dalam lingkungan keluarga yang malas makan (ex. diet), akan mengembangkan perilaku malas makan juga. Perilaku lainnya, sering kita jumpai orang tua masih menyuapi anak yang sudah kelas 5 SD. Akibatnya anak gak terlatih untuk bisa makan sendiri.

5. Munculnya sikap superior.

Pada usia >2 th, anak sering membangkang / tidak mau patuh. Saat makan tiba, anak terkadang bilang gak mau, makanannya suka dilepeh atau dilempar, dsb. Ini disebut sikap negativistik. Sikap negativistik merupakan fase normal yg dilalui tiap anak usia balita. Sikap ini juga suatu bagian dari tahapan perkembangannya untuk menunjukkan keinginan untuk independent. Intinya power. Justru semakin anak pada usia ini dipaksa, akan makin melawan (sebagai wujud negativistiknya).

6. Anak sedang sakit / sedih.

Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan krn anak sedang sakit atau sedang sedih. Kalau semula anak terlihat aktif, riang dan cerewet, maka di kala sakit ia lebih suka diam dan terlihat malas-malasan.

anak malas makan Menghadapi anak malas makan orangtua dituntut tetap kreatif mengolah & menyajikan makanan, bina komunikasi yg baik, terus belajar menjadi ortu & memahami kondisi anak, dan bersabar.

Bagaimana membuat menu nasi yang paling menarik buat anak kita? Ini resepnya:

1. Variatif

Contohnya ada anak yang tidak mau makan nasi dan sangat suka makan mie goreng instan. Maka untuk menjaga keseimbangan asupan gizinya, saya siasati dengan memvariasikan jenis karbohidrat (nasi, gandum, mie, pasta, havermut, kentang, ubi, dll) tanpa mengabaikan makanan kesukaan anak. Boleh makan mie goreng tapi tidak setiap saat, kalo toh mie goreng itu juga bukan instant dan ditambah sawi, kol, wortel, buncis, ayam suwir, baso, sosis, daun bawang, tomat. Pokoknya komplit karbohidrat, protein dan vitamin.

2. Do Not Force

Selain itu juga yang perlu diingat adalah ketika anak tidak mau makan, jangan dipaksa. JANGAN PERNAH DIPAKSA!! 1. Ciptakan suasana makan yang hangat dan menyenangkan, ini akan membuat anak mempersepsikan makan adalah kegiatan yg menyenangkan. Bila anak belum mau makan jgn dibentak, itu hanya akan membuat anak menjadi trauma.

3. Nice Serving

Ada juga yang menyarankan untuk membuat penyajian makanan secara menarik, baik dari tempatnya juga makanan itu sendiri,  Dibentuk senyum, gambar hewan kesukaan, gelas dan pring/mangkoknya ceria dan berwarna. Misalnya diberi hiasan bendera atau dibentuk menurut pola mainan yang dia sukai. Bisa juga anak diikutsertakan dalam menyusun menu makanannya, ini untuk mendidik dia seberapa penting makanan untuk dirinya.

4. Make It Fun

Ciptakan suasana makan yang nyaman, asyik, dan berselera.  Minimal dengan cara makan bersama keluarga.  Sehingga anak dapat melihat secara langsung bagaimana anggota keluarga lain lahap makan.  Ketika anak belum mau makan, berikan alternative makanan/camilan yang lain.

5. Kesabaran
Yang terpenting adalah KESABARAN, ingat anak selalu penuh keterbatasan, bila ia mau makan 1 jam yah tak mengapa. Yang terpenting makanan bisa dihabiskan.

BERBAGI PENGALAMAN ANAK MALAS MAKAN

“Berdasarkan pengalamanku, anak seusia 6 – 12 bulan atau lebih, cenderung malas makan karena anak-anak semenjak diperkenalkan dengan PASI (Makanan pendamping ASI) rasa ingin tahu akan citra makanan telah berkembang dilidah mereka seiring dengan pertumbuhannya. IDAI menyarankan anak malas makan pada anakharus diberi ASI Eksklusif sampai 6 bulan. Berdasarkan pengalaman anakku yg pertama nih, dia susah sekali makannya mulai umur 8 bulan. Terkadang aku sampai mau nangis memberi dia makan. Jangan pernah memarahi sang anak, membentak bahkan memaksa dia untuk mau makan. Kenapa? Anak nantinya akan trauma dan malah makin malas untuk makan. Coba ganti menu makannya. Variasikan pola masaknya. Biasanya diberi nasi, coba ganti dengan noodles/mie atau sphagetti atau roti. Kita sering salah mempresepsikan pola makan anak dengan tidak mau makan nasi berarti malas makan, salah besar.”

“Untuk menangani anak yang malas makan aku akali dengan memberikan menu makan yang bervariasi dan sering aku ganti, walau tetap susah makannya, tapi aku terus berusaha untuk memberi dia makanan tidak hanya dengan nasi (kuncinya kesabaran). Pernah juga terlintas benak ku dengan menganti pola makannya sambil bermain atau menganti piring makanannya dengan corak kartun atau boneka kesayangannya atau binatang favoritnya. Ternyata aku berhasil.”

SALAH KAPRAH PEMBERIAN MULTIVITAMIN PADA ANAK MALAS MAKAN

Pemberian multivitamin/vitamin, akan memperberat kerja ginjal anak kita. Vitamin hanya dibutuhkan sangat kecil dalam tubuh bila dibandingkan dengan protein dan bila tidak dibutuhkan akan terbuang. Hal ini justru akan memberi pekerjaan tambahan saja kepada ginjal. Jangan pernah tergoda dgn iklan yg menyatakan ada obat penambah napsu makan anak atau ada susu utk penambah napsu makan anak. Percayalah. Seiring dgn waktu dan kesabaran kita menyikapinya semua akan teratasi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016