dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

SIKLUS MENSTRUASI WANITA

SIKLUS MENSTRUASI WANITA. SEBENARNYA BAGIAN MANA DARI TUBUH YANG MENJADI PENGATUR SIKLUS MENSTRUASI WANITA?

Organ yang bertanggung jawab terhadap siklus menstruasi adalah hipofisis. Hipofisis adalah sebuah organ berukuran kecil yang terletak di tengah-tengah otak yang ukuran tidak lebih besar dari sebuah kacang buncis dengan berat hanya setengah gram. Walaupun demikian, sekerat daging kecil ini mampu untuk mengatur siklus menstruasi pada wanita.

BAGAIMANA HIPOFISIS BISA MENGATUR SIKLUS MENSTRUASI WANITA?

Hipofisis yang hanya sebesar kacang ini mengeluarkan hormon yang disebut dengan Hormon Gonadotropin. Hormon ini sangat banyak diproduksi oleh kelenjar hipofisis setelah seseorang memasuki masa perkembangan sekunder (jenis kelamin sekunder). Hormon gonadotropin ini dua macam, yaitu: Luteinizing Hormon dan Folicle Stimulating Hormon. Keluarnya hormon gonadotropin (LH dan FSH) ini dirangsang oleh Gonadotropin Releasing Hormone yang dikeluarkan oleh hipothalamus. Gonadotropin releasing hormon, LH dan FSH adalah tiga hormon yang berperan besar dalam siklus menstruasi. LH dan FSH ini kemudian akan mempengaruhi sel telur di kandung telur untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Singkatnya seperti ini:

Hipothalamus–>GnRH–>Hipofisis –>LH&FSH–>Ovarium–>Estrogen dan Progesteron.

Hormon estrogen-progesteron inilah yang menjadi hormon yang diproduksi paling akhir dan mempunyai peran langsung terhadap siklus menstruasi wanita. FLEX COKLAT DAN GANGGUAN SIKLUS MENS

JADI, SIAPA SIH SEBENARNYA YANG MENGATUR SIKLUS MENSTRUASI WANITA ITU?

Kelima macam hormon tersebut, gonadotropin releasing hormone, LH, FSH, estrogen dan progesteron mempunyai fungsi sendiri-sendiri yang sangat penting yang tidak bisa digantikan oleh hormon lain. Mereka bekerja bersama-sama dalam pengaturan siklus menstruasi wanita.

LALU, JIKA SIKLUS MENSTRUASI WANITA TIDAK NORMAL APA KEMUNGKINAN PENYEBABNYA?

siklus menstruasi wanitaKelima macam hormon ini diproduki oleh tiga tempat, pertama Hipotalamus, Kedua Hipofisis, Ketiga Ovarium. Berdasarkan organnya, maka gangguan siklus menstruasi wanita bisa disebabkan karena adanya gangguan di ketiga organ tersebut. Namun ada penyebab lain yang bukan disebabkan oleh adanya gangguan organ. Penyebab tersebut misalnya; stress berat, sedang menjalani terapi kimia/ kemoterapi, kurang gizi, dll.

BAGAIMANA MENGOBATI GANGGUAN SIKLUS MENSTRUASI WANITA INI?

Pengobatan gangguan ini hanya diberikan jika penyebab dari gangguan menstruasi ini telah jelas. Misalnya adanya tumor/ kista pada indung telur (ovarium), maka tindakannya bisa jadi harus dilakukan pengangkatan kista, jika gangguannya terletak pada hipotalamus atau hipofisis, maka terapinya adalah terapi hormonal pengganti hormonal sebenarnya, dan jika penyebabnya karena stress berat, maka hanya diberikan obat penenang dan terkadang ditambah obat-obatan estrogen-progesteron sintetis.

BACA JUGA:

tidak mens lagi setelah stop kb suntik

perdarahan rahim tidak normal MENSTRUASI MENGGUMPAL DAN TIDAK TERATUR

Loading...

107 Comments

  1. Klo gangguan haid diakibatkan gangguan hipotalamus, apakah masih bisa hamil?

    1. Tergnatung kapan terjadi gangguan tersebut ibu, jika gangguan tersebut timbul sebelum pubertas maka tidak akan bisa hamil, namun jika sesudah pubertas, saat organ seks kelamin sekunder telah terbentuk, bisa dilakukan terapi sulih hormon

  2. klo haid dalam 1 bulan 3 kali itu gmn,umur sy 26 thn,

  3. Dok saya blm menikah dan baru saja selesai menstruasi 5 hari yg lalu. Saya pertama menstruasi tanggal 1 november,lalu darah berhenti keluar tgl 8 nov. Tapi kenapa di hari ke-13 keluar darah lg ya dok?? Warnanya coklat tua dan ada sedikit merah tua. Kira2 itu apa ya? Mengingat saya sebelumnya haid selalu lancar dan tdk pernah selama ini. Trimakasih sebelumnya dokter 🙂

    1. jika baru sekali ini , maka mbak sandra nggak perlu cemas, kemungkinan ini hanya variasi menstruasi saja kok mbak

  4. mlm dok saya sarah mau tanya dok saya hari ini keluar haid lagi tapi masih berupa flek cokelat dan sedikit, biasanya saya dapetnya normal dok ,mohon penjelasannya, oia umur saya 20th dan belum menikah

  5. Dok, Saya indah umur 25 tahun sudah menikah.
    dua hari lalu saya mendapat haid yang tidak biasa. seminggu sebelum periode haid normal saya, keluar flek coklat selama sekitar 3 hari kemudian diikuti dengan darah segar haid selama 2,5 hari. selama itu saya merasakan demam, kram nyeri perut, mual, merasakan sakit sekali bahkan hampir pingsan.
    kira-kira ada masalah apa ya dok?

    1. sudah berapa kali? jika hanya satu kali ini mudah2an gak apa2

      1. baru satu kali sih dok. Memang kalo lebih dari sekali ada indikasi apa dok?
        jadi kalo sekali itu cuma menstruasi normal ya dok?

        1. iya indah, kita anggap itu sebagai variasi menstruasi aja

  6. Dok, saya wanita 23tahun dan baru menikah 3 bulan dan LDR. Saya mau tanya dok. Bulan lalu saya menstruasi tgl 29, namun 2 hari sblm nya saya mengeluarkan bercak coklat seperti biasa sebelum mens dan pada tanggal 28 ny saya sempat berhubungan dgn suami. Hari pertama mens darah yg keluar bnyk sekali hampir 4x ganti namun hari selanjutnya tdk trlalu banyak. Pertengahan bulan ini pada saat mens sdh selesai, saya mengeluarkan bercak hitam namun hanya 3 hari. Dan sekarang pada waktu mens saya, saya mengeluarkan bercak hitam itu lg dok sudah 5hari. Pada hari ketiga bercampur darah walau sedikit. Yg mau saya tanyakan ada apa sbnrnya dgn saya dok ? Normalkah saya mengalami ini? Karena trus trang baru kali ini saya bgni. Apa yg hrus saya lakukan ? Mohon penjelasannya dok. Trims
    Skdr tambahan, memang bulan ini saya lg bnyk pekerjaan bhkan saya jatuh sakit 1 hari karna kcpekan.

    1. Menurut saya, kita anggap siklus ini adalah variasi siklus menstruasi saja jika baru mengalaminya satu kali ini. Namun tetap awasi, jika masih seperti ini lebih > 1minggu atau > 2 kali siklus, ada baiknya segera berobat, namun bisa jadi disebabkan karena faktor fisik

      1. terima kasih dok atas penjelasannya.

  7. Dear doktor,
    aku baru berumur 10 tahun. Pada tanggal 28 November 2012 lalu, aku mengalami menstruasi pertama.
    Nah, besoknya, darah mengalir banyak sampai tanggal 30 November. Namun, waktu malam pada tanggal 30 November, darah yang keluar sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada! Pembalut masih bersih.
    Hari ini, aku merasa aku sudah enggak keluar lagi, tapi tetap pakai pembalut. Malamnya, aku merasa sakit perut, lalu ke kamar mandi untuk mengecek apakah keluar lagi. Ternyata darah yang keluar lebih banyak daripada tanggal 29! Apakah normal jika seperti itu? Tolong bantu aku, dok. Soalnya aku belum tau apa-apa soal mens (kecuali yang ortu kasih tau). Makasih ..

    1. mamanya udah tau belum? normal saja sayang, biasany mens itu berlangsung antara 4-7 hari

      1. Udah tau, dok. Hmm .. makasih buat informasiinya, ya .. aku agak sedikit lega. 🙂

  8. dok saya mau tanya., gini loh dok siklus hed saya biasanya tiap tgl 1. Tp pas bulan kmren udh 1 blan g hed. Dan hed tgl 23, tp pas bulan n0vember tgl 23 g hed, dan hed tgl 1 Desembr itu pun hanya 1 hari. . Pakah saya hamil pdhl sya blum prnh hub sex., pling juga oral . Gmana dok. ?

    1. @derhan, umur derhan berapa sekarang?

      1. skarang 16 thn.

        1. Gak papa kok de, hanya variasi mens saja kok 🙂

    2. bnr y dok g apa’. ? Jd
      sya gk hamil kn dok. ?
      Soalnya sblum hed yg
      1 hari itu saya mendpt
      gjala sperti perut skt,
      mual, dan pusing. Tp saya belum pRnh
      melakukan hubngan
      intim. Gmana dok, ?

  9. bnr y dok g apa’. ? Jd sya gk hamil kn dok. ? Soalnya sblum hed yg 1 hari itu saya mendpt gjala sperti perut skt, mual, dan pusing. Tp saya belum pRnh melakukan hubngan intim. Gmana dok, ?

    1. gak papa kok sayang… udah bilang sama mama belum kalo heidnya sakit?

      1. saya g skt k0k d0k hed nya, trus kira” nanti apakh saya akan hed lagy. ,?

      2. syukur alhmdlilah jd tenang. Maksh y d0k.

  10. syukur alhmdlilah jd tenang. Maksh y d0k.

  11. dok..umur saya 19 tahun..belum menikah,mau tanya siklus haid saya:
    tgl 20-27 nop slesai..lalu pada tgl 7 des keluar darah berwarna cokelat tapi sedikit.. ini baru terjadi slma 3X siklus haid blkgn..
    apakah ada masalah dg darah haid saya??
    trimakasih atas jwabnnya..

    1. ledis baiknya berobat ke dokter SpOG biar diberi obat untuk menghentikan flex coklatnya…

  12. dok saya mau tanya lg, mslh hed saya, saya hed tgl 1 Des tapi tgl 2 tdk, trus tgl 3 hed lagi tgl 4 tdk hed dan tgl 5 hed lgy sampai skarang. Dan saat skarang ini saya skt kpala dan rasanya pusing bngt, ,, kira” kenapa y dok.

    1. itu adalah gejala normal dari wanita yang sedang mengalami siklus mens, nanti juga hilang sendiri seiring dengan berhentinya menstruasi, tapi kalo derhannya udah gak tahan ama sakit kepalanya, baiknya segera makan obat

      1. memang ada hubungannya gitu dok hed dgn skt,
        Pdhl biasanya kalau saya hed g pernah skt kpala, panas dingin, dan skt perut, apalagi skarang susah BAB. .

  13. doktor harry,
    aku anak yang kemarin bertanya soal menstruasi yang masih berumur 10 tahun. Dok, mau nanya, saat menstruasi, mbakku menyuruhku keramas yang banyak supaya darahnya cepat keluar dan menstruasi cpet berhenti. Memangnya apa hubungannya keramas dengan menstruasi? Apa benar?

    1. haha… selama saya sekolah tidak pernah ada satupun dosen saya yg statusnya adalah dokter dan profesor yg menyatakan keramas mempercepat mens

      1. Iya dok .. makanya aku nanya ,, 😀 berarti enggak ada hubungannya ya dok?

        1. kalo dalam dunia kedokteran ya “nggak ada hubungan sama sekli”

  14. ooo iia dok saya mau nanyak .. saya umur 17thn .. saya sering mengalami haid yang tidak teratur saya pernah gg haid selama 2 bulan tapi setelah itu saya kembali haid .. tetapi bulan selanjutnya saya kembali telat dan hanya haid sehari itu pundarahnya cuma setetes, setelah itu keluar seperti flek coklat gtu .. menurut dokter saya kenapa .. terus saran dokter apa .. makasi mohon dijawab ..

    1. menurut saya ada gangguan pada siklus hormonal sukma, ada baiknya sukma konsultasikan hal ini kedokter SpOG untuk memastikan tidak ada gangguan lain di dalam rahim dan peranakan sukma

      1. saya bisa dibilang obesitas sii dok soalnya tinggi saya hanya 150 dan berat saya 70 .. saya pernah baca di internet katanya kalau orang gemuk itu biasa mengalami kayak gtu .. gmn donk dok

        1. benar sekali sukma, namun saya tidak mau bilang jika semua orang gemuk mengalami gangguan siklus sperti yg sukma alami, ada juga kok yang badannya gemuk tapi siklus menstruasinya normal. Saran saya masih sama seperti di komentar saya sebelumnya. 🙂

  15. ok dok … makasih atas sarannya 🙂

    1. sore dok, saya mau tnya umur sya 20 dan blm menikah
      setelah mens selesai dan beberapa hari kenapa ada keluar bercak coklat , sudah 2 hari keluar bercak coklat?
      ada apa ya dok?
      apakah ada penyakit ny?
      tolong jawwab ya dok

      1. di siklus haid sebelum2nya apakah pernah mengalami gangguan seperti ini?

  16. Dokter saya ℳα̇̇̇̊ⓤ tny
    Saya usia 28 th n sudh menikah
    Siklus menstruasi saya 23 hari ∂ª♎ selalu teratur, 2 bln lalu saya haid tgl 26 Okt ŧê®ůş Nov saya haid tgl 18
    Кαƪαυ mnrt perhitungan siklus saya harusnya tgl 10-11 saya haid
    Tp smp skrng saya tidak haid dok
    Bebrp hari belakangan ΐϞΐ saya mengeluarkan flek coklat spt orng ℳα̇̇̇̊ⓤ haid
    Saya pikir saya telat dtng bln ∂ª♎ mencoba test pack tp hasilnya – (atau mngkin terlalu dini Ɣª dok ∂ª♎ juga pengen segra pny anak Нiнiнi °°‎​​​◦°(∩-̮∩) )
    Pertnyaan saya
    Mengapa dok koq saya muncul flek coklat? Apakah Ï七凹 pertanda ℳα̇̇̇̊ⓤ dtngnya haid atau kehamilan?
    Terima kasih sebelumnya

  17. dok saya mw tanya masalah haid saya, gini dok pada bulan Des 2012 tgl 2-7 saya hed,. Nah tapi knapa tgl 27 Des saya hed lagi, sharusnya kn tg 2 januari, knapa th dok. .

    1. gak perlu takut dulu usy, itu hanya variasi menstruasi saja

      1. oh g apa’ y dok, truz d bulan januari saya hed tgl 27 lg y dok, atau gmana tuh dok.

      2. dok mw tny, istri sy umur 33, bln kmrn mens tgl 18-27, sblmny mens timbul flek coklat dl. nah bln ini,stlh 10 hari selesai haid, keluar darah hitam di pembalut dan bsk nya kelur gumpalan darah sprt serabut gtu. yg mw sy tnyakan, apakah cairan hitam tsb? trmksh

  18. Dok mau share saya sudah menikah 3 th dan blm dikaruani momongan dan sangat kepingin sekali,setelah cekup kmren ada kista coklat dan segera operasi lasparokopy awal oktober,setelah operasi dokter kasi suntik GRNH utk bulan oktober saya masih menstruasi,suntik GRNH ke dua bulan desember sampai bulan januari saya ​blm menstruasi,kira2 tunggu sampe kpn mens keluar ya dok ?? Kmrn sudah usg dan alhamdulliah hasilnya bagus..smg cepat dikaruani momongan,amien makasih sebelumya dokter

  19. Maksud suntik GNRH dokter maap salah

  20. dok, Saya Wanita umur 23, saya sudah mempunyai anak satu. dan saya tidak menjalani KB. saya sudah haid akhir desember , dari mulai tanggal 25 – 31 des, siklus mens saya sangat tepat, dan minggu-minggu ini saya sangat kelelahan krena bekerja di dua perusahaan, fisik dan pikiran saya terkuras habis di pekerjaan. nah baru tdi malam saya keluar darah coklat , apakah saya hamil anak kedua atau akibat kecapean? trimaksih ya dok.

    1. @mom dev
      udah tes pack bu?

  21. Dear dokter harry,tolong penjelasannya setelah suntik gnrh pasca operasi lasparakopy..mens normal kembali terhitung dari setelah suntik menunggu brp lama menstruasi bisa berjalan normal kembali,makasih sebelumya atas penjelasan dokter..

  22. Dok,umur sya 22.sya mau tx knp ya mens sya tiap bln tdk tratur.kadang cm mens 1hri sja..darah yg klwar pun tdk lancar .di sebabkan apa???trimz…

  23. Kenapa nyeri pada rahim sebelah Kiri trus aktifitas kencing menigkat keluar flex coklat apakah hamil

  24. Siang dok.
    nama sya tya, umur 20thn.
    Dok saya menstruasi nya merasa janggal karena baru kali ini saya menstruasi berbeda dengan bulan sebelum nya.
    Saya menstruasi 6 hari yg lalu, tpi menstruasi saya tidak lancar, di pembalut hanya sedikit dan darah berwarna merah muda dan sedikit coklat.
    tpi di saat buang air kecil baru segumpalan darah dan darah bnyak keluar, tidak di hari pertama saja, sampai 3 hari seperti itu.
    dikarenakan kenapa iya dok?
    saya takut.
    tolong dijelaskan dok.
    terimakasih.

  25. Siang dok.
    nama saya tya umur 20thun belum menikah.
    bulan ini menstruasi saya berbeda dengan menstruasi sebelumnya.
    Dipembalut saya cuma ada sedikit darah berwarna merah muda dan kecoklat2n.
    Tapi disaat saya buang air kecil, segumpalan darah, dan darah baru keluar banyak.
    Tidak di hari pertama saja, tpi dihari berikutnya pun seperti itu.
    itu disebabkan kenapa iya dok?
    berbahaya tidak?
    saya takut.
    tolong jelaskan dok.
    terima kasih.

  26. dok sya maria umur 19 tahun .. 1bulan yg lalu sya haid selama 7hari .. dan setelah haid sya selalu keluar flek hitam nd kecoklatan itu kenp ya dok ? tolng jawb dok ..

  27. maaf ya sy mau tanya.tgl 4 januari 2013 sy had.terus bln febuari sy blm hait sampai ini.jdi apa ada masah.

  28. dok kalau cwe nelen seperma cwo kira’ bisa hmil gk y

  29. @usy. menurut Usy?

  30. @usy. menurut Usy?

  31. @kiki… umur kiki berapa?

  32. @kiki… umur kiki berapa?

  33. Dok saya berhubungan dengan pacr saya pada mlm hari dia
    memakai pembalut dan clana laging karna dia haid trus saya
    memakai clana dalam truss cma di gesek” kan aja dok trus pas
    pagi e diya ganti pembalut dan msah berdarah, trus sore e
    mash berdarah dok kemudian besok e uda Gªäª haid bersih
    dok apa dia hamil?? Siklus,nya cma 3 hari dok padahal
    biasanya 7hari

    1. mungkin hanya darah menstruasi saja

  34. Dok saya berhubungan dengan pacr saya pada mlm hari dia
    memakai pembalut dan clana laging karna dia haid trus saya
    memakai clana dalam truss cma di gesek” kan aja dok trus pas
    pagi e diya ganti pembalut dan msah berdarah, trus sore e
    mash berdarah dok kemudian besok e uda Gªäª haid bersih
    dok apa dia hamil?? Siklus,nya cma 3 hari dok padahal
    biasanya 7hari

    1. mungkin hanya darah menstruasi saja

  35. Dok, q mau tanya? Knp tgal 26 ga haid, itu knp?

  36. Dok, q mau tanya? Knp tgal 26 ga haid, itu knp?

  37. maaf saya mau bertanya, apakah
    berhubungan badan 3 hari sebelum
    haid dapat menyebabkan
    kehamilan n yg keluar hanya cairan semen aj dok pada saat berhubungan??
    terima kasih, mohon dijawab.

  38. maaf saya mau bertanya, apakah
    berhubungan badan 3 hari sebelum
    haid dapat menyebabkan
    kehamilan n yg keluar hanya cairan semen aj dok pada saat berhubungan??
    terima kasih, mohon dijawab.

  39. dok, mhon penjelasannya..sy berusia 21thn dan memiliki 1 ank.
    Trus sy suntik kb 3 bln selama 2 thn..skrg uda brenti karna ingin punya ank lagi..skarang sudah 10bln brenti suntik kb kok blum hamil jg y dok..siklus haid sy slama 10bln, baru 3bln trakhir normalx..dan sy jg terkena infeksi saluran kemih..apa yg hrus sy lakukan agar sgera hamil dok??? Mhn infox dok y..trims

  40. dok, mhon penjelasannya..sy berusia 21thn dan memiliki 1 ank.
    Trus sy suntik kb 3 bln selama 2 thn..skrg uda brenti karna ingin punya ank lagi..skarang sudah 10bln brenti suntik kb kok blum hamil jg y dok..siklus haid sy slama 10bln, baru 3bln trakhir normalx..dan sy jg terkena infeksi saluran kemih..apa yg hrus sy lakukan agar sgera hamil dok??? Mhn infox dok y..trims

  41. dok say sudah menikah 4tahun belum dikaruniai keturunan, namun akhir2 ini dari january sampai sekarang belum haid(telat) saya merasakan gejala kehamilan namun di tes peck sendiri negatif(menggunakan andalan dan akurat)kenapa ya dok?

  42. dok say sudah menikah 4tahun belum dikaruniai keturunan, namun akhir2 ini dari january sampai sekarang belum haid(telat) saya merasakan gejala kehamilan namun di tes peck sendiri negatif(menggunakan andalan dan akurat)kenapa ya dok?

  43. mlm dok, saya mau tnya .. umur saya 18 thn dan saya bm menikah .. dok saya teratur mengalami menstruasi tdak smpai 28 hari, paling 20 – 23 hari saya sdh menstruasi lg, apakah itu normal dok ??? mohon penjelasannya dok .. saya sebulan bsa 2 kali haid ..

  44. Siang dokter, saya farida, umur13 tahun, saya mau nanya dok, kemarin 5 hari nya gk tau itu menstruasi atau flex, hanya saja warna nya cokelat ke merah-merahan, itu pertanda apa??? Apakah berbahaya??? Dan bagaimana cara mengatasi nya??? Mohon balesan nya ya dokter, terima kasih

  45. Dok ini aq anis umur22 th sudah menikah 1 th belum juga dikasih momongan saya mu tanya dok kenapa ya?bulan ini aq masih datang bulan 7 hari dan udah sembuh 7 hari tiba tiba keluar lagi darah merah ber campur coklat selama 3 hari dan apakah itu tanda kehamilan karna sebelumnya q lancar dan biasa aja?mohon di jelaskan dok terimakasih

  46. Bagi yang mengalami masalah haid yang tidak lancar silakan mengkonsumsi obat pelanuntuk memperlancar haid tidak ada salahnya mengkonsumsi obat pelancar haid,
    yang penting aman dan mengetahui aturan-aturan konsumsinya,
    silakan kunjungi website berikut sebagai referensinya .

    http://www.jualobatpelancarhaidherbal.com/

  47. Jika seseorang yg mengalami penyakit kista lebih dari.1,,dan pengobatan nya tanpa oprasi,apa dia masih bisa di sembuhkan dan masih bisa untuk hamil ???
    Pliase jawaban nya dok

  48. Dok mau tnyk. Umur saya 19thn. Sya men’s tgl 28-3, tgl8 ada flex coklat. Bulan november iya, dsmbr tdk januari iya. Kenapa ya dok?terima kasih

  49. Dok mau tanya, usia saya 22 tahun, saya sudah tdk haid kurang lebih 4 bulan. Tetapi riwayathaid saya memang kadang teratur kadang tidak, kadang maju dan kadang mundur. Sekarang tepatnya kemarin saya haid tp hanya setetes itu hari ini juga setetes. Kenapa ya dok. Saya galau. Jawab ya dok trimksh.

  50. Selamat malam dok saya mau tanya bulan maret kmrn saya mens tanggal 1 dan tanggal 31 bln maret ini saya mens tp hanya ngeflek aja dok.trmksh dok

  51. Dok saya mau tanya pada bulan maret tgl 6 saya menstruasi pd tgl 12 saya selesai menstruasi,tgl 14 saya berhubungan dg suami,tp krna mertua saya bilang jg dlu punya anak saya disuruh kb,tgl 16 maret saya kb suntik,stelah kb 3 hri payudara saya sakit,punggung sakit,sering mual,hitungan bulan ini saya haid tgl 6 udh gk haid,,ya blom priksa dok…tp td pagi tgl 19 april saya mengalami pendarahan yg bnyak,dan bagian perut bawah saya sakit sekali seperti ditusuk” ,,kenapa ya dok,dan solusi nya gimana

  52. dok kok saya telat haid sudah 39 hari bulan kemaren haid tangga 27 bulan april smpk bulan juni tnggal 5 ini belom haid kembali kira” kenapa ya dok ?terakhir berhubngan tubuj bulan april

  53. dok mw tny, istri sy umur 33, bln kmrn mens tgl 18-27, sblmny mens timbul flek coklat dl. nah bln ini,stlh 10 hari selesai haid, keluar darah hitam di pembalut dan bsk nya kelur gumpalan darah sprt serabut gtu. yg mw sy tnyakan, apakah cairan hitam tsb? trmksh

  54. malam dok saya siti umur ku 13 thn saya baru mendapat haid pertama sekali tanggal 21 oktober apakah bulan ini akan sama tanggal jatuh nya haid pertama itu??

  55. siang dok..awal bulan kemarin haid 2 hari lansung berhenti itu kenapa ya dok…??and dh 2 hari nih datang lagi haid nya tapi dikit” aja dok warna merah gelap gituh seperti warna hitam gituh..

Comments are closed.

dokterharry © 2016 dokterharry.com