dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

PEMIMPIN DAN KEPEMIMPINAN

Pemimpin adalah orang yg memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang/sekelompok orang lain, tanpa mengindahkan bentuk alasannya, (hamhiel dan coons). Menurut beberapa penulis, kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi.

Ada tiga teori yang menyebut asal pemimpin, yaitu teori genetik, teori sosial dan teori ekologis. Kurt Lewin menyebutkan bahwa ada tiga tipe kepemimpinan; Otokratis, Demokratis, dan Laissezfair. Pemimpin mempunyai banyak, tetapi peran terbesar dari seorang pemimpin adalah sebagai pembangun hubungan antar perorangan, penyebar informasi, pembuat keputusan (decision maker), manajer dan negosiator.

Pemimpin harus memiliki banyak karakteristik misalnya; mempunyai prinsip melayani dan memberikan yang terbaik, selalu membawa energi yang positif dan semangat kepada semua bawahannya. Memelihara motivasi dan mempertahankan kepercayaan terhadap staf bawahannya. Berorientasi pada prinsip kemanusiaan. Selain itu, seorang pemimpin selalu melihat hambatan sebagai tantangan yang harus dihadapi dan yang terpenting adalah seorang pemimpin tidak pernah berhenti mengembangkan dirinya, selalui memperbarui diri sendiri baik itu secara formal maupun informal.

Kepemimpinan dan manajemen seringkali disamakan pengertiannya oleh banyak orang padahal diantara keduanya terdapat perbedaan yang penting untuk dipahami. Kepemimpinan bisa dilakukan dan terjadi di dalam dan di luar organisasi, sedangkan manajemen merupakan kepemimpinan yang dibatasi oleh birokrasi organisasi. Seorang manajer merupakan pimpinan secara struktural di suatu perusahaan atau organisasi. Pemimpin adalah orang yang menentukan ke mana arah bisnis dan arah tujuan organisasi.

Baca Juga:

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016