TELINGA TERASA NYERI

Dok, saya mau cerita..
Skrg umur saya 22th, waktu saya msh kecil telinga kiri saya kemasukan air, katanya sempet hampir ga bisa denger.. Tapi alhmdllh saya ngerasanya masih normal2 aja dok, soalnya ngga pernah keluar cairan atau apapun dari telinga..  Tapi, kalo saya ngedenger itu kadang2 suka kaya yg conge gitu dok, ngga kdengeran jelas klo org ngomong.. Selain itu, telinganya suka tiba2 nyeri klo pergi2an jauh, dan 1 taun terakhir ini sakitnya makin parah.. Nah, tgl 25Mei2012 kmrn, telinga saya tiba2 nyeri hebat pas lagi tidur, disusul keluar darah yg lumayan bnyak, tapi berupa tetesan2, pdhl ngga saya korek2 ataupun kemasukan air sbelumnya, cuman memang saya lgi flu waktu itu.. Lgsg diperiksa k UGD bag.THT, diagnosanya itu bisul pecah katanya dok, dan saya dikasih obat /oral aja.. Sampai kurang lebih 3minggu kmaren alhmdllh ga ada darah atau cairan yg kluar, tapi nyerinya tetep masih ada dok, terutama stiap saya mau bersendawa.. Hari kamis kmrn tgl 21Juni, saya periksa k THT, dan diagnosanya infeksi katanya dok.. Saya dikasih obat /oral sama tetes.. Selama 2 hari ini keadaannya blm membaik dok, malah nyerinya itu makin sering kerasa dan semalam kerasa panas daerah telinga kiri..
Begitu ceritanya dok, saya bingung apa yg harus ditanyain.. Intinya yg ingin saya tau itu dok, sebenernya telinga saya ini kenapa ya? 🙁
Maaf ya dok, ceritanya terlalu panjang..
Sebelumnya terimakasih, saya harap dokter bisa bantu saya..

telinga terasa nyeri

Terima kasih ibu.

Mengenai sakit masa kecil ibu, menurut saya penyakit kali ini berbeda dengan penyakit yang ibu derita dulu. Ini yang terjadi pada telinga ibu, kemungkinan terjadi infeksi pada telinga ibu, tetapi infeksinya tidak mencapai gendang telinga. Penyakit ibu dalam dunia kedokteran disebut Otitis eksterna atau infeksi yang terjadi pada telinga bagian luar. Demam, nyeri dan keluarnya darah adalah suatu ciri terjadinya proses infeksi tersebut, akibatnya, gelombang suara yang masuk pun menjadi terhalang. Pengobatannya adalah dengan memakan obat anti nyeri dan antibiotik, tetapi apabila tidak ada perubahan, sebaiknya infeksi yang telah menjadi bisul itu dipecahkan dan dikeluarkan nanahnya untuk mempercepat proses penyembuhan.

Kode ICD: H.60 Otitis externa

Loading...

80 Komentar

  1. Dok.. Saya mau tanya mengenai anak saya yg berumur 4tahun.. Anak saaya merasa sakit pada telinga kanannya.. Sering nangis karena telinga sakit apalagi kalau buat makan atau ketawaa.. Mohon dijelaskan dok.. Terimakasih

    • coba periksa telinga ibu, bisa jadi karena banyak kotoran telinga yang melekat di dalamnya, atau bisa juga karena kemasukan hewan dan bisa juga karena ada proses infeksi di dalam telinganya (terutama pada anak yang ada batuk-pilek sebelumnya)

      • Dok , saya mau tanya , kuping sebelah kanan saya , belakangan ini suka tiba” ngilu .. trus saya sempet mimisan .. itu knp ya ?

  2. Dok Harry,

    Tambahan utk :

    1. Org dewasa yg punya masalah telinga, saya sarankan agar pemeriksaan secara rutin sampai tau persis penyakit yg diderita dan pengobatannya (jgn hanya skali dua kali kalo blm sembuh).

    2. Utk anak2 yg sering nangis karena telinga sakit. Anak saya 7 thn dulu sering mengalami hal yg sama, lalu saya cek dokter. Kata dokter anak ini nangis kesakitan karena ada kotoran yg mengeras di telinganya (seperti jawaban dr Harry kpd seorang Ibu penanya). Dokter saya tersebut meresepkan satu cairan yg diteteskan 3 kali sehari utk melunakan kotoran dan berhasil. Sekali kasih 4 tetes didiamkan beberapa menit lalu dikeluarkan dan 1-2 hari telinga anak dah bersih. Saat ini setiap kali nangis, saya liat pakai senter, begitu ada kotoran saya langsung tetes dan anak nyaman rasanya.

    Oh iya utk informasi di RSCM, biaya administrasi kontrol telinga Rp. 65.000/datang plus kalo perlu pake alat yg ada cctv Rp. 90.000 – Rp.100.000 . Semua di luar obat ya

    Salam Care
    Kasmir

  3. Siang dok, saya mau nanya .
    Baru 3hari ini kuping sebelah kanan saya nyeri banget tp itu kadang2 .
    Awalnya pas saya lg kena flu, saya kira ini masa pnyembuhan flu, tp ko smpe skrg nyerinya gak ilang2 ya ? Udah gtu saya kalo mendengar jd kurang jelas, itu knpa ya dok ?

    Makasi

    • sore dok , dok mau tanya, telinga saya sakit saat saya sentuh malah sangat sakit, dan sakitnya menjalar ke sekitar telinga saya, bahkan saat saya mengunyah, bersendawa dan senyum lebar telinga saya malah terasa sakit, tpi telinga saya tidak mengeluarkan apapun dan jika saya sendawa atau senyum lebar ada suara “greeg-greeg”, mohon solusinya dok, trimakasih

  4. Dok , saya mau tanya , kuping sebelah kanan saya , belakangan ini suka tiba” ngilu .. trus saya sempet mimisan .. itu knp ya ?

  5. dok, saya mau tanya telinga kiri saya jika di senggol atau di pegang terasa sakit tapi tdk keluar darah atau apapun, itu kenapa ya? trus cara mengobatinya bagaimana?
    mohon bantuannya.
    terimakasih

  6. dok, saya mau tanya : kuping saya kadang nyeri tiba2 langsung ilang gx berapa lama nyeri lagi…begitu dan seterusnya dok…itu kenapa ya dok?..mohon bantuannya..trims..

  7. dok, sekitar 6hari yang lalu telinga kiri saya seperti kemasukan “mungkin” semut, dan setelah saya korek pke cotton bad ternyata berdarah, saya tdk tau darah itu krna semut itu atau cottonbad, saya periksa ke puskesmas ktanya hanya iritasi dan diberi obat tetes dan penghilang rasa nyeri, memang darahnya berhenti saat itu jg, rasa nyeri nya jg tdk terasa lagi, tp sampai sekarang telinga kiri saya masih suka geLi, itu kenapa ya dok? apa mungkin semut itu mmasih ada ditelinga saya selama 6hari? atau efek darang kering yg sedang mengelupas?
    atau apa y dok???
    trmakasih

    • geli itu bukan karena ada semutnya ibu, namun karena ada proses penyembuhan luka di dalam telinga. sama halnya saat kita mengalami luka lecet, selama proses penyembuhan (kurang lebih 7 hari) kita akan merasakan geli dan gatal di sekitar luka yang merangsang jari kita untuk menggaruk pinggir-pinggir luka. namun ini normal kok,.
      saran, jangan lagi pake cotton bud untuk membersihkan telinga, namun pakailah “flaslight earpick” yg lebih aman dan semut di dalam telinga pun bisa kelihatan tanpa kita perlu “membabi buta” membersihkan telinga

  8. Dok,, saya ingin bertanya telingga kiri saya kemarin tiba2 sakit,
    nah stiap saya menelan makanan apapun terasa sakit ditelingga .dan disaat saya diam telingga saya nyeri trus hilang trus nyeri lagi. . Kira2 knapa ya dok?

  9. sore dok saya mau tanya, saya sering mengalami sakit pada telinga saya dan itu bergantian, nyeri di ikuti agak gatal tp kuping sering saya bersihkan dok, kira-kira itu kenapa ya dok ? apa karena saya sering terima telpon ? apakah ada pengaruh,a terhadap telinga saya dok ? karena saya memang berkerja sebagai call center travel.
    mohon penjelasan,a dok. terimakasih 🙂

  10. dok umurku 22thn, sejak saya lepas gigi kawat. telingaku sebelah kanan n rahang saya sakiit bgts donk.?gimn yah cara untuk menyembuhkan. dan saya pernah periksa ktnya dokter gigi hanya infeksi aja. udh minum obtnya, tapi kenapa masih sakiit yah dok..

  11. malam dok…dok mau bertanya,
    istri say,kuping yg sebelah kirinya keluar kotoran warna kuning kemerah merahan&untuk rasanya sangan nyeri di sekitar telinga,di pegangpun jg sakit…sampai nyerinya menjalar ke kepala,apakah bisa jadi kasusnya seperti postingan di atas dok??
    atau ada penyebab lain?
    sudah saya tetesi otolin dlm 2hri ini tapi belum kunjung membaik nyerinya,selain periksa adakah obat lain yg bs dokter sarankan?terimakasih… 🙂

  12. Siang dok, telinga anak saya umur 5 thn sudah 5 hari ini terasa sakit katanya apalagi kalau disenggol, sudah saya periksa mmg ada kotorannya lalu saya bersihkan dgn obat tetes dari apotik yg diracik dgn larutan H2O, mmg kotorannya keluar, tapi anak saya masih bilang sakit. Bagaimanakah mengatasinya dok, sementara anak saya takut dibawa ke dokter. Terimakasih dokter.

    • @dorla
      selamat siang juga ibu dorla
      telinga masih sakit itu tandanya masih ada kotoran yang menempel di sana ibu. terkadang pengobatannya tidak cukup dengan tetesan h2o saja. Cara mengatasinya adalah dengan membawa anak ibu ke dokter. Memang benar anak ibu takut dibawa ke dokter, tapi itu bukan berarti ibu takut membawa anak ibu yang takut dokter dibawa ke praktek dokter kan?

  13. siang dok,saya ade umur 19 tahun,pada suatu ketika telinga saya seperti ada air didalamnya dan terasa penuh. saya berusaha mengeluarkan air tersebut tapi tetap gak keluar2,sepertinya bukan kemasukan air biasa deh dok,suatu ketika karena penasaran dan terasa tidak nyaman saya korek dengan katenbat,eh malah berdarah dan kesokan harinya menjadi luka dan bernanah,teling saya. ketika saya sentuh daun telinga saya nyeri sekali dok,,dan klo malam kadang kadang keluar cairan bening dok gak berbau.kira kira telinga saya kenapa yah dok,,terus untuk menyembuhkan telinga saya gimana dok?
    selamat siang dok,dan terima kasih atas waktunya.

    • @ade
      yahhhh…ade, itulah akibatnya… ada baiknya ade segera berobat ke dokter tht, karena nanah dan darah di dalam liang telinga harus segera dikeluarkan sebelum terjadi infeksi yang lebih berat lagi, dan jangan ulangi lagi mengorek telinga menggunakan cutton bud

  14. siang dok, saya pria 33 thn, telinga saya yang sebelah kiri terasa sangat nyeri pada bagian tulang daun telinga bagian luar, saya sampai demam dan sekarang ini malah pusing.. saya kenapa dok?

  15. slamat malam dokter, 2 hari lalu saya berselancar ( di atas ombak) tiba tiba saya jatuh dan ombak menghempas telinga kiri saya, setela itu saya pusing dan air banyak di telinga saya. ke esokan harinya say bangun pagi air bercampur darah kluar dari telinga saya dan saya panik dan saya langsung k dokter.

    setelah saya k dokter saya d cek dan dokter bilang gendang telinga saya robek. tapi dokter tdk mau menyedot air yg masih saya rasakan di dalam dan hanya di beri obat.

    pertanyaan saya . apakah bisa bekas robek gendang telinga say bisa sembuh kembali normal?? mengingat saya adalah DJ.

    perlu dokter k tahui di waktu malam atau sepi, tlinga saya kdengaran ‘innnnnnnnnnngg’ ato kadang2 kedengaran seperti angin kencang

    terimah kasih dokter,

  16. Dok saya mau tanya,
    Saya seorang ibu berumur 32 tahun
    Sudah hampir seminggu ini telinga kanan saya suka ngilu tiba-tiba.Rasanya kaya ditusuk.Trus tulang telinga sampe kepala kanan belakang jg kalau dipegang kaya klo badan ada yg biru kita pegang..
    Mohon diagnosanya kira2 saya sakit apa?Apa saya harus ke THT?
    Terima kasih atas jawabannya

    Mutia

  17. tenang aja pakkk, bisa sembuh kok asalkan berobat dan kontrol teratur, innnnnnnnnnngggg itu adalah dengungan karena telinga bapak belum sembuh, hindari mendengar suara-suara terlalu keras dulu ya

  18. Dok, saya cewek berumur 25, sejak 2 hari yg lalu daun telinga saya terasa ngilu, tp sekarang ngilu di daun telinga sdh hilang tp pindah dibagian belakang telinga, rasanya kayak migran dok, mohon diagnosanya dok kira2 saya sakit apa

    ami

  19. dok saya mw tny .. papa saya umur 48thn sering menggunakan hp genggam … papa saya sering merasakan sakit di telinga bagian dalam ketika meneri telephone … ada kemungkinan papa saya terkena raidasi hp … adakah penanganan untuk papa saya ? thx

  20. dok,baru aja saya bersin,rasanya relinga kanan saya ada yang meledak,tapi juga nggak keluar apa dari dalam telinga.habis itu telinga saya berasa brebek dok.ada apa ya dok dngan telinga saya?saya memang lagi flu,apa itu hak biasa?

  21. mw tanya ne dok,saya sering kali merasa gatal di telinga saya ,pas sy korek eh malah keluar cairan yha seperti conge gtu ,.

    apakah gendang telingan nya sudah pecah?
    dok gmn mengatasi ny??

  22. misi.. mo tanya knapa ya telinga saya suka mengeluarkan air dah lama bgt skitar 3bulan truss bgitu.. bgaimana ya mengantisipasinya.. tpi tnpa hrus wjib ke dokter khusus THT .. trims

  23. Dok,,,, 2 hari yang lalu saya membersihkan telinga saya tapi terlalu dalam smpek2 nyeri bgt.saya diemin sakitnya karena saya pikir bakalan smbuh.terus hari berikutnya telinga saya berdengung+kpla pusing seperti kmasukan air, trs saya tetesin air biar air didalam keluar.tpi malah sebaliknya airnya ga bisa keluar.memurut dokter itu gejala apa? dan gmna penangananya?

  24. siang dok.. saya mau tanya… kenapa ya telinga saya nyeri banget kalo lagi telepon.. apa karna saya sering telponan sama pacar saya sampai berjam jam tiap hari ya? karna pacar saya jauh.. hehe.. udah hampir 6 tahun saya rutin telponan.. tapi udah beberapa bulan ini kami kurangi intensitas telponnya dan skr kami kalo telpon pakai loudspeaker aja ..ngga ditempelkan ke telinga langsung….saya takut banget sama berita berita tentang kanker otak karena radiasi handphone.. mohon infonya dok… tmksh

    • :), jangan salah loh mbak sri, jika bener mbak kena kanker otak, bukan nyeri telinga yang dirasakan, tapi nyeri kepala, kan otak adanya di kepala… mengenai nyeri telinganya, bisa jadi karena infeksi lokal aja, pake headset sebenarnya cukup aman untuk menghindari radiasi handphone, terima kasih

  25. Dok, saya wanita berumur 18 tahun. 2-3 tahun ini apabila tidur menyamping dalam waktu lama, telinga saya pasti memerah sakit. Kenapa ya dok? Apa berbahaya? Terima kasih.

  26. dok kuping telinga saya belakangan ini sakit,sehinggal jika saya ngomong kedengeran oleh saya besar tapi oleh yang lain kecil agak berdengung juga dok itu knp ya?

  27. Dok… saya mau berkonsultasi nih, mungkin karena kebiasaan buruk saya untuk memakai cotton bud jd akhirnya membuat telinga saya sakit. Efeknya, untuk megang telinga atau tidurpun terganggu karena terasa sakit.
    lalu saya coba pakai obat tetes telinga OTOLIN.
    Pertanyaannya, berapa lama sih obat tetes itu didiamkan di dalam telinga? Mohon petunjuk…
    Makasih banyak y dok..

  28. Dear Dok Harry,
    Telinga saya sesekali suka ngilu sampai migran (ngingggg,kayak kalau lg denger suara speaker yg kedeketan ama mikropon),durasinya hanya sebentar saja sekitar 3-5 detik. Rasa sakitnya terasa d telinga bag.kanan hingga kepala bagian kanan. Mohon infonya dok, itu kemungkinan kenapa ya?

  29. Dok, jd begini..
    saya kmrn abs maen bola.. dan ga sengaja bola kemudian mengenai telinga saya, pda saat trkena bola itu lgsg berbunyi iinnnnngggg kmudian telinga sya yg kiri menjadi tdk bs mndengar scra baik.. kyk di sumpelin earphone gt.. solusinya dok

  30. Dok saya uci umur 22thun. Seminggu yg lalu saya tdur posisi telinga kiri dbwah, bangun”nya malah pendengaran saya berkurang, kayak ad kotoranny gtu.. saya bersiin pake cutton bat tteep.. uda beli obat ttes tlinga jga ttep.. gmna dong dok?

    • iya dok, saya juga. pas bangun kayak tersumbat gitu. trus suka bunyi ‘klik’ gitu. kalo sendawa juga terasa sakit. kenapa ya dok?

  31. Dok anak saya 3 tahun telinganya sering sakit hampir 2 minggu ini, saya sudah ke THT namun kata dokternya tidak ada apa2 di telingganya, obat pun sudah habis sudah kontrol kembali,namun kata dokternya tidak ada apa2,gendang telingganya pun bagus/baik2 saja, kira2 apa penyebabnya dok ? Anak saya masih sering mengeluh sakit!

  32. Maaf dok mau tanya, ibu saya umur 50 tahun, telinga bagian kanan terasa nyeri sakit dan kepala juga ikutan sakit kalau di pegang, solusinya bagaimana ya dok ?

  33. dok saya mau taya dok, telinga saya rasaya sakit bgt dok jika saya sedang mnguyah makanan dan menelan makanan dok tapi jika g lagi nguyah makanan atau nelan makanan dormal dok, itu sakit apa yach dok

  34. Dok saya seminggu yg lalu sakit telinga sebelah kiri bserta pilek trus sakitnya tuh sakit banget jadi org tua saya bawa sya ke dokter umum katanya infeksi telinga tru dikasih lah obat obatan trus setelah seminggu sakit saya gak ilang malah pindah ke kanan yg telinga kiri gak sakit cuman kayak tertutup gitu itu kenapa ya dok

  35. Pagi dok..saya mau tanya. Ada benjolan kecil di deket daun telinga di bawah tulang pelipis saya dan kalau disentuh sakit. Itu kenapa ya dok?
    Sama satu lagi dok…saya dari kecil sudah sering mimisan. Awalnya waktu periksa ke tht iti gak masalah di usia anak anak dan nanti akan berhenti sendiri ketika mulai remaja. Nah, dokter..sekarang saya sudah kuliah semester satu tapi masih sering mimisan. Itu kirakira kenapa ya dok? Makasih banyak dok…

  36. sore dok, nama saya agus , mau tanya dok , telinga saya sakit, saat telinga saya disentuh terasa sakit dan sakitnya menjalar ke area telinga, bahkan saat mengunyah makanan, bersendawa, dan senyum lebar telinga saya ikut sakit, kadang2 saat tersenum atau mengunyah ada suara “greeg-greeg” ditelinga, tetapi telinga saya tidak mengeluarkan air atau apapun, tpi rasanya ada air atau sesuatu cairan yang memenuhi telinga saya, kira2 saya bisa sembuh berapa hari dan bagaimana saya bisa sembuh (selain ke THT ) ?
    mohon solusinya dok . soalnya saya pengen banget bisa tertawa dan geleng2 dok. trimakasih

  37. sore dok, nama saya agus , mau tanya dok , telinga saya sakit, saat telinga saya disentuh terasa sakit dan sakitnya menjalar ke area telinga, bahkan saat mengunyah makanan, bersendawa, dan senyum lebar telinga saya ikut sakit, kadang2 saat tersenum atau mengunyah ada suara “greeg-greeg” ditelinga, tetapi telinga saya tidak mengeluarkan air atau apapun, tpi rasanya ada air atau sesuatu cairan yang memenuhi telinga saya, kira2 saya bisa sembuh berapa hari dan bagaimana saya bisa sembuh (selain ke THT ) ?
    mohon solusinya dok . soalnya saya pengen banget bisa tertawa dan geleng2 dok. trimakasih

  38. Dokk dea mau tanya,kemarin saya nangis jd hidung terasa nyumbat jd saya tarik cairan yg ada dihidung lalu kuping saya terasa penuh dan malamnya kuping saya nyeri sampai ke gusi tolong dok penjelasan nya dea agak takut kalo soal kuping

  39. dok kenapa ya telinga saya ketika bangun tidur sakit tapi gak terlalu lama nah setelah itu sekarang malem agak sakit iru kenapa ya ?

  40. dok . saya mau tanya . kuping saya tiba tiba terasa sakit sekali. berawal dari saya tidur memakai headset . keesokan harinya tiba tiba terdapat benjolan kecil d dalam telinga d dekat gendang telinga. terasa sakit dan nyeri sekali . apalagi saat d sentuh. saya jd takut . itu apa dok. dan bagaimana solusinya ?

  41. Selamat sore dok ..
    Sy mau tanya ..
    Daun telinga saya tulang nya sakit dan dalamnya juga .. udh hampirr 1 bulan sakit . Kalo nguap aja sakit telinga ku ..
    Itu knpa ya dok .. kalo di pegang tulang sakiiiit bgt . Kalo mau bersihin dimasukin cuttom bad sakit bgt .

  42. Dok saya mau nanya…telinga sebelah kanan saya kadang” terasa sakit dan tidak bisa mendengar..tapi setelah lama kemudian rasa sakitnya hilang.
    Tolong penjelasannya dok.
    Terima kasih.

  43. dok. telinga bagian kanan saya nyeri dari dua hari yang lalu. kadang nyeri kadang nggak. kalo nyeri pas lagii tertawa,makan, sama tidur miring hingga saya tidak bisa tidur. itu kenapa ya dok, tolong beri penjelasan dan solusi nya ! terima kasih

  44. Dok, kenapa ya telinga kiri terasa sakit saat disentuh, rahang kiri bawah telinga juga sakit, pangkal leher bagian bawah telinga bahkan
    untuk membuka mulut/gigi sebelah kiri terasa sakit, telinga terasa ditusuk2 secara tiba2 dan yang terakhir dengungan di telinga berirama dengan detak jantung saya dok. Itu berawal dari telinga saya yg gatal2 terus, saya garuk2 atau kucek2. Mohon solusinya dok, dan obat apa yg harus saya beli.

  45. Dok, sdh 2 hari ini daun telinga kanan saya terasa nyeri seperti ditusuk2, tp kadang nyeri di daun telinga hilang tp pindah dikepala bagian belakang telinga, mohon dok kira2 saya sakit apa. terima kasih

  46. Dok saya 13 tahun saya mau nanya kenapa telinga kiri saya berdengung terus sudah 4 bulan? Emang saya belum pernah ke dokter tht dan karena saya kesal sekali pada saat itu saya memasukan air ke telinga saya bisa jadi kemsukan serangga dana saya keluarkan lagi. Ga tau airnya keluar gatau ga dok apakah ini berbahaya? Apakah jika telinga saya kemasukan air dan saya biarkan akan berakibat fatal di masa mendatang? Mohon jawabannya dok, sebelumnya terimakasih.

  47. dok, saya mau tanya. umur saya 22 tahun, beberapa hari yg lalu saya mengalami flu dan pilek yang cukup menganggu sehingga saya harus mengeluarkan ingus dengan keras dari hidung. tetapi telinga kiri saya kok justru sekarang sakit ya? seperti terasa berdengung dan terkadang nyeri. jadi semacam ada perbedaan suara yang saya dengar. apakah itu berbahaya dok? dan bagaimana cara mengatasinya ya dok?
    mohon infonya ya dok, terimakasih sebelumnya….

Komentar ditutup.