TELINGA MENGELUARKAN CAIRAN

Chipi

Pertanyaan:

dok….anak sy berumur 1,2 tahun, telinga anak saya 3 bulan ini mengeluarkan cairan…tapi g terus2an…biasa 2 hari kluar trus 3-4 hari sembuh trus kluar lagi…sembuh lagi..pas kmrn dibawa k dokter katanya infeksi n gendang telinganya udah robek…kira2 bisa g disembuhkan dok…trus nanti berpengaruh g sama pendengarannya? apakah ada cara lain selain operasi untuk memulihkan gendang telinganya?tolong petunjuknya y dok…

terima kasih ibu, berdasarkan pengalaman saya, telinga anak ibu telah mengalami kerusakan terutama di telinga bagian dalam, cairan tersebut menunjukkan adanya proses yang terus menerus di dalam telinga. Penyebabnya adalah infeksi, infeksi ini bukan hanya merusak gendang telinga, tetapi juga akan menghancurkan tulang-tulang pendengaran. Apabila dibiarkan, maka telinga anak ibu yang rusak itu tidak akan dapat digunakan untuk mendengar lagi. Biasanya dokter THT akan mencoba memberikan terapi obat-obatan terlebih dahulu, tetapi jika terapi obat-obatan gagal maka dokter menyarankan untuk dilakukan operasi yang tujuannya memberbaiki gendang telinga dan mencegah kerusakan lebih lanjut di dalam rongga telinga.

2191_ear_anatomy_450

Loading...

24 Komentar

  1. Dok mau tanya,
    Telinga saya udah dua hari ini sakit,trus mengeluarkan cairan tapi tdk bau.
    Itu kenapa yah dan harus melakukan tindakan apa dok saya..?
    Terimakasih..

  2. Dok mau nanya,
    telinga kanan saya dulu conge’an tapi sekarang ngak, yang jadi masalah sekarang telinga saya kurang mendengar dengan skala bunyi yg kecil itu kenapa yah dok?

    • pada tuli konduktif, persarafan masih bagus, namun terjadi gangguan pada liang, gendang ataupun tulang, bisa disembuhkan namun, keberhasilannya sangat tergantung dari tempat yang mengalami kerusakan

  3. dok q mau tanya ibu q telinganya keluar cairan tp telinganya ndak sakit n cairan yg keluar ndak bau udah diperiksa ke tht tp tetap tdk sembuh n dokternya pun tdk menyuruh ibu u/ kembali jika tetap tdk sembuh q sebagai anaknya kasihan obat apa yg hrs q kasi buat ibu q n saat ini hidungnya pilek kayak yg sumpet gitu tlong q y dok. ini no hp q 087757741399

    • dokter bukan tidak menyuruh kembali, namun dokter mengira ibu anda telah sembuh karena sudah diberi antibiotik, ada baiknya ajak lagi ibu anda ke dokter tht dan beritahu jiak terapi yang diberi kemarin tidak memberikan efek yg memuaskan, Biasanya dokter akan memberikan antibiotik yang berbeda atau menaikkan dosis obat antibiotiknya

  4. siang dok,
    liang telinga,gendang telinga,tulang telinga aku normal semua waktu aku periksa di tht tapi persarafannya yang tidak bagus bilang dokter tht, apa susah di sembuhkan apabila sarafnya yang rusak dok?

    • sore arie, menurut dokter thtnya sendiri gimana? memang betul arie, jika kerusakan tersebut telah sampai ke saraf, akan sangat sulit menyembuhkannya, karena sampai sekarang belum pernah ada dokter dan memang belum ada obat untuk bisa memulihkan apalagi membentuk kembali jaringan saraf yg rusak

    • maksudnya, dokter hanya mengobati kemungkinan penyebab lain dari gangguan telinga bapak, dalam hal ini gangguan pada daerah hidung dan saluran tuba eustachius

  5. dok, ada masalah nih kan saya lagi ngorek telinga pakai catton bud gak sengaja kakak saya menyenggol saya yg lagi ngorek telinga dan pertama saya kesakitan dan diliat telinga saya berdarah . . ! Tapi tak cuman sakit sebentar . ! Pas 1 minggu telinga kiri yg berdarah gak sengaja kemasukan air dan skarang telinga saya sakit terasa berdengung dan keluar cairan putih . ! Udh di periksa ke dok THT dan dikasih obat tetes otopraf apakah kah obat ini bisa menghentikan cairan yg keluar saya ragu utk menggunakannya . . ?

  6. selamat pagi dok
    saya mau tanya nih dok, telinga saya dua-duanya sudah lama pecah dan sering berair,, tapi selama saya rajin periksa sudah tidak kluar lagi, udah 2 tahun saya slalu rajin berobat k tht 3 minggu skali, baru kemarin saya periksa penyebabnya telinga saya sangat getel banget dok saya periksa k tht sama dokternya d semprot di bersihin katanya sudah kering, saya di ksh obat seperti biasa radang dan antibiotik, tapi masih tetap gatel banget dok dan ga sampe seminggu saya periksa telinga saya berair lagi,,, mohon bantuannya dokk itu kenapa yah? apa saya harus kembali periksa lagi terima kasih….

  7. Dok telinga saya sudah sejak kamis (14/2/13) mengeluarkan cairan tdk berbau. Terkadang aga ke kuningan, terkadang aga bernanah wlw jumlahnnya tidak banyak tapi beberapa menit jika saya berbaring keluar cairan tersebut. Dikarnakan pengunaan cuttonbud terlalu keras, Saya sudah ke dokter THT senin kemarin ϑάπ D̶̲̥̅̊i kasih obat tetes, antibiotik ϑάπ obat radang, kata dokter gendang telingannya robek kecil. Posisi tidur Чªήğ baik bagaimana dok ? Dibiarkan cairan itu keluar atau tidur belawanan arah dari telinga Ɣƍ sàkіτ. Agar cepat kering. Karna kondisi ini sunguh sangat tidak nyaman. ϑάπ saat ini pun saya sedang hamil 6bln, apakah berbahaya untuk janin saya, ϑάπ ϐι̇śα kan saya melahirkan secara normal ? Sebelumnnya saya belum pernah mengalami hal tersebut, mohon bantuannya, terimakasih.

  8. Dok…..Anak saya telinganya berair trus pda saat periksa uda dberi obat….Memang gk mengalir lg tp klu dliat msh ada sdikit didalam cairan…..Kt dokter yg periksa krn batuk n flu yg lama…..Apa tidak berbahaya nntnya dok?????
    Bagaimana pendengaranya dok????

  9. Dok…..Anak saya telinganya berair trus pda saat periksa uda dberi obat….Memang gk mengalir lg tp klu dliat msh ada sdikit didalam cairan…..Kt dokter yg periksa krn batuk n flu yg lama…..Apa tidak berbahaya nntnya dok?????
    Bagaimana pendengaranya dok????

  10. Dok sy meli.. Anak sy umur 2thun lebih punya daging tumbuh di telinga tp tdk dekat gendnag telinga krn sy dah pernah cityscan jauh dr gendnag telinga hanya saja cairan kuning keluar dr telinga udah periksa ke tht tetap tdk sembuh dr dokter anjurkan tutul oboltyl tp tetap jg tdk ilang malah tambah besar dagingnya.. Apa solusinya ya dok

  11. Dok saya mau tanya, telinga saya waktu kecil pernah tertusuk cotton bud sampe keluar nanah tp alhamdulillah sembuh sendiri tanpa adanya gangguan pendengaran, skrg usia saya 19 thn 1 minggu yg lalu sya merasakan telinga saya seperti ada yg menghalangi lalu saya korek2 pake cottonbud skrg telinga saya sakit kalo tidur jga sakit sampe mengeluarkan seperti air tp gk bau. D pegang jga sakit. Kira2 knp ya dok?

  12. Dok sy fera mau nanya..
    Kuping kanan sy beberapa hr ini mengeluarkan cairan putih kayak air tp lama lama Jd cairan th kering di dinding telinga nd skrg kuping kiri sy sama seperti kuping kanan dok..
    Apakah krn kemasukan air pas wkt mandi atau ini sakit dok ?
    Mohon penJelasan nya..Terima kasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*