GENDANG TELINGA TERTUSUK COTTON BUD

cotton bud Dok saya mau tanya, anak saya usia 33bln kmrin telinganya dibershin pake cotton buds tak sengaja telinganya tertusuk tdinya sih gk  knpa 2 pas mau tdur dilhat lgi telinganya berdarah,bsk pginya langsung dibwa ke THT kta dokternya gendang telinganya robek.trs dksih obt tetes nya.yg mau saya  tanyakan apkah telinga ank saya bisa sembuh lgi dan kemungkinan besar tidak congekan??? Thx!!!

 

TERIMA KASIH BANYAK ATAS PERTANYAANNYA IBU

Gendang telinga yang robek karena trauma, misalnya tertusuk cotton bud itu masih bisa disembuhkan dan gendang telinga akan kembali normal kembali dengan syarat:

1. Robekan di gendang telinga tersebut tidak terlalu besar, dan tidak merusak pinggir-pinggir membran gendang telinga yang berfungsi untuk perlekatan gendang telinga.

2. Trauma yang terjadi masih baru, tidak berlangsung > 3 hari, jika lebih dari tiga hari ditakutkan akan terjadi infeksi yang akan menjadi penyulit penyembuhan.

3. Diberikan antibiotik dalam dosis yang cukup dan ampuh sehingga mencegah terjadinya infeksi di sekitar robekan gendang telinga.

4. Anak ibu tidak menderita penyakit imunodefisiensi atau memakan obat-obatan yang menekan sistem imunitas seperti obat-obat steroid.

5. Telinga yang robek tadi terjaga hygenitas dan kebersihannya.

Jika poin-poin diatas ternyata sesuai dengan kondisi anak ibu sekarang, mudah-mudahan gendang telinga anak ibu dapat pulih dengan segera dan tidak berakhir dengan penyakit congek’an.

.

Loading...

28 Komentar

  1. malam dok.anak saya umur 1thn5bln.tdk sengaja tadi dia main c.but tanpa sepengetahuan saya.tiba tiba c.but itu menusuk telingannya spontan dia menangis keras.sy lngsung panik.smpai skrng sy blm bawa ke tht dok.tapi wktu sya lht telinga bagian dalam kok ada warna pink….dia tidak panas sih dok.beraktifitas seperti biasa.apa itu ngk masalah dok?apa gendangnnya masih baik baik saja?

  2. dok.. anak saya 2th 8bln.. biasanya kalo pas lagi demam kotoran ditelinganya agak leleh tp cm dikit..(tapi itu warnanya normal spt kotoran telinga pada umumnya)
    lha ini panas lagi anak nya tapi nangis karena tlinganya sakit dan daerah sekitar telinga spt pipi dan leher juga sakit sampai2 smalam kluar kotoran/cair tapi seperti darah sampe bantalnya juga kena.. apa mungkin itu darah dok?? tapi panas nya disertai pilek.. apa karena tetes telinga shg kotoranya keluar atau apa ya.. soale spt darah..
    makasih atas balasannya..

  3. Dok anak sy umur 17bulan tnp spengetahuan sy mainan cottonbud.dy lgsg nangis kncang sekali.awalny sy kira tdk apa2 tp saat dy tdur miring mengeluarkn drah gk bnyk,tp sy panik.sy bw kdokter dy blg gndang telinga luka.dn hanya diksih obt byr gk ngalir lg drahny.dy tdk rewel si,,tpi sy kuatir apa gndg tlinga ank sy bisa kmbali n0rmal ap tdk dok?? Apakh menybabkn ktulian?? Makasih

  4. Anak k 2 sy berusia 15 bulan 3 hari lalu ia memasukan cottonbud k tlinganya,rupanya agak kesodok lalu pada pagi hari,2 hari kemudian ktika bgun tidur mengeluarkan cairan spt darah tp sdh mengering,malamnya ktika ia tdur sy cek tlinganya keluar lg darah yh sdh mngering,tp sy blm bw k dokter,apakah akan kembali normal selaput gendangnya bila terinfeksi?trim ksh atas pencerahannya

  5. dok..
    anak saya umur 1,5tahun.tanpa sengaja main2 cottonbud lalu dia nangis saya lihat kupingnya sudah berdarah saya panik langsung saya bawa ke klinik terdekat sama dokternya cuma dikasih obat tetes.yang mau saya tanyakan dok apa dengan obat tetes itu saja bs sembuh dok..
    mohon jawaban secepatnya dokter karna saya masih panik ..

  6. dok, kuping saya tdk sengaja tertusuk cutton buds kemarin. akibatnya kuping saya jadi bindeng / tdk bisa dengar dgn jelas, tapi tdk mengeluarkan cairan atau darah. efek dr itu pipi & badan saya panas semalaman dok. kira2 itu kenapa ya? apa bisa smbuh lg? Thx

  7. Dok, kmrn anak saya tertusuk cotenbut, langsung saya bawa ke dokter umum terdekat,kata dokter blm tw gendang telinga’a pecah/tdk. Dr dokter cm dikasih obat,tdk boleh ditetesin apa2. Yg saya takutan td mlm ko’ kuping’a kluar darah’a.
    Anak’a main seperti biasa,badan jg tdk demam. Kira2 bahaya g ya dok???

  8. dok telinga saya waktu saya berumur 14 tahun tidak sengaja saya bersihkan mengeluarkan kotoran berwarna putih mungkinkah gendang saya sudah pecah? sejak saat itu memag telinga kiri saya terasa bolong dan beda dengan telinga kanan saya,bertaun taun sampai skrg saya beumur 22th saya merasakan telinga saya bermasalah ketika saya berbaring telinga kiri saya d bwah sering merasakan tersumbat perlahan suara yg dengar dari telinga kiri saya terasa mendengar suara yg kecil terasa tersumbat tapi ketika saya gerakan telinga kiri saya suara nya terdengar jelas kembali dan struss seperti itu kjdian nya,lalu skrg telinga saya berbau tidak mengeluarkan cairan atau darah tpi telinga saya merasa kotor dan bau apa yg harus saya lakukan dan kenapa penyebab nya?

  9. dok…telinga anak saya tertusuk earpick waktu dibersihin luarnya dia bergerak trus kena tapi seingat saya gak dalam tertusuknya,dia nangis tapi cuma sebentar.tak kira gak berdarah..pas besoknya ada darah kering keluar sedikit dari telinganya..tak senter telinganya ada darah kering didindingnya..lalu gimana apa itu gendang telinganya robek apa gimana?tak bisikin dia tetep denger…saya bingungnharus gimana?

  10. dok mau tanya,saya mempunyai seorang pacar berumur 19thn ketika sya membersihkan telinganya sya tidaj sengaja membuat telinganya berdarah, tidak lama kemudian darah itu berhenti dok,terus ketika paginya darah itu mengering seperti kerak di pinggirannya, pacar sya juga sedang menderita kanker otak, apa pendengaran pacar sya tidak terganggu dok dn apa akan baik-baik saja dok? tolong tanggapannya ya dok,terima kasih

  11. Dok saya mau tanya……
    Tolong di jawab ya dok….
    Soal nya saya masih gak tenang ni dok…
    Anak saya umur 18 bulan dok…
    Telinga nya ketusuk cattonbad malam dok trus pas saya lihat telinga nya gapapa dok..
    Pas bangunpagi saya lihat telinga nya udah berdarah aja dok…
    Langsung saya bawa ke rs dok…
    Trus dokter nya bilang dya gak bisa liat apa2 karna ketutup darah dok..
    Trus telinga ank saya cma d kasi betadine..sama obat sirup amoxcilin….
    Saya di suruh balek ke rs itu sebulan kemudian dok…
    Saya kawatir dok..
    Kalo emg gendang telinga nya sobek apa bisa disembuhin dok..??
    Kan udah lewat 1 bulan dok…

    Tolong jawab ya dok….

  12. Dok saya indah usia 19thn. Telinga saya kemarin saya bersihin pake cutton bad,,terus gak sengja kedalaman trus bentar lagi langsung berdarah..
    Telinga saya gak kenapa”kan dok,,bisa normal setelah darahnya kering kan dok.. Terimah kasih

  13. dok,saya mau tanya kemaren telinga anak saya tertusuk cotton bad trus berdarah udah tak bawa ke RS ,sama dokternya di kasih obat tetes..tapi tiap bangun tidur kok masih ada cairan bercampur darah warnanya agak coklat..apa kah gendang telinga anak saya robek dok?! apa bisa sembuh dok

  14. Saya mo tanya dok umur saya 20th sewaktu saya smp telinga saya keluar darah karna ketusuk cotton bud tpi saya tidak di periksakan cma dkasi obat tetes n sembuh beberapa hari. Tpi setelah itu telinga saya terus sakit dan kambuh”an semakin kesini semakin parah.
    telinga saya nyeri terus menerus dan di sertai demam . Apakah itu Hal biasa dok.
    Tolong di jawab ya terimakasih

  15. Mlm dokter, anak sy brusia 1,7thn. Telingax ketusuk cottonbad,dan berdarah.Gimana cara mengatasinya dok??? Apa boleh dikasih minyak obat nona mas?

  16. Maaf dok anak saya umur 4 th 6 bln, telinganya keluar darah di sertai gumpalan seperti hati ayam sampai menutupi seluruh lubang telinga….
    itu kenapa ya dok dan gumpalan yang seperti hati itu gumpalan apa ya ?

  17. Assllamuallaikum dok..dok sy mw tny td ank sy umur 4,5th terkena cotton but trs berdarah sedikit anknya jg seperti biasanya apakah ini berbahaya dn hrus dibw kedokter??terima kasih

  18. Malam dok
    Saya tertusuk cotton bat tdk berdarah namun hanya berdengung
    Seperti kemasukan air
    Kalau di goyang2kan telinganya hanya hilang sementara sj
    Namun berdengung seperti air itu kembali lagi.
    Gimana cara menyembuhkan nya ya dok ?

  19. Dok. Saya mau tanya, telinga saya ketusuk cutton bud dan berdarah, sampai” darah keluar telinga, bagai mana cara mengatasinya dok? Saya berusia 17 tahun dok, telinga saya terasa sedikit nyeri dok

  20. Dok anak saya umur 3 bulan kemarin gak sengaja ketusuk alat pengorek kuping yg ada lampunya terus telinga nya berdarah dan skrg telianganya berair. Cara ngobatin nya gimana ya dok belum saya bawa ke dokter soalnya di kampung saya gak ada dokter tht.

1 Trackback / Pingback

  1. STOP COTTONBUD, GUNAKAN EARPICK FLASHLIGHT « klikharry

Tinggalkan Balasan ke Desta Yunita Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*