dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

SESAK NAFAS, PUSING, KESEMUTAN, CEPAT LELAH

sesak_napas Yang perlu anda perhatikan sebelumnya adalah:

Mengenai Sesak
1. Apakah sesak itu disertai dengan suara mengi atau tidak?
2. Kapankah serangan sesaknya terjadi, terus menerus, atau timbul terutama saat malam atau dingin
3. Apakah istri anda mempunyai riwayat batuk pilek beberapa hari sebelumnya?
4. Adakah riwayat keluarga dengan asma atau sakit jantung atau kelainan darah?

 

Mengenai Pusing, Kesemutan dan Cepat Lelah
Apakah istri anda:
1. Punya asupan makan dan minum yang cukup beberapa hari-minggu ini?
2. Sedang menstruasi atau tidak?
3. Punya sakit maag atau gastritis sebelumnya?
4. Memakan obat-obatan atau sedang dalam pengobatan penyakit?
5. Menderita Penyakit kencing Manis?

Pertanyaan saya di atas ini hanyalah beberapa pertanyaan yang akan mengiring kemungkinan penyebab-penyebab penyakit yang istri anda derita.

Jika sesak yang diderita istri anda tersebut disertai bunyi nafas mengi dan bertambah hebat di malam hari. Asma pada seseorang seringkali didahului oleh batuk pilek beberapa hari sebelumnya.

Sesak juga sering diderita oleh orang yang menderita gagal jantung, disini sesak biasanya terus menerus dan terasa bertambah berat saat seseorang itu beraktifitas. Selain dua ini, ada banyak sekali penyebab yang lainnya, bisa karena gangguan ginjal atau karena penyakit gangguan darah.

Gejala pusing, badan lemah dan kesemutan umumnya timbul pada orang-orang yang kekurangan gula di dalam darahnya, karena seseorang sengaja tidak makan atau tidak nafsu makan. Orang-orang dengan sakit maag atau dispepsia sering mengalami gejala ini dan biasanya didahului dengan adanya keluhan pada ulu hatinya (kembung atau nyeri ulu hati).

Gejala ini juga bisa timbul sebagai tanda adanya gangguan sirkulasi darah atau komponen darah dalam tubuh orang tersebut, misalnya ada kekurangan darah kronis disebabkan menstruasi memanjang. Konsumsi obat-obatan yang berlebihan atau adanya penyakit lain sebelumnya juga bisa menimbulkan gejala ini.

Saran:

Sebenarnya, pusing, kesemutan, muntah, cepat lelah seperti apa yang bapak buat tadi hanyalah kumpulan dari gejala-gejala dari sebuah penyakit yang belum kita ketahui. Ada baiknya bapak mengkonsultasikan lebih lanjut penyakit istri anda. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan seperti: Tekanan Darah, nadi, detak jantung, pernafasan, dan pemeriksaan darah.

Loading...

42 Comments

  1. Dok,sy mau tanya.
    Saya wnita,menikah. Usia sy 26 thn, sy seringkali tiba2 bersin2,pilek bhkan kdang hidung mampet tiba2 tnpa bersin.(ibu sy ada sinus Dok )
    Akhir2 ini nafas sy sesak,sk btuk2 kcil,dan stiap meludah bntuknya agak berlendir.krn sesak ini sy jg sering merasa pusing. 3 thn lalu sy prnah d rawat krna HB sy 6,bahkan sempat turun k 4. Mnurut dkter,pnykit apa yg sdang sy alami skr? Trmksh Dok.

  2. dok apakah lemak itu berbahaya untuk org yg terkena sesak nafas?????????????/

  3. mau tnya dong.
    klo seorng tu muntah darah tpi ga skligus bnyk yg dy rasa pusing n nyeri d ulu hati+dy riwayat perokok ?

  4. Mau tannya dong.. kalo kepala pusing, pandangan mata kadang2 kabur, gelap gitu rasanya?cepat lelah it kenapa ya?

    1. ada banyak penyebabnya, salah satunya kerena kekurangan glukosa darah

  5. Mau tannya dong.. kalo kepala pusing, pandangan mata kadang2 kabur, gelap gitu rasanya?cepat lelah it kenapa ya?

    by Aini

  6. Mau tanya dong..kalau sering pusing jika kelamaan tidur dan duduk terus terasa pengen pingsan jika berdiri dan sering dada sesak ,badan pegal-pegal??itu penyakit apa dan kenapa ya??

  7. Dok,,
    Saya sering pusing tanpa sebab..
    Jg kliyengan,,kalo jlan bsa sprti org mabuk

  8. dok saya ko sering lesu terus mudah kecapean dan pusing di kepala, mudah kesemutan gejala apa ya dok

    1. ada banyak penyebabnya, salah satunya yaitu anemia

  9. dok , saya mau nanya.. Saya kalau braktifitas trlalu cape itu sering lelah pusing dada sesek kenapa yak?

  10. dok. saya pernah susah bernapas dan tedak jantung saya melemah.
    ketika mau naik tangga badan saya semuanya lemas. dan saya pun harus berhenti selama 5dtk, dan itu semua hanya menbaik sekitar 90persenan, ketika mau lanjut jalan kaki dan badan kurang semangat dan nafas pun tidak berpungsi,kadang juga suka pusing .
    kira-kira itu gejala apa ya dok.

  11. Kalo kepala pusing nafas sesak cepat kesemutan dada nyeri cepat lelah mual itu knpa ya?

  12. dok..sy mau tanya…penyakit yang ditularkan melalui hub sex dan memiliki gejala mual, muntah, sering kesemutan, pusing dan sering bersendawa itu penyakit apa ya dok?? terimakasih

  13. dok saya mau tanya.. kalau sering sesak nafas, disertai pusing, kesemutan itu kenapa ya?
    saya sering sekali sesak nafas, apalagi kalau kecapekan sama habis dikagetin, tapi biasanya kalau agak parah itu harus dikasih oksigen
    itu karena apa ya dok? terus gimana ngatasinnya?

  14. dok saya mau tanya.. kalau sering sesak nafas, disertai pusing, kesemutan itu kenapa ya?
    saya sering sekali sesak nafas sama sering nyeri dada, apalagi kalau kecapekan sama habis dikagetin, tapi biasanya kalau agak parah itu harus dikasih oksigen
    itu karena apa ya dok? terus gimana ngatasinnya?

  15. dok sya mau tanya,sya sering merasa skit kpala,mual,kdang kepala trasa kesemutan,riwayatnya dlu pernah jatuh smpek pinsan n kepala sya pernah kena benturan

  16. Dok sya mau nanya istri saya suka kesemutan di barengi kesemutan sama buang air besar terus , itu kenapa ya dok ?

    1. Selvira apriliani

      Dok, saya mau tanya, saya sering kesemutan ditangan, setiap saya kecapean sering kambuh, dan susah hilangnya, bahkan bisa sampe seharian dok, kenapa ya dok?

  17. dok. saya citra umur 16 thun…
    saya udah 3 hari pusing lemes banget badannya klo berdiri pngen jatuh. klo malem sesak dadanya trus sering pipis .. itu kenapa ya dok

  18. dok,saya mau tanya saya adalah siswa kelas 6 sd saya sering sekali sesak nafas,pusing,mudah lelah dan kadang saya tak bisa nafas saya juga sering batuk secara tiba tiba itu gejala apa ya dok apa karena kelelahan saja

  19. dok saya mau tanya,

  20. Dok, sy mw tnya sdah bberapa bln ni sy sring skit kpla srta sesak di bgian kpla,Tlang pnggung trsa skit,tangan ksemutan kira” gjla pnyakit apa?Mksh

  21. dok saya mau tanya kira” knpa ya saya suka sakit kapala kalau kecapean dan itu hampir setiap hari ,,,

  22. Dok, akhir2 ini saya sering mengalami sakit kpala dan mual. dada saya juga terasa sakit seperti ada beban berat didada dan susah untuk brnaas. kaki saya jga sering ksemutan, saya juga mngalami susah tdur. gigi saya jga trasa sakit dan gusi saya jga trasa bengkak. aakah saya mengalami tanda2 penyakit jantung dok. mohon informasix
    trimakasih

  23. dok. umur sya 16 thun tp sy sering pusing.sy sering pilek.kaki sy sering keram dan kesemutan.mudah lelah..susah tidur jg. gigi sy sakit.. itu pnyakit apa ya dok..
    trimkasih

  24. Asalam mualaikum dok saya mau tanya..sesak napas karena kecapean apakah termasuk asma???

  25. Asslmualaikn dok.. sya ida muzdalifah 19thun.. kalo lg pusing sya ska mnglmi sesak scra tba2 disertai tgn dan kaki yg tiba2 kaku sulit digerakan kmudian pngsan.. itu barawal trjadi ktka saya kelas 1 smp smpai skrg.. kira kira apa pnybabnya dok? Trimakasih

  26. Selvira apriliani

    Dok, saya mau tanya, saya sering kesemutan ditangan, setiap saya kecapean sering kambuh, dan susah hilangnya, bahkan bisa sampe seharian dok, kenapa ya dok?

  27. dok mau tanya dong. . kalau kepala sering sakit . . dada sering sakit dan terkadang badan terasa pegal . . tuh kenapa yaa???

  28. Dok
    Saya mau nanya. Klo saya sering jantungan dan gak bisa tenang sama sekali. Dan sakit pinggang, perut keram , pusing,dan lgsg kedinginan. Itu knp ya dok?

  29. Kondisi mudah lelah gayahidupku memang harus diwaspadai karena penyebabnya bisa beragam, terima kasih untuk artikelnya yang bermanfaat

  30. Dok,…sy kalau bekerja sedikit aja rasanya capeh sekli sprti mau pingsan,…di tmbah kringat yg berlbihan….itu kenapa ya dok??

  31. Dok,saya mau tnya bdn saya ga karuan kaya melayang pleng2an nafas sesak badan panas ini gejala apa ya?

  32. dok saya mau tanya istri saya sering mengalami sesak nafas, pusing,sering merasa dingin, dan merasa lemas,semua cara sudah kami lakukan termasuk periksa ke dokter, THT, penyakit dalam dan lain lain semua dalam keadaan normal dan tidak ada penyakit hasil lab bagus, rekam jantung bagus, sampai sekarang masih sering muncul, pernah ke dokter THT ada sinus , mau nanya apa sinus bisa menyebabkan semua penyakit yg istri kami alami ,,tks

  33. Maaf dok mau nanya, akhir akhir ini saya merasa sering sesak setiap hari. Tidak ada riwayat asma juga. Terus waktu kemarin saat shock tiba tiba dadaku sesek dan langsung kesemutan ke seluruh tubuh. Itu terjadi karena apa ya dok?

  34. saya mau tanya ,kalau sering pusing,kesemutan dan tiba tiba dada terasa sakit susah bernafas itu penyakit apa ya

Comments are closed.

dokterharry © 2016