dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

PAKET BATUK PILEK

Mengapa pilek dan batuk bisa jadi satu paket?

biasanya orang kalau kena pilek pasti gak lama lagi akan batuk

Sebenarnya mulut dan hidung itu satu saluran
pernah liat di tv kan kalo orang makan dan tersedak, ada makanan yg terkeluar lewat hidung, sebaliknya, kalo berenang dan hidung kemasukan air ada yg keluar lewat mulut.
nah, pada orang pilek ada cairan kotor yg disbut ingus. karena ingus ini cair, seperti halnya air, ia akan mengalir ke tempat yg lebih rendah yaitu mulut dan tenggorok. kapan? Pada saat kita sedang tidur!
Ingus ini lebih kental, lebih lengket dan lebih berat dibanding air Akibatnya ingus ini berkumpul dan semakin banyak berkumpuldi tenggorok menjadi dahak. Dahak inilah yg terus mengganggu tenggorok dan merangsang tenggorokan untuk batuk, tujuannya untuk mengeluarkan dahak tersebut.

Kedua karena faktor infeksi itu sendiri. Karena mulut dan hidung satu saluran, maka kuman penyebab infeksi yang terjadi pada hidung dapat turun dan menginfeksi tenggorokan, akibatnya tenggorokan akan menjadi kemerahan, kadang gatal kadang terasa nyeri. Rasa gatal di tenggorokan ini pun akan merangsang batuk.

Loading...

7 Comments

Add a Comment
  1. Dok mau tanya..sudah 1 minggu ini di palatum saya ada benjolan..kurang lebih 1,5x1cm.benjolannya ditengah terdapat garis pembatas,awalnya skt(saat mkn)tp skrg
    g skt lg.yg sy mau tny
    1. Benjolan itu tumor bukan dok?saya buka internet,itu termasuk tumor ya dok?
    2. Apakah pengaruh hormonal makanya bs jd benjolan?
    3. Benjolan itu saya rasakan ada stlh saya mkn makaroni goreng dok. Apakah mknn berpengaruh?
    4. Jika itu tumor,hrs diapakan dok?
    Terima kasih dok.saya tunggu jwbnnya

  2. Hallo Pak Dokter, mau tanya nih. Kalau dahak tidak dikeluarkan, tetapi setelah batuk ditelan kembali, apakah akan menyebabkan batuk tidak sembuh-sembuh? Adakah cara supaya dahak bisa cepat dikeluarkan? Terima kasih.

    1. kalo dahak ditelan lagi, biasanya akan masuk ke dalam saluran pncernaan (lambung, usus dan lain-lain)
      penyebab batuk tidak sembuh adalah karena ada proses infeksi dan peradangan di dalam saluran pernafasan (paru-paru, trakea, tenggorokan) bisa juga faring atau laring yang tidak diobati.
      Ada dong caranya, yaitu dngan memakan obat antibiotik dan minum obat batuk pengencer dahak atau perangsang keluarnya dahak

  3. Dok mau tanya nih ??
    Istri saya haid kemaren tanggal 2 dan tanggal 8 selesai terus saya berhubungan kembali tanggal 10 terus istri saya molai kemarin tanggal 11 sampai sekarang tanggal 12 keluar flek coklat tapi sedikit dok.
    Tolong penjelasannya apakah itu tanda2 kehamilan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dokterharry © 2016