dokterharry

situs seputar kedokteran dan kesehatan

TIDAK MENSTRUASI LAGI SELEPAS BERHENTI KB SUNTIK

Udah 1 tahun ini saya berhenti pakai KB apapun tp aq blum datang bulan smpai skarang,apakah ada penyakit ?

Terima kasih atas pertanyaannya

Sebelumnya saya harus tahu dulu berapa lama ibu memakai KB suntik tersebut dan KB suntik jenis apa yang digunakan (1 bulan atau 3 bulan)?

Saya juga harus memberitahu ibu bahwa cairan KB yang disuntikkan ke dalam tubuh ibu pada waktu itu adalah hormon progesteron. Hormon ini normalnya dikeluarkan jika sel telur yang siap dibuahi (maaf saya tidak menjelaskan ditel secara fisiologisnya). Nah, pada orang yang suntik KB, maka tubuh orang tersebut selalu mempunyai progesteron dalam kadar tinggi sehingga otak ‘dibohongi’, otak menganggap bahwa di dalam tubuh sudah ada sel telur yang dilepaskan dan siap untuk dibuahi yang pada kenyataan tidak ada sama sekali.
Penggunaan hormon progesteron terus menerus menyebabkan fungsi normal hormon tubuh yang lain (LH dan FSH) dan kelenjar yang memproduksi hormon tersebut (hipofisis) menjadi malas.
Akibatnya, pada saat suntikan KB dihentikan, tidak sertamerta direspon tubuh secara normal kembali, butuh waktu bagi tubuh untuk ‘membangunkan’ kelenjar hormon tersebut.
Saran:
1. Konsultasikan dengan dr.spesialis kebidanan dan kandungan mengenai masalah anda ini
2. Pilihlah alat kontrasepsi yang tidak mengganggu siklus hormonal normal tubuh seperti: “KB spiral”

Loading...

186 Comments

  1. Met siang,,,sy sdh brhnti sntik kb yg 3bln.dan sy cm skali suntik aja & tdk mlanjutkan lg.sbulan yg lalu sdh hbz ms suntikan tp bln ini knp tdk dpt haid ya pdhal slm kb haid sy lncr.apakah sy hamil?

    1. belum tentu bu, bisa jadi disebabkan karena efek suntikan kb terseb

      1. Emang ad pengaruhnya ya sma kb suntik

    2. Knpa saya lepas kb yg 3bln blom jg hamil…selepas berhenti kb saya mens pd bln pertama…trus bln k2 gk mens lagi…tpi saya cuma kb 1x suntik…

      1. Knpa saya lepas kb yg 3bln blom jg hamil…selepas berhenti kb saya mens pd bln pertama…trus bln k2 gk mens lagi…tpi saya cuma kb 1x suntik…

        1. Dok sya mau tanya sya kan di KB suntik yang 3bulan Se X nah,.sya di suntik KB cmn 2X suntikan soalnya suami sya ingin pnya anak, sya pertma kb bulan OKTOBER 2015 Teruss sya di suruh bidan datang lagi nnti Desember tgl 31 2015 , sya di suntik lgi tgl 31desember itu teruss sya suruh dtg lagi maret tgl 20 tpi sya tidak datang di karenakan mau berhenti, Bulan April Mei sya tidak Head sma sekali tp Pertengahan Juni sya head tgl 18, nah dri tgl 18 itu sya terus meneruss keluar darah.dri kemaluan sya kaya bercak bercak kitu berwarna coklat , klo sya berhubungan Dgn suami sya pasti Pagi paginya Keluar darah lagi dan laama buat berhentinya meski cmn bercak bercak, sampe sekang juga gtuuu,, Hampir 1bulan full sya keluardarah setiap berhubungan pasti keluar ,. pertanyaan sya apakah itu Efek samping apa penyakit soalnya sya ingin mempunyai anakk ?? bnyak tmn tmn sya bilang cmn efek samping krn berhenti KB tpi sya takuttt, tkut berpengaruh pda Rahim sya, mohon di jawab terimakasihh.

    3. Met pagi…..mau tanya.saya sudah berhenti kb suntik 3 bln selama setahun.haid saya tidak lncar dlm setahun cman 3 bulan sekali.dan empat buln terahir sekarang saya blom haid lagi.sudah di test pack tpi negatif.apa pengaruh kb ya.terima kasih.

    4. mlm dok,seblmnya sy kb suntik 3bln stlh itu sy lepas kok malah sy tdk mens trus skrng malah payudara sy trasa nyeri,knapaya dok

  2. Sya sudah. 3 tahun memakai suntik kb sebulan dan baru 3 bln ini sy lepas kb.apakah ada dampak pd tubuh setelah lepas suntik sebab sy tidak mendapat mens slma sy lepas kb dan perut bagian bawah sya sering terasa sakit dan kencang?

    1. iya ibu, kb suntik itu sbenarnya adalah salah satu cara untuk memanipulasi siklus hormonal normal tubuh, yang seharusnya normal menjadi tidak normal, akibatnya ketika ibu sudah tiga tahun ini memakai kb suntik kemudian melepas suntikan hormonal tubuh tersebut secara mendadak, maka tubuh akan merespon dengan beberapa gejala, salah satunya nyeri perut tersebut, sebenaarnya itu adalah hal yg normal ibu karena tubuh berusaha mengembalikan siklus normal yang selama ini hilang… namun jika rasa nyeri itu tak tertahankan lagi, ada baiknya ibu segera berobat

      1. Knp sy stlh mencabut susuk kb haid sy cmn 1-2 hr aj dn itpun tdk lancar

      2. saya suntik kb skrg sudah hampir 3 tahun tp sya men trus gak berhenti2 stiap bulan kdang berhenti hnya brp mggu saja, sya mngunakan kb yg 3 bulan sekali suntik, apakah klau saya lepas kb skrg bisa hamil atau tidak

  3. Dok, slm knl. Sy nadya, umur 20 thn sudah menikah, sblm sy haid, sy melakukan hub intim dgn suami sy. Biasanya sy slalu dtg haid di akhir bln, seperti tgl 26, setelah melakukan hub intim, dr tgl 26 oct sampai tgl 11 nov sy tdk haid,,, tp pada tgl 12 nya, perut saya terasa keram,,, seperti mau dtg bln, lalu muncul flek merah pekat,,, tak lm haid pun dtg dok, sampe hri ini tgl 15 terhitung 4 hri, nmn pada hri ke 4 ini, darah yg keluar sudah berkurang, sy n suami pun melakukan hub intim lg, wlopun ada sedikit2 darah yg keluar. Pertanyaan sy, apakah ini tanda2 nya sy hmil dok? N 1 lg, apa kah ada efeknya berhub intim, disaat masih ada sedikit darah haid yg keluar? Makasih dok ^^

    1. tanda hamil tidak cukup hanya flek-flek saja ibu, banyak gejala lainnya, ada baiknya ibu melakukan tes pack juga. berhubungan saat sedang mens tidak ada efek apapun pada rahim

      1. sya suntik kb sudh hmpir 3 thn tp sya suka min trs gak berhenti2 kdang berhenti sebentar skitar smnggu saja, sya mngunakan kb yg 3 bln skali suntik, klau sya skrg berhenti kb apakah saya bisa hamil atau tidak,

  4. dok,saya pernah kb yg 3 bulan cmn 1X stlah brnti kb knpa haid saya jadi lama berhntinya dari tgl 28 bln oktober smpe sekarang belum berenti.

    1. jelas ada gangguan pada siklus hormonal ibu

  5. mau tanya. . . . kan saya di suntik kb kurang lebih 9bln. biasanya seminggu sebelum tanggal suntik saya dapat haid. tapi bulan kemarin saya mendapat haid 2 kali. jadi 2 minggu. terus saya suntik kb. bulan skarang kan waktunya suntik kb kok saya tak dapak haid. sampai 2 minggu. apa saya hamil.. tapi pas tes pak garisnya ada 1 merah yang satu lagi samar2. apakah saya hamil?

    1. hamil atau tidak, tidak bisa kita pastikan menggunakan tes pack bu zahra

  6. Dok..mau tanya saya tata 27 tahun.
    Sy selama krg lebih satu tahun menggunakn KB suntik 3 bulan.
    Terahir..masa seharusnya sy suntik lg adalah tgl 4 november.
    Dan pd tgl 3 nov.sy berhub.dg suami dan smp skrg sy blm kb lg serta sy jg tidak haid krna selama kb suntik 3 bulan biasanya sy hAid.
    Yang saya tanyakan ..apakah saya hamil?trims

    1. ibu tata,, gejala tidak mens itu ada banyak sekali penyebabnya dan saya tidak bisa menjawab apakah ibu hamil atau tidak. Ada baiknya ibu test pack dulu, apabila masih ragu, ibu bisa meminta USG ke dokter

      1. Dok saya wulan,saya juga hampir sama dgn mbk tata. Saya lepas KB udah 8 bln, tpatx KB suntik yg 1bulan. Tpi smpai skrg blm haid, tpi malah keputihan yg kdng dlmkapasitas bxak dan bntukx cairan menggumpal,sedikit berbau tpi tdk gatal. Bisa tolong di jelaskan dok apa yg trjdi dgn saya? Trimakasih

  7. salam kenl dok
    nma saya nanta
    saya sudah menikah
    dan umur saya 23 tahun
    mau tanya ni dok
    apkah bercak darah kecoklatan tu
    bisa di katakan hamil
    seblm nya ( maaf ya dok )
    saya cuman nyucuk vagina nya doank
    tak tau nya tdi mlm perut ny sakit
    trus ke esokan pagi nya
    keluar bercak coklat dok
    apkah bisa dikatan hmil dok
    trus pa penyebab nya
    trma kasih dok

    1. bercak coklat itu tidak bisa dikatakan hamil sakura, coba tes pack dulu, bercak coklat itu berasal dari dinding rahim sakura yg luruh atau keluar, hal ini normal pada mereka yang mengalami perubahan hormonal

      1. makasih pak dokter.

      2. slmt sore dok.. sy uvi usia 25 thn.sy ikut Kb suntik 3 bln sjak usia putri prtma sy usia 2 bln.sy suntik kb 3 bln tgl 15 oktber.sy sudah 3 x suntik.dn shrusnya sy suntik kmbali tgl 11 bln juli kmrin.tp sy brhnti suntik.trs kami berhubngan suami istri tp sperma tdk dkluarn d dlm.smpi skrg sy bln haid.itu knp yh dok.trmksh

    2. terma kasih pak dokter

    3. mlam dok
      oh iya dok
      kpan normal nya buang air kecil berwarna coklat tu
      langsung keputh dok..
      iya dok
      kira kira ap obt nya dok
      saya masih bingung ni dok
      sudah saya tes peck
      tpi negatif atau satu garis
      tlong ya dok penting
      trma kasih pak dokter

      1. ok sakura, ada dua kemungkinan penyebabnya:
        pertama adalah gangguan hormonal seperti yang saya jelaskan sebelumnya, dan kondisi ini akan normal dengan sendiriny dalam jangka waktu 1-2 minggu.
        kedua bisa jadi terjadi infeksi pada saluran kemih kren sakura pernah memasukkan jari ke dalam bagian kewanitaan. dan jika trjadi infeksi ada baikny sakura berobat kedokter

  8. Dok, anak saya umur 15 tahun. Saya memasang ikut program KB da lama..KB suntik sekitar 2 tahun juga .terahir saya lepas bulan Juli 2012 …selama KB suntik sampai Lepas suntik saya tidak pernah haid…baru saat ini TGL 29 November saya haid tapi sedikit saja tidak lancar seperti pada wanita wanita lain yang haid banyak….pertanyaan saya, apa itu tanda kehamilan kha dok? Terima kasih jawabannya apabila dokter menjawab lewat email ke alamat email sy juga biar saya cepat dapat info…

    1. belum tentu itu adalah tanda hamil bu, bisa jadi itu adalah fungsi hormonal tubuh ibu yang sudah mulai aktif kembali setelah dua tahun ditidurkan oleh obat KB,

  9. saya mau tanya dok,saya tgl 30 november selesai haid,langsung suntik kb 1 bulan tp bidan surh kmbali tgl 2 desember,tp saya tetap suntik saja setelah sampai d rumah haid say masih keluar dan saya sudah berhubungan dengan suami,ap dampak dari suntik belum waktux tapi tetap suntik baru msih haid…..???tlong d jawab ya dok saya penasaran skali

    1. efek sampingan dari suntikan KB tidak bisa diprediksi efeknya achy, tergantung dari respon hormon tubuh masing-masing orang

      1. tapi it tdk membuat saya hamil lagi ya dok???

        1. iya ibu, gejala tersebut tidak dapat dipakai sbgai dasar apakah ibu hamil atau tidak 🙂

  10. Dok sya ♏ªυ nanya tgl 20 octo sya dape haid trus bln novmber kmren Ъќ>:/ dapet haid smpai skrg,itu ªªª sih dok,dan tadi [d̲̅i̲̅] clna dlm saya ª∂a̲̅ flek coklat sdikit stlah itu g ª∂a̲̅ ƪά̲ƍɪ̇..itu penyebab ªªª sih dok..♏άKα§îîîîîĦ !(•͡.̮ •͡ )

      1. Pgi dok mf sblm’y nama saya yuyun
        saya hbs melahirkan anak pertama
        baru 4 bln .knp y dok
        sehabis melahirkan drh’y bau
        sekarang jg lg mens
        drh ‘y bau bagaimana dok solusi’y?
        Terimakasih

  11. dok saya mau tanya,saya kb suntik sudah 6 bulan yang 1 bulan sekali,sudah 1 bulan ini saya lepas,tapi ko saya ga haid ya,,tapi saya tes pack hasilnya negatif,,,tapi saya masih ragu dok,,apa saya hamil, malah sekarang saya sering pusing dan mual sudah di tes lagi hasilnya masih negatif,,itu pengaruh apa ya dok

    1. kemungkinan itu masih disebabkan karena gangguan hormonal karena KB suntiknya bu, nanti juga normal kembali

      1. Sya mou tnya umr sya 19 thun sya udh pnya ank 1 dn skrang ank sya brumur 20 bln dn sya udh brhnti sntik kb yg 3 bln skli v sya udh 2 bln nie blm dpt menstruasi jga kra2 knpa yx

  12. Saya mau nanya pda saat saya suntik kb yg 3bln. Mens saya normal tapi seteleh saya kembali ke kb 1bln mlah tdak normal dari situ saya berhenti kb dri november 2011 smpai november sekarang mens.a bsa ke itung yaitu cuma 1x saya mengalami menstruasi itupun dipancing dengan pil kb,dan desember ini saya malah 2x sudah mengalami mens itupun cuma kecoklatan,kenapa sih bsa gitu ??tolong penjelasan.a

    1. itu disebabkan karena organ yang berfungsi memproduksi sebut saja “hormon menstruasi” sedang dalam keadaan malas karena terlalu lama libur disebabkan suntikan kb

  13. saya mau tanya dok,,apakah orang yang sudah suntik kb 3 bulan msih akan tetap mendapat menstruasi???????????

    1. tetap bisa kok bu….

  14. apakah emang kalu sudah suntik KB tidak mungkin hamil lagi dok???????

    1. masih mungkin bu ambar

  15. Saya sudah suntikk KB baru 2 kali,suntik KB 3 buLan,Waktu suntik Pertama Saya Mens tapi suntik kedua saya belum mens,apakah ada penyakit atu memang gak ada mens lagi

    1. suntik kb 3 bulan memang gak mens ibu

  16. Sore dok..sory dok menyimpang temanya hbisx sya binggung koment disitu ud penuh,dok umur sya 17thn..sya pux mslah yg buat sya tkut..sya halangn hre kamis dok smpe 3 hari z lalu hre rabu smpe skrng sya ada flek hitam gtu gris aj,,,soalx sya bingung sya bru kena yg bgtu..biasax normal,ad pa ya dok,,,mks ya dok tlonk djwb.soalx sya tkut,,,

    1. Mksd sya flek coklat dook..tlonk bals ya dok,mksie..
      (⌣́_⌣̀)

    2. @novi, biasanya normal aja itu novi… kita menyebutnya variasi siklus menstruasi

  17. Halo dok, nie sya lina ♈ƍ dlu prnh konsult,,
    Skarang usia khamilan sya 4 bulan…
    Alhamdulillah mual dn muntahx udh berkurang dok. Cma skrang sya sering bgt sakit kepala…pdahal sya tidk telat makan atw krja2 ♈ƍ berat. Dri dokter jga sudh d ksih obt untk sakit kepala n pusinkx. Efekx bkerja stelah mnum obt tpi bbrpa wktu kambuh lgi sakit kepala kadang nyiksa bgt…
    Mnurut doktr sy hrus bgmn?
    Apakh brbahaya untk bayi sya dok?
    Makasih sbelumx:)

    1. @lina
      iya bu lina, saya masih ingat..,
      selamat ya untuk kehamilannya.
      Nyeri kepala itu wajar terjadi pada wanita hamil, namun nanti akan berkurang sendiri dengan bertambahnya usia kehamilan,
      tetap rutin mengkonsumsi vitamin penambah darah, dan obat pereda nyeri yang diberikan dokter biasanya juga adalah obat yang aman untuk ibu hamil dan janinnya

      1. Maksh dok ats jawabanx…
        ª∂a̲̅ lgi Ɣªήğ mau sya tnyakan,
        Mengapa setiap mlam perut sya selalu mules dok seprti mules mw dtang haid? Trjadi klo malam aza dok, sprti masuk angin kembung trus. Pdhal sya sudh pake baju hangat, perut sya juga terasa keras, jdi sya kesulitan untuk tidur.. Hampir tiap malam bgtu dok…
        Sya khawatir bayi sya knapa ϑȋ dalam perut dok klo tiap malam sya selalu sakit perut dan kembung..
        Tolng penjelasanx yaa dok..
        Makasih:)

        1. kapan terakhir konsul dokter kandungannya?

  18. pagi dok,,sudah seminggu saya lepas KB IUD karena pendarahan selama 3 minggu,kata dokter sich peradangan,,tapi sampai hari ini berarti saya sudah 1 bulan pendarahan,padahal sudah dikasih obat Kalnex tranexamic samaRegumen,,,itu kenapa ya dok,,saya ingin segera berhenti pndarahan nya,,

    1. wahhh.. .ada baiknya ibu konsultasi dengan spog saja bu… saya tidak bsia menjawab pertanyaan yang satu ini 🙂

  19. saya sudah hmpir 2 blan tidak suntik kb lagi tp tidak pernah datang haid,saya pake suntikan six lopen

  20. Terakhir konsultx sm dokterx tgl 4 januari kmren dok.. Tpi sya blum mgalami hal demikian dok, kira2 sktr 2 mingguan sya mgalami hal trsbut tiap malam, tpi klo siang normal2 sja,, jdi sya slalu usap minyak kayu putih sja dok sma mnum air hangat/teh hangat…
    Mnurut dokter bgaimana?

    1. sepertinya gangguanny lebih berat ke sakit maag (sindrom dispepsia), coba minum obat maag aja dulu bu

  21. siang dok slam kenal…sy ibu 29th mau tanya sy br lepas kb suntik 1bln yg lalu sy suntik kb yg 1bln selama 1th,terakhir sy suntik tgl 13 des 2012 pd bln januari tgl 4 sy kluar flek slama 2 hr trus berhenti lalu hr ke 4 sy berhubungan pgnya pas kencing kluar darah sedikit cm sekali ,pas tgl 14 jan kluar flek lg padahal sy tdk habis berhubungan&tgl 29 jan kg kluar flek lg &sy slama 2 minggu ini seperti orang hamil ,mual,pusing ,lemas & payudara bengkak yg sy mau tanya apakah sy hamil ?tp udh sy testpack 2Xhasilny negative .mnt bantuany dok.

  22. dok sama mau tanya saya Kan baru menikah 1 tahun stgah awal saya menikah saya KB suntik dok yang satu bulan selama 3 bLn berturut” stlah itu saya ganti yang 3bln donk qo efek nya berat badan sya bertambah yah .stlah itu saya tidak KB lagi dok karna suami sudah ingin momongan dan 3 bln saa haid flek” tp skrn sudahdarah biasa dok ga flek” seperti dulu trzz udh 2 bln ne saya tdk menstruasi dok knp yah saya sudah konsultasi sama dktr kandungan she dok kata nya telat haid aja tp qo smp 2 bln yah dok.dan saya diksiih obt penyubur sama dktrnya tp ttp aja hasilnya negatif gimana she dok solusinya agar cpat hamiil

  23. dok aku mau tanya aku kmaren ikut KB suntik yg 1 bulan waktu aku pulang ke indonesia aku pulang 3 minggu tpi aku ikut KB suntikyang 1 bulan tpi pas saya terbang datang mens yg coklat kdang ada gumpalan nya tpi tu datang nya tgl 6 sembuh tgl 12 trs ni ko dah tgl 19 blm datang lgi apakh tu pnyebab KB apa hamil makasih dok

  24. maaf sy mau tnya, sy bru mlahirkan 6bln yg lalu trs sY pke KB suntik 3bln. Awlny gk mens tp 1bln trkhr mlh hmpir 2 bln sy mau kb lgi, pasti kluar bercak drah awlny lmyan bsah lma klamaan dkt2..skali wrna cklat. Pertnyaan sy apakah boleh sy bercmpur dg suami klo msh blm bersih dh lbh dr 1bln

    1. Dokter saya mau tanya, saya sudah kb suntik selama 2 tahun, stelah itu berhenti kb selama 3 bulan..dan selama 3bln tidak menggunakan kb suntik, sy n suami pakai kondom. Nah sekarang kok puting payudara saya sakit, tapi payudara tidak bengkak( spt tanda2 orang yg sedang hamil), dan perut. Bgian bawah sebelah kanan juga terasa nyeri.. Saya takuut klo hamil lagi.. Stelah saya test pack hasilnya pun negatif. Ada apa dngn gajala ini bu? Apakah saya hamil?, apakah dengan meminum pil kb setelah berhenti kb suntik, bisa memancing menstruasi agar keluar?.. Terima kasih atas jawabannya

  25. dok… sy selama 6 bulan ini kb suntik yg 1 bln sekali… selama kb sih lancar menstruasi sy… trus 2 bln yg lalu sy udh gk kb suntik lg… kbnya pk alami … ( senggama trputus). eh mlh 2 bulan itu sy g dapat menstruasi. test berulang kali tiap minggu hasil negatif.. sy hamil gak ya dok?

  26. dok… sy selama 6 bulan ini kb suntik yg 1 bln sekali… selama kb sih lancar menstruasi sy… trus 2 bln yg lalu sy udh gk kb suntik lg… kbnya pk alami … ( senggama trputus). eh mlh 2 bulan itu sy g dapat menstruasi. test berulang kali tiap minggu hasil negatif.. sy hamil gak ya dok?

  27. siang dok, mau nanya nich, usai melahirkan sy ikut KB 3 bulan 1 kali , setelah itu sy tdk KB dan tidak menstruasi sampai sekarang(10 bulan) apakah ada kelainan pada diri sy. mohon jawabannya.

  28. siang dok, mau nanya nich, usai melahirkan sy ikut KB 3 bulan 1 kali , setelah itu sy tdk KB dan tidak menstruasi sampai sekarang(10 bulan) apakah ada kelainan pada diri sy. mohon jawabannya.

    1. Dok.sya pernh pke kb suntik 3.slma kb it sya mens trus..skrg sya dh hmpir 5 g pke kb..tp kog ad flek hitam trus..sya bingung jg bedakn ny mna drh mens mna flek hitam..ap emng efek ny gtu dok..? Mohon penjlsan ny

  29. saya rina dok umur 17 tahun saya kan kb suntik 3 bulan saya kb haya 6 bulan terus ganti kb suntik 1 bulan terus ganti lagi pil dan sekarang aku gk kb lagi tapi aneh ya selama kb gk perna haid ???

  30. saya rina dok umur 17 tahun saya kan kb suntik 3 bulan saya kb haya 6 bulan terus ganti kb suntik 1 bulan terus ganti lagi pil dan sekarang aku gk kb lagi tapi aneh ya selama kb gk perna haid ???

  31. dokter sy sudah tidak menstruasi selama hampir 2 tahun setelah sy suntik kb tetapi setelah sy usg dinyatakan gangguan hormon dan diberikan obat utk melancarkan haid setelah obat habis sy kembali menstruasi selama 1 minggu tetapi setelah itu sy tidak menstruasi lg selama hampir 1 tahun,berbahayakab dok?mohon bantuanny

  32. sore dok sy mw tnya,, stlh sy mlhrkn ank 1 sy ikut kb suntik 3 bln. dn selma 3 th sy tdk mens. 6 bulan in sy sdh lepas kb kmrn tgl 16-20 juli sy mens tp smp hr in sy blm dpt mens lg. apakh sy msh bs hmil? krn sy cb tespck hslnya – . sy srg pusing kdg mual jg. perut bwah kram, dan payudara sy srg nyeri. mohon bantuaanya ya dok… sy pgn bgt + momongan. makasih sebelumnya…

  33. sore dok sy mw tnya,, stlh sy mlhrkn ank 1 sy ikut kb suntik 3 bln. dn selma 3 th sy tdk mens. 6 bulan in sy sdh lepas kb kmrn tgl 16-20 juli sy mens tp smp hr in sy blm dpt mens lg. apakh sy msh bs hmil? krn sy cb tespck hslnya – . sy srg pusing kdg mual jg. perut bwah kram, dan payudara sy srg nyeri. mohon bantuaanya ya dok… sy pgn bgt + momongan. makasih sebelumnya…

  34. knapa slma memakai kb implan sy tdk pernah menstruasi slm 17bulan.tp tiba2 sy mestruasi skrang..knp dok.?

    1. Harry Wahyudhy Utama

      jika ibu mengalami mens, itu artinya efektifitas dari implan tersebut mulai berkurang bu

  35. Dok saya mau tanyak, saya wanita berusia 21 tahun dn saya sudah menikah dn mempunyai satu orang putri berusia 2 tahun.saya mau tanya dok saya sudah suntik kb selama kurang lebih 2 tahun.bentuk suntik yg saya gunakan adalah suntik yg 1 bulan. Skrg saya sudah berhenti suntik dok tapi kok ud 1 bulan lebih saya blm haid

    1. iya, ibu harus ke dokter ahli kandungan untuk diberikan obat perangsang menstruasi, dengan begitu harapannya beberapa bulan ke depan hormon menstruasi ibu sudah bisa keluar dan siklus menstruasi ibu sudah bisa kembali normal lagi

  36. Dok saya mau tanyak, saya wanita berusia 21 tahun dn saya sudah menikah dn mempunyai satu orang putri berusia 2 tahun.saya mau tanya dok saya sudah suntik kb selama kurang lebih 2 tahun.bentuk suntik yg saya gunakan adalah suntik yg 1 bulan. Skrg saya sudah berhenti suntik dok tapi kok ud 1 bulan lebih saya blm haid.terakhir saya haid tgl 10 bln 2 2014. Saya ud tes pack tp hasil nya negatif. Mohon bantuan nya dok terimakasih.

  37. Mlm dok sya mau tnya, sya dh lpas KB slma hmpir 1 thn.. Knpa ya ko ampe skrg sya blm jga mens?

  38. mbk sya uda 1 minggu ini lepas kb 3 blan tp g mens jg,,,,,and seandainya berhubungan hamil g ?

  39. dok saya mau bertanya.
    saya berumur 20 thn. saya suntik kb yg 3bln udah 1 tahun . dan saya udah lepas dari suntikan kb . karena selama saya kb suntik yg 3 bln mens sya ga teratur , mangkanya saya lepas kb udah 1 bulan lebih tp ga haid2 . apakah itu penyakit atau gimana ? terimakasih

    1. Dok,sy suntik kb 3bulan,berat badan aku naik gara nda haid,gimana cara supaya kita bisa haid yh,makasih infonya

  40. sya kb suntik 1 bln bu aku copot krna q pngn mens krna suntk yg 1 bln pun gk mens, stelh q copot udh 1 bln lbh nh gk mens knp ya dok?

  41. sya nikah sdah 1 thn lbih dlm thn trsbt sya dtang bln hanya 1 kli di krna kta dokter sya pakek kb ap in bahaya

  42. bulan 11 tahun kemaren saya keguguran dok. . siap keguguran sbulan kmdian sy pkai suntik 1 bulan slma 5 bulan brturut2 , trus bulan 4 sy gnti suntik 3 bulan..d

    ah 2 bulan in sy brhnti kb..dri bulan mpe skrang haid nggak dtang2 n sring trsa skit di ari2.. ap pnybabnya dok?

  43. Saya 3 thn kb suntik 1bulan sekali saya lepas kb itu bulan april , bulan april smpai juni haidnya normal akhir bulan tp masuk bulan juli jd awal tgl 4 haidnya bnyak bres haid seminggu lbih tgl 25 julinya haid lg tp cma sdikit n cma 4 hr msuk bln agustus haid tgl 2 agustus tp klo agustus haidnya cma skali nah skrng udh msuk bln sptember akhir tp aq blm haid ..
    Knp ya dok ?

  44. saya mau tax… Saya ikut kb. Tp kb sya sering gonta ganti. Terakhir saya kb suntk 3bln. N masa aktf suntk saya berakhr pda tgl 16juni. N saya tdk kb lgy tp terkadang saya juga mhnum pil kb kalau saya berhubungan intim dg suami. Terhtng 4butir, saya tdk minum lagy krn prt sy skt. N smp sekarng sya blm datang bln. Saya tes peck hsilx negatf. Tp perut bagian bawa sering terasa skt n payu dara saya juga terkadang skt. Apa tu efk dr kb dok. Trz kpn efek tu hilang n pa saya masi bs hmil

  45. Dok saya bernama waffah, saya awalnya udh hamil udh mau 4 bulan ke guguran, sesudah keguguran sy memutuskan untuk suntik KB yg 1bln sekali , udh ada 4 saya memutuskan lg utuk di stop tdk di suntik KB lg, nah yg saya mau tanua kenapa saya blm mens lg udh ada 2 bulan dari bln agustus , september , sampay skrg udh bln oktbr juga blm mens, selepas di suntik . Udh d testpek hasilnya negatif .

  46. Saya kb suntik 2thn setelah anak sy umur 2thn saya lepas,saya g kb sdh 2thn tp melum juga datang bulan bagaimana s0lusinya d0k?

    1. Gimana d0k saya sering beli tespek hasilnya negatif padahal sy pengen cept2 hamil d0k

    2. T0l0ng bls d0k 2thn kb yg 3bln tdk mens beqhenti kb 2thn jg blm men jwb d0k tk tnggu

  47. S0re d0k aq bu melati umrku 28thn,sy 2010 melahirkan lalu kb suntik 3bln smpai 2thn g kb jg 2thn tp blm da tanda2 men,bagai mana d0k bisa men

  48. saya…mau tanya..sya sudah memakai suntikan 3 bulan, sya pertm kli memakai suntikan 3 bln pas bln 1 2014, wktu blan 9 saya lepaskan suntikan lgi tpsampai skng sy blum haid apa obat suntikan masih bekerjaan didalam tubuh …
    mohon solusinya.

  49. dok saya mau nanya saya ikt program kb suntik 1bln sekali..saya udah telat kb 2bln.trz terakhir haid tgl 14oktober itu pun cuman 1hr. darah yng keluar pun coklat htm pekat.esok paginya perut bagian bwh sakit seperti mau dtng haid.tp ga haid jg.udah 1mguan lgi yg keluar seperti lendir berwarna mrh.kemudian pth lg.apakah itu masih pengaruh dari hormon dok.apa sya hml.

  50. Maaf seblum ny dok, pasca sya melahirkan sy lngsung suntik kb yg 3bln, stelah itu pendarahan sy tdk berhnti2 hampir satu tahun lama nya. Dn sy pun priksa ke dokter spesialis kandungan untuk USG namun kta dokter kndungan sy baik2 sj dan bersih, stelah itu sy dikasi obat bwt berhentiin pendarahan tsb, berulng2 sy minum obt saat pendarahn itu kluar lg, dn yg sy tnykan knp setelah itu sy tdk bisa mens lg sampai 1thun ini, kira2 knp dengan sy dok?

  51. Dok saya sudah dua tahun berhenti suntik kb tiga bula

    n ko engga hamil,tolong sarannya dok.saya ingin punya anak laki laki yang pertama sdh perempuan dok.

  52. slama q brhenti kb suntk 3 bulan kok q gk m ya. tlg di jawb

  53. Dok saya mau tanya saya sudah dua thun kb suntik. Lalu saya lepas kb selama tiga bln tdk haid. Saya coba suntik yg satu bln tp tdk haid juga terus sekama tidak haid jantung saya sering berdetak kencang trus sesak nafas kenapa yah dok

  54. Saya sdh berhenti kb suntik yg 3bln sekali 2thn tp belum mens sama sekali padahal saya pengen cpt hamil s0lusinya gimana jwb d0k

  55. Dok sya kb dh ad 2 thn stengh sya mulai kb dari ank sya umur 40 hri dan skrng ank sya umur ny udh 3 thn. Sy brhnti kb skitar 5 blnan sy pgen dtng haid tp ampk skrng g dtng.kpla sy sring skit

  56. sya juga mngalami hal yang sama slepas kb suntik 3bln saya sdah 4bln ini tdak menstruasi

  57. Maaf dok ni saya fitri . Saya kan udh be kb ada 2thun prtma kb suntik 3blan ga lma sya gnti yg sbulan . Tp nii saya bru aja brenti kb ada 6blanan . Pertma saya benti kb ada haid nya itu cuma skali . Tp knpa ya slesai haid sampai skrng gaada haid saya jga udah pke tes pack gaada hamil jga knpaa ya dok ?

  58. Saya sudh 2thn berhenti kb suntik yg 3bln tp belum ada tanda2 datang bulan!gimana caranya? S0alnya anak sy hampir umur 5thn ia sdh pengen punya adik.

  59. Nma sya yosi sya mau brtnya dok. Sbelum sya mlakukan intim sya haid. Stetelah mlakukan intim saya suntik KB 3 bulan. cuma 1 kali suntik 3 bulan saja sesudah KB habis saya tidak suntik KB lagi sudah 5 bulan saya blum haid kenapa ya dok.??

  60. Dok saya ♍ªΰ tnya… Saya ߪ®ǚ aja melahirkan waktu hbs nifas saya suntik kb 1 bulan… Uϑªђ‎​​ ΐτϋ datng bulan hbs ΐτϋ saya suntik kb 3 bln †я̲̅υ̲̅ƨ Uϑªђ‎​​ dtng †αªρ¡… Dtang ñÿɑ̈ cuma bercak” ªĵª dok… †я̲̅υ̲̅ƨ saya Gª a͡k datng bln Ɩǻğɪ̣̝̇.. Smpai skrng Uϑªђ‎​​ 4 bln… Ɣªªªπg heran ∂ï bgin bwh perut saya sebelah kiri sering skT… ΐτϋ knp ݪªª dok . ()►♥◄(). .•°°•°°•°°•°°•.
    (“(.^ .^.)”). ※ τћªʼnκ ўσŮ ※
    ( ? (“). °•..•°°•..•°•..•°
    ¿_¡”. Ya

  61. rydha afriani bahari

    Saya rydha , saya mau tny gini dok .. saya kok belom menstruasi ya setelah suntik kb, bulan sebelomnya saya suntik kb tpi menstruasi enggk teratur sampai 2x, tanggal halangannya juga berubah maksudnya mundur,bentuk tubuh menjadi2 .. nah kemarin saya lepas kb n halangan tapi sekarang kok tidak halangan .. apa sayA kena penyakit atau hamil..

  62. Dok.umur sy 25th,,anak 1 umur 19bulan,awalnya sy KB suntik 3bulan,br 2x KB sy berhenti cz sering pusing.dan smpe skrg sy tdk KB,tp slama ni jugA sy ga pernah Haid,terhitung dr berhenti KB sy sudah 13bulan tdk haid dok,,tu bgmn?pernah dkasih obat ma bidan tp ga berhasil haid..

  63. pagi dok,,,,mv dok sya mw nanya,,2 tahun kebelakang sya ikut KB suntik yg 3 bulan selama 4 tahun (2007-2011) tahun 2012 sya lepas KB,,,tpi koq mpe skarang blum jg haid,,,dan blum jg hamil,,,makasih ea dok,,tolong saran ny,,

  64. Dok saya mau tanya . Saya sudah 3 tahun pakai suntik kb (1bulan). Lalu kemudian saya berhenti suntik kb. Kenapa ya dok setelah berhenti suntik kb saya tidak mens pada awalnya saat suntik kb 1 bukan mens saya lancar. Saya tespack hasilnya negatif. Apa saya hamil dok ?
    Thanks dok.

  65. Dok saya dwi umur 22thn ingin tanyakan untuk suntik kb yng akan tetap normal haid apakah suntik kb 1bln atau yng 3bln ya dok? Lalu ada gejala2 apa jika saya suntik kb (maksudnya dampak dr suntik kb).saya dengar2 akan ad pendarahan yg berlebihan,maka dr itu saya tkt untk suntik kb. Mhn info nya ya dok.trimakasih.

  66. dok saya umur 40 tahun anak saya umur 12 tahun saya ikut kb suntik selama 9 tahun setelah berhenti kb saya tidak menstruasi selama 2 tahun sekarang menstruasi lagi. apa saya masih bisa hamil lagi? tx

  67. Siang…mau tnya Apakah bisa hamil kalau kita lps kb tp tdk berhubungan?

  68. dok saya mau tanya . ibu saya kb suntik 3bulan selama 10 tahn dan ganti pil Kb tapi kok tidak haid dok? sekarang ibu saya tidak kb.
    apakah bermasalah dok?

  69. Dok saya kb 3bln tapi cuma sekali selama saya kb hanyya 1kli saya haid dan sudah 4blan saya gk haid itu gimana y dok apa saya harus kontrol kedokter sepesialis kandungan

  70. dok saya mau nya nama saya nomi umur 20 thun sya sudah 2 blan tidak haid sesudah saya berhenti suntik kb 3 bulan, padahal saya cuman sekali kb, dok bagaimana cara mengatasinya, sya ingin subur seperti dulu,

  71. Dok. sya udh 3thn kb sntik yg 1bln&3bln. stlh itu sya brhnti kb sntk, dtng bln trs mnrs. tp skrng udh 1bln lbih blm dtng bln. apkh itu udh mlai normal? &katanya kb sntik bikin kandunga. kering? mhon utk pnjlsnny?

  72. dok sy najwa umur 25th. Sy sdh kurang lebih 3th pake KB suntik sebulan. Setelah lepas KB sy tidak turun haid juga dok tp sy sdh tespack negatif dok. Sdh 3bulan terakhir ini sy tdk haid. Kdang klo berhubungan intim suka nyeri perut bag.bawah dok. Kenapa bisa yaa dok? Trimakasih atas penjelasannya dok

  73. dok saya mau tanya saya sudah memakai kb kurang lebih 3 atau 3 tahun trkhr saya mmkai kb suntik 3 blan ga penah mens cm skdr flek saja skg dh hmpir 4 bulan saya lepas kb untuk program anak ke dua tapi saya blm mens2 sampe skg ap ini penyakit atau tubuh sdng mnstabilkan hormon? apa saya bisa mens lagi trmksh dok tlg jwb ya

  74. Dok,mau tanya…
    usia saya 23 tahun, sebelumnya saya kb suntik 3bulan,saya kb kurang lebih selama 1 tahun,waktu kb ke 2dan3 ngeflek,dan saya berhenti kb dr tanggal 2januari2015 tp sampai sekarang saya belum haid. Kenapa ya dok?
    Tolong penjelasan dan solusinya dok. Trims

  75. Assalamualaikum dok,sy aiy umur 37thn sdh 1thn lbh sy g haid lg stlh lepas kb suntik 3bln, bru2 ini sy haid tp cuman bercak lendir coklat sj slama seminggu,apakah ini normal at gmana dok, mengingat setahun terakhir sy g haid2 tp tiap blm bagian bawah terasa sakit n buah dada jg sakit sprti org hamil, tp tiap bln tespack hasilx negatif, tlg penjelasanx ya.. Dok, sblmx sy ucapkan trm ksh

  76. dok saya siska umr sy 31 th.sy sdah hpr setajun lepas kb.sy ikut kb suntik 3 bln sekli.smnjal ank sya br usia 5th sy lpas kb.shmpr seth blm haid jg.prnh sic dtng bln pda wktu bln 10 kmrn slama 3hr sj.tp skrg blm datng bln lg mlh srrng kluar plek2, hitam.apa sy brmasalh dgn rahim sy dok srmntta sy pngen cpt pnya ketrnan ank ke 2 makash….

  77. Salam kenal dok,,saya dian..
    Mau tanya dok,,stelah ngelahin 40 hari sy lngsng kb suntik yg 3bln se x smpe skrng dah mau 2th lbh,,pas bln prtma stlh kb msh haid,,v stelah tu ga haid2 smpe skrang,,trs dah 3bln ni sya brhnti kb,,soalnya setiap kb brt bdn sya naik 3-5kg..
    V stlh berhenti,,dah 3 bln ni sya tdk haid,,stelh d tes pec hsl nya negatif.. knp ya dok?

  78. dok sya 24thn. kb 3bln 2x..saat masa kb saya kluar haid. tpi setelh berhenti kb 3bln sampi skrang gak kluar haid… kenapa ya dok. dah tesrpack tpi negatif..

  79. Dok saya blan 3 kb suntik 1 blan dan di blan 4 saya tidak kb lagi dok dan di saat saya sedang campur sama suami saya minum jamu penyubur.di blan 4 tu keluar coklat2 dok selama 4 hari.di bulan 5 saya tidak haid dok hingga sampai saat ini.apakah saya sedang hamil dok???

  80. Saya mau tanya kenapa istri saya..ko haid y 2 kali d bulan ini..

  81. Bu saya dulu suntik yg 1 bln lepas itu suntik yg 3 bln tpi lma sdh tdk suntik kb tpi smpai skrang tdk datang buln saya tes kehamilan pun sya tdak hamil bgaimana cra mngatasinya bu…..mksih sblmnya

  82. Dok saya mau tanya,saya berhenti suntik kb 1 blan,blan juni.tpi smpai sekarang ada keluar flek” coklat+darah dok.yg saya mau tanyakan smpai kapan berhenti nya flek” ini dok,apakah di saat keluar flek” boleh koitus.?

  83. Dok saya ingin konsultasi masalah kb 1bln. Selama 4x saya suntik haid saya lancar setiap bln nya. saya haid terakhir dibln juni tgl 17 jun selesai tgl 24 juni lalu ditgl 1 saya nyampur dgn suami lalu mengeluarkan flek coklat dan bsoknya keluar darah smpai skrg.knp ya dok?

  84. Saya mau tanya… saya kan suntik kb 3 bln lalu saya di tinggal kerja suami ke kalimantan dan 2 bln tdk berhubungan….tgl 5 kmren seharusnya suntik kb tpi saya tdk suntik..knp sampek sekarang belum juga haaid..pdhl bln kmren saya suntik kb juga msih haid

  85. Dok saya mau tanya… kokk saya blom haid setelh. Berhnti kb…. berhnti kb tgl 5 kmren sehrusya skrng haid…sy kb suntik 3 bln…knp ya

  86. Slam kenal dok saya mau tanya,saya umur 23 tahun,saya pakek kb 1 bulan saya cuma pakai 1 kali saja setelah itu saya tidak kembali lagi,tapi haid saya koq tidak lancar setelah kb saya lepas,apakah pengaruhnya tidak mempunyai anak dok? 🙁

  87. mlm dok..slm knl..sy cece usia 34th.slm 5th sy kb suntik 3bln.awal jan 15 sy lpas kb.pe skrng sy blm haid jg dok..knp y dok?sdangkn sy mo puny ank lg dok…ko blm haid jg y dok?tlong bls prtanyaan sy dok..tq

  88. dok saya udah 4 bulan yang lalu saya mengalami kuguguran dan di kured,, terus saya di sarankan untuk kb dulu supaya ga hamil dulu kata “dokter yang menangani saya” selama 3 bulan, setelah saya berhenti kb haid saya tidak beratur kadang dalam 1 bulan muncul 3 kali,, kadang 5 hari haid 2 hari ga haid terus datang lagi,, saya udah konsultasi ke dokter kandungan v masih aja haid tidak teratur

  89. Dok ini saya awl suntik 3bln slm 3thn n sy gnti 1 bln agr bs haid tp cm 2x haid sm sxrng tdx haid.nah sy mau gnt pil aja.bgaimana cara minumny kalo awl tdx haid…..mksh

  90. Dok,sy eny.umr sy 28 thun.ank sy 2 stelah sy melahirkn sy suntik kb 3 bln se x.trakhr sy bln febuari berhenti kb ampe skrg tp knp sy lum menstruasi?pdhl wkt kb sy menst trus ampe 3 bln brtrut2.,apa yg mesti sy lakukan dok?trimakasih.,

  91. siang dok..sya udh lpas kb suntik yg 3bln se x lg trz gnti yg 1bln se x skrg pun udh berhenti trz apkh sya bsa mens lg dok..mksh ats jwb nya

  92. Pagi dok.mau tnyak..sya kb pakai suntik yg 3 bln 1x…kurang lebih 3 thn sya kb pokok seumuran dgn anak saya..lah bln juni tu saya waktux kb tapi gl kb sampai skrg krn slma kb gk prnh haid. Slma 3 nln ini saya gk kb berharap supaya bisa haid tpi zonk hslx smpai skrg blm haid jg.saya takut klau kb tu darah kotornya larinya kmn????tpi kalau konsul bidan jwb e pasti sma krn hormon
    Ke 2slama sya kb tau pun tdk kb..perut sya tiba” kram kaku …tiba” hilang..

  93. dok saya mw tanya saya kb 1bulan setelah bbrpa bulan kemudian sya lepas kb dan dri situ saya tdak prnah melakukan hubungan lg.. lalu stlah itu saya haid lancar selang bbrpa bulan kemudian haid saya kembali tidak lancar.. itu knpa ta dok?? saya tunggu jawabannya dok

  94. mlm dok sya deni, usia 21. sya bru sja menika. sya ikut suntik kb yg 3 blm. selama sya ikut kb sya tdk perna mens ttpi pda wktu menjelang suntik slalu ad flek2 merah sampai tanggal suntik. sya ikut kb slama 3x suntik & sya berhenti pd bln mei. sampai skrg sya blm bsa mens jg. apa kh tu berbahaya? gmna cra x spya sya bsa mens lg.

  95. maaf dok mau tanya. penggunaan kb suntik 3 bulan hnya 1kali suntik terus lanjut pel kb 1bulan buat yang belum pernah punya anak dampaknya apa?

  96. saya tere dok, mau tanya selepas melahirkan saya suntik kb 3 bln sesudah itu saya berhenti kb.
    setelah berhnti kb saya masih dtg bulan tp tdak teratur, bulan kedua saya tidak dtg bulan lg sudah 2 bulan ini tolong solusii ny dok?? trimksih nya ssa

  97. Sy sdh lps KB d setengah thn/6 bln tp suami pengen pny mo2ngn lg tp pas thn kmrn bulan puasany hbs kegu2 rn dn pernah Kb 3 bln j hbs itu smp skrng d jln 1 thn lbh msh blm hml tp msh dpt menstruasi kadang perbln itu sy cmn 3 hr tp bnyk tp 2 bln kmrn bln juli 2015 sm bln ni cmn flek kira2 itu tnd p y

  98. Met malam dok, saya mau tanya puting payudara terasa sakit kalo di sentuh pdhl aku baru mens 1 minggu trs habis suntik kb jg,trs knp ya dok?

  99. sya sudah hmpir 3 thn mngunakan kb suntik yg 3 bln, tp sya min trs gak berhenti2 kdang brhenti hnya smggu saja, klau sya berhenti kb skrg apakah sya bisa hamil atau tidak

  100. Soorree….baru menikah saya pernah d suntik kb 2 kali Sama pil 4 kali..tp jdi gak pernah haid,,,sampe skarang udah menikah 7 tahun

  101. Saya mau tanya gimana cra pengen datang bln kembali normal

  102. Sore dok,umur saya 22 thn
    Sebelumnya saya mau konfirmasi ajah soal flek saat hamil…apa bener kalo hamil bulan awal thu kluar flek darah bewarna cokelat…n terjadi berapa hari ya??
    Soalnya 1 tahun yg lalu saya pernah operasi KET..dan baru 2 hari kmren saya positif hamil..tp bercak darahnya keluar terlalu banyak seperti mens…bahayakah atau tidak…takutnya ini pendarahan tp yg keluar flek berwarna cokelat…thx dok

  103. dok… mau tanya kemarin sehabis menikah saya kb 1 bulan cma sekali dan sekarang uda lepas kb… apakah bisa langsung hamil dok??? dan mau tau caranya agar cepat hamil dok…
    karna dengar kata orang katanya habis kb 1 bulan walaupun cma sekali, hamilnya susah dok. apa benar?
    trimakasih… mohon balesannya

    1. tidak benar bu,

  104. Dok, saya umur 19th. Setelah saya melahirkan pd bulan januari 2015 saya memutuskan utk suntik kb 3bulan. Tapi saya hanya 2x suntik kb. Mulai suntik bulan januari, pada bulan april saya suntik lagi. Lalu sampai saat ini saya tidak menggunakan kb apapun dok termasuk suntik tidak saya teruskan. Dan saya sama sekali belum mensmenstruasisampai saat iniSetahu saya jika menggunakan KB suntik seseorang bisa kembali menstruasi setelah 6 bulan dari berhentinya memakai KB suntik yang ingin saya tanyakan apakah pernyataan itu benar doc? lalu semalam saya melakukan hubungan intim dengan suami dan ada flek kecoklatan setelah saya bersihkan memakai tisusaya pikir saya mau mens Lalu besok paginya saya mens tapi keluarnya sedikit sekali dan setelaa Saya mandi sore ternyata darahnya tidak keluar lagi itu kenapa ya Dok mohon penjelasannya

  105. Dok kemarin saya suntik kb 3bln selama 1 thn lebih karna saya ingin punya anak saya lepas kb 5 bln yg lalu tetali selama 5 bln itu saya belum atau tdk pernah haid, saya tespack berulangkali pun hasil nya sama ttp negatif. apakh itu hal yg wajar atau ada penyakit ? Tolong balasan nya dok !

    1. itu ada gangguan hormon ibu

  106. Maaf dok, saya mau nanya, saya udah KB suntik 3 bulan selama 2 tahun, trus saya baru 2 minggu lalu lepas KB, itu kirakira berapa lama ya Dok biar hamil lagi ?? Trus tips buat cepet hamil apa ya dok ??

  107. Dok.. saya mau bertanya… saya terakhr kb bulan april (kb 3bulan) balik suntik bulan juli tanggal 19 .. bulan agustus sya mens 5hr tp saya pampet … bulan september cuman flek dok… bln oktober blum mens… apakah saya hamil dok??? Tp sya sudah tespack dok.. !! Bagaimana tuh dok??? Hamil tidak sayanya??

  108. dok nama sya tyas, saya mau nanya,
    saya punya anak umur 15 bulan , dan stlah melahrkan sya kb 3 bulan dilanjutkan kb 1 bulan , dan sudah 1 bulan ini sya lepas kb hanya menggunakan kondom ,tapi sy belum haid jga
    tapi sya sering mual dan pusing,
    waktu sya tespek hasilnya negativ ,
    knp ya dok

  109. Saya sudah 1th kb sekarang sudah ber henti ko udah mau 2bln belum juga haid psdahal sebele kb haid saya normal kenapa ya dok

  110. Mau nanyak dok,,apa penyebab dari keputihan itu ya dok? Terus apa obat yg bagus buat menyembuhkan keputihan ,apa bisa minta pada bidan atau dokter ya dok?

  111. Dok sy nur umur sy 22thn sy udh pnya ank,ank sy umur 3 thn sy ikt kb suntik udh 3thn kira2 klo sy lepas kb skrng sy bs pnya ank brp lm dok?sy pengen nya 5thn lg bru pnya ank dan slm sy kb alhmdulilah haid slalu lancar wlpn gk tpt wktu…

  112. Dok saya mau tanya terakhir saya dtang bulan 19 agustus tp tuh pun saya masih melakukan Kb Suntik 1bln dan harus nya kan tanggal 16 september aku datang bulan tp blm dtg juga dok…trus tanggal 21 aku jatah suntik kb yg 1bln tp a nga suntik dok emg segaja berhenti kb….smpai tanggal nopember nih saya blm juga dtg bulan dok….tp a slalu ngerasain ngidam atau pegal2 d bagian belakang,mual2 perut kram…tp sya tes pack garis 1 trus dok udh 4x a cb garis 1 trus….yg a pertanyakan apakah saya hamil atau gara2 berhenti Kb 1bln dok????

  113. selamat mlm dok , aku acih 19 tahun, dok mau tanya apakah hbungan intim pas haid bisa sulit hamil tapi dlm keadaan kb suntik , aku udh brhnti kb cma 1 x doank, slma kb aku haid z mskipun sdkit dn stlh brhnti pun msh haid apa kh aku sdh dj katakan subur dok,?

  114. Sy mau tanya.
    Sy sudah hmpir 2 thun gak KB,
    Dan 5 bln terakhir rutin haid tiap bulan.
    Bulan terakhir haid cma 3-4 hr, tpi darah nya cma flek2 aja gak turun normal.
    Sejak itu smpe skrg sdh terhitun 2 blan sy gak turun haid.
    Sudah saya uji pake testpeck 4 x tapi hasilnya negativ.
    dan Tulang punggung bawah saya nyeri sekali.
    Apa mungkin sy hamil??

  115. hai dok saya yesi berumur 22thn saya kb selama 8bln yng 3 bln saya berhubungan sma suami 2x apakah bisa langsung hamil?

  116. siang dok.sya mu nanya sya pasang iud tgl 7 oktobor .tgl 14 sampai tgl 1 november sya bru brsih dari men .tapi ko sampai sekarang tgl 19 desember ko sya blom mens jga. malh haya kuluar lendir seperti ingus tapi tidak berbau.kenapa ya dok mohom jawaban nya

  117. Dok saya awlnya kb suntik yg 3 bln lalu gnti yg 1 bln tp blm mens ahirnya skrng sya brhnti kb .tp prut rsanya mual dan ktika brhubungn nyeri di prut bgian bwah .itu knpa y dok ?

  118. dok sya memakai sntik kb 3 blan udah hmpir 2th..saya lepas kb udah 2 blan ni tp koq blum jg haid ya dok,padahal saya tdak brhubngan sma suami.karna suami krja d luar negri..m0h0n penjelasan.a dok
    mksh..

  119. saya mau tanya pak.sayang kan sedang kb susuk hampir 2 tahun.harusny lepas kb lan 3 thn.tp pada wkt saya sedang berhubungan seksual sama suami setelah sehari saya mengalami haid secara tiba2.apakah itu berbahayakah ?

  120. saya mau tanya dok.setelah melahirkan sayang kan sedang kb susuk hampir 2 tahun.harusny lepas kb kan 3 thn.tp pada wkt saya sedang berhubungan seksual sama suami setelah sehari saya mengalami haid secara tiba2.apakah itu berbahayakah ?

  121. Maaf dok..sy mau tanya..
    Sy hbs suntik kb yg 3bln..br 1x suntik sy ganti pke pil kb..krna mens yg tidak beraturan..sy da pke pil kb 3bln..tp knp selama pke pil kb sy tidak mendapatkn mens?apa tu krna efek dr perpindahan kb..n hrs brp lama sy bs mendapatkn mens lg?

  122. dok sy lepas kb per tgl 28 januari sy tidak kembali suntik kb karna suami sy juga dinas luar kota tgl 20 jan. sampe skarang sy jg blm mens. mens terakhir tgl 18 jan sampai+/-tgl 23-24 jan setelah seminggu ngeflek coklat
    apa sy hamil dok

  123. bapak dokter ini saya mau tanya saya pakek kb yg 3 bulan saya pernah pakek 3x saya lepas kb sudah hmpir sembilan bln tapi smpek skrg sy blum mens dok mohon jawabanx dok

  124. assalamu’alaikum..siank…,sya mau tyk dok…sya prnah memakai kb suntik 3 bln,selama sya memakai kb haid sya normal 1 bln skali,kemudia krn byk keluhan sya lepas kb sudah hampir 10 bln….,selama sya 8 bln lepas kb haid masih normal…bahkan 1 bln 2 kli haid,setelah itu sdh 2 bln ini sya tdk haid sama skali,perut sebelah kanan bagian kiri sering nyeri seperi tertusuk2..sdh sya tes pkai trspack jg negatif,kira2 ini knp ea dok???
    sya takut ad kelainan..

  125. Saya mau tanya..
    Sudah 4 tahun saya memakai suntikan kb 3 dan pada bulan 09 feb 2016 berakhir masa suntikannya tapi smapai sekarang bulan mei belum haid haid juga..
    Malahan sekarang kaya ada gumpalan darah yang keluar cuman sedikit sekali tapi menggunpal..
    Apa kah itu tanda tanda kalau saya akan haid setelah berhenti melakukan sunfikan KB 3 bln..??
    Terimah kasihh..

  126. Maaf saya mau tanya kenapa ya saya sudah 7 nilan tida datang M padahal saya berhenti KB suntik 3 bln dah dari tanggal 26 september 2015,sampai sekarang saya tida datang bulan kenapa ya dok,,??

  127. Sore dok..saya mau nanya..
    Saya udh kb udh ada 2th an..nah saya ni brhenti kb udh ada 4bln an..tp kok ga haid” y..slama kb sya ga prnh haid..dan brhnti kb pun sya ga haid..knp dok?sya takut pnya ank lgi ank sya msih kcil..

Comments are closed.

dokterharry © 2016